News

Inilah Tahapan Cara Membalut Luka

BantulMedia.comTahapan Cara Membalut Luka – Tahukah Anda bahwa pembalut luka yang tepat adalah pertolongan pertama untuk luka terbuka? Selain itu, membalut luka merupakan tindakan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka atau memburuknya kondisi luka.

Inilah Tahapan Cara Membalut Luka

Tahapan Cara Membalut Luka

Namun, sebelum membalut luka, Anda harus terlebih dahulu membersihkan lukanya. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat membersihkan luka

Cara membersihkan luka yang berhenti berdarah

Sebelum Anda membersihkan dan membalut luka, sebaiknya periksa dulu darah yang keluar dari luka. Anda dapat menggunakan kain lembut atau perban untuk menekan luka guna mengontrol pendarahan.

Tekanan yang diberikan pada luka ini memicu pembekuan darah, memungkinkan pendarahan berhenti. Namun, jika pendarahan berlanjut setelah 15 hingga 20 menit, lukanya memerlukan perhatian medis segera.

Keluarkan benda yang ada di luka

Setelah pendarahan dapat Anda kendalikan, Anda perlu membersihkan luka dari benda-benda yang menempel, seperti kaca, kotoran, atau benda lainnya.

Anda bisa mengeluarkan benda yang ada di luka dengan penjepit yang sudah steril dengan alkohol untuk mencegah infeksi. Jangan terlalu menekan luka dengan pinset, karena dapat memperburuk luka.

Bersihkan luka secara menyeluruh

Pada langkah selanjutnya, luka dibersihkan secara menyeluruh. Anda dapat membersihkan luka dengan larutan garam sampai terlihat bersih dan bebas dari debu dan kotoran.

Saline dapat mengurangi jumlah bakteri saat mengairi luka. Anda bisa mendapatkan larutan garam di apotek terdekat. Jika Anda tidak memiliki larutan garam, Anda dapat menggunakan air keran yang mengalir.

Bersihkan luka dengan kain lembut

Setelah membersihkan luka dengan air garam atau air mengalir. Kemudian langkah selanjutnya adalah membersihkan luka dengan kain lembut. Bersihkan luka dengan kain lembut atau bersihkan luka untuk memastikannya bersih.

Ingatlah untuk tidak menekan atau menggosok terlalu keras pada luka karena dapat menyebabkan pendarahan ulang. Setelah bersih, Anda bisa mengoleskan salep ke permukaan luka sebelum dibalut.

Cara Membalut luka

Setelah dibersihkan, luka dibalut secara profesional. Membalut luka adalah untuk mencegah infeksi. Berikut adalah beberapa cara untuk membalut luka dengan benar.

Gunakan perban yang sesuai

Cara pertama membalut luka adalah dengan memilih ukuran balutan yang tepat yang masih steril. Plester sudah cukup untuk luka kecil.

Namun, jika lukanya cukup besar, gunakan perban yang lebih besar. Anda harus membungkus dan menutup perban di sekitar luka. Berhati-hatilah agar tidak menyentuh bagian perban yang akan bersentuhan dengan luka untuk menghindari infeksi. Jika Anda tidak memiliki perban, gunakan kain atau kain bersih.

Rekatkan perban dan gunakan perisai

Cara membalut luka selanjutnya adalah dengan membalut perban dan menggunakan pelindung. Pastikan untuk menggunakan selotip medis dan hindari menggunakan selotip atau lakban.

Ini hanya akan memberikan kerusakan saat dilepaskan. Setelah berhasil dibalut, luka dibalut dengan perban dan direkatkan ke kulit. Anda juga perlu menutupinya dengan perban fleksibel untuk melindunginya.

Namun, jika Anda menggunakan perban fleksibel, jangan terlalu kencangkan, karena akan membatasi aliran darah ke luka.

Ganti perban setiap hari

Anda juga perlu mengganti perban setiap hari. Mengganti balutan setiap hari untuk menjaga kebersihan luka. Jika perban Anda basah, segera ganti dan jangan ragu.

Itu karena perban basah hanya memicu infeksi, jadi usahakan perban tetap bersih dan kering. Jika Anda mencoba menggantinya tetapi sulit untuk melepasnya, coba basahi dengan air hangat.

Biasanya perban sulit dilepas karena jaringan keropeng yang baru terbentuk menempel pada perban. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan perban anti lengket jika ada.

Cara membalut luka dengan benar agar luka tidak terinfeksi. Jika sakit tidak membaik, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan sesegera mungkin.

Kesimpulan

Demikian – Tahapan Cara Membalut Luka – semoga dapat membantu Anda dalam merawat luka yang Anda alami.

Semoga bermanfaat.