Bisnis

5 Tips Trading Aset Kripto Bitcoin untuk Pemula

BantulMedia.com – 5 Tips Trading Aset Kripto Bitcoin untuk Pemula – Tren investasi dan perdagangan Cryptocurrency akan terus berkembang hingga  2022.

Bahkan Bitcoin, pionir cryptocurrency, mencatatkan rekor tertinggi pada Minggu (3/1) dan senilai Rp483,54 juta.

Pola keuntungan berkelanjutan yang baik pada Bitcoin  awal tahun ini adalah bukti meningkatnya kepercayaan publik terhadap aset kripto sebagai pilihan investasi yang layak, terutama selama epidemi ini.

5 Tips Trading Aset Kripto Bitcoin untuk Pemula

5 Tips Trading Aset Kripto Bitcoin untuk Pemula

Ini juga merupakan peluang bagi komunitas yang lebih luas yang ingin  berinvestasi dalam perdagangan kripto tanpa  khawatir.  Indonesia sendiri mengelola regulasi jual beli aset kripto melalui aturan yang ditetapkan oleh Commodity Futures Trading Regulatory Authority (Bappebti).

Ini untuk memungkinkan aset kripto yang makmur ini diakui dan dipertukarkan secara hukum  melalui beberapa pertukaran media  resmi.

Apa itu aset kripto?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan untuk transaksi virtual di jaringan internet. Sandi rahasia yang sangat sulit akan membantu Anda melindungi dan menjaga keamanan uang digital ini.

Juga dikenal sebagai “cryptocurrency,” istilah ini terdiri dari kombinasi dua kata: “encryption,” yang berarti kode tersembunyi, dan “currency,” yang berarti mata uang.

Namun, undang-undang pemerintah tidak mengizinkan perdagangan di Indonesia, jadi lebih baik diakui sebagai aset crypto daripada cryptocurrency. Tidak seperti mata uang tradisional yang terpusat, cryptocurrency digital terdesentralisasi.

Tidak ada pihak yang ada dan bertindak sebagai perantara  transaksi. Pembayaran dalam uang digital dilakukan dari pengirim ke penerima (peeropeer). Namun, semua transaksi yang dilakukan  dicatat dan dilacak melalui sistem jaringan aset kripto.

Uniknya adalah penambang aset kripto yang mencatat transaksi ini dan menerima pembayaran dalam bentuk aset kripto yang tersedia. Dibuat sejak 1990-an, aset kripto telah diakui oleh orang-orang di seluruh dunia selama dekade terakhir.

Jenis aset kripto

Berikut Jenis aset kripto yang banyak digunakan termasuk Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Monero,  dan Ripple. Saat ini, ada lebih dari 1.000 aset kripto yang mengalir di seluruh dunia, dan jumlahnya akan meningkat di masa depan.

Cryptocurrency jelas merupakan alat investasi baru di Indonesia. Oleh karena itu, pelatihan mendalam tentang cara memperdagangkan aset kripto dengan aman dan andal di pasar Indonesia masih diperlukan. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipahami oleh calon pedagang sebelum  berinvestasi dalam aset kripto:

1. Pilih pertukaran untuk menukar aset kripto

Saat memutuskan untuk berinvestasi dalam aset kripto, sangat penting untuk memilih pertukaran berukuran sedang untuk diperdagangkan guna memastikan keamanan investasi aset Anda.

Jika Anda seorang pemula, pastikan bursa yang Anda pilih legal dan terdaftar dengan baik di Bappebti.  Saat ini terdapat 13 perusahaan atau perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat pendaftaran dari Bappebti sebagai pedagang aset kripto.

Yaitu, PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto), PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit), PT Tiga Inti Utama (Triv), PT Indodax Nasional Indonesia (Indonesia).

PT Pintu Kemana Saja (Pintu), PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex), PT Bursa Cripto Prima, PT Luno Indonesia Ltd (Luno), PT Akuku Dotcom Indonesia (Akun).

PT Indonesia Digital Exchange (Digital Exchange), PT Cipta Koin Digital (Koinku), PT Trinity Investama Berkat (Bitocto), dan PT Plutonext Digital Asset.

2. Analisis fundamental, pelajari jenis aset kripto yang menarik

Sebelum memulai investasi, trader perlu memahami jenis cryptocurrency yang beredar di pasar. Bitcoin (BTC) jelas merupakan favorit saya. Namun, ada juga yang populer seperti Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Binance (BNB) dan Cardano (ADA).

Dengan mengetahui jenis koin, calon pedagang dapat memeriksa ketersediaannya dalam swap suku bunga. Misalnya Tokocrypto memiliki 34  koin, Indodax memiliki 110  koin, Pintu memiliki 15 koin, Luno memiliki 5 koin, dan Zipmex memiliki 15 koin.

Namun, banyak varietas yang masih tidak populer dan volatilitas harga sangat fluktuatif, jadi pedagang harus berhati-hati saat memilih koin untuk investasi ini. Termasuk DOGE, yang baru-baru ini mendapatkan popularitas dengan tweet Elon Musk.

Fase ini lebih sering disebut sebagai analisis fundamental investor atau trader.

Ini adalah teknik pengukuran yang digunakan untuk menentukan nilai intrinsik suatu aset. Dengan memeriksa berbagai variabel internal dan eksternal, tujuan utamanya adalah untuk menilai apakah suatu aset atau perusahaan dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Anda kemudian dapat menggunakan pengetahuan ini secara strategis untuk masuk dan keluar dari posisi.

Sekarang, analisis fundamental dalam perdagangan aset kripto adalah kegiatan untuk menganalisis variabel ekonomi, keuangan, dan lainnya yang dianggap mempengaruhi nilai. Hal ini dilakukan untuk memahami nilai sebenarnya dari suatu aset atau sekuritas.

Cara termudah untuk mengevaluasi aset kripto adalah dengan mengunjungi situs web  untuk berbagai fakta terkait. Kemudian baca buku putih atau kertas ringan.

Untuk informasi  lebih lanjut tentang inisiatif yang diambil dan rencana pengembangan di masa depan. Anda juga perlu  tahu siapa pendiri dan komunitasnya di media sosial.

3. Biasakan diri Anda dengan grafik Candil analisis teknis untuk memperdagangkan aset kripto

Setelah analisa fundamental, hal penting berikutnya adalah mempelajari analisa teknikal. Pedagang menggunakan indikator teknis untuk  lebih memahami fluktuasi harga  aset.

Harga aset kripto seperti Bitcoin sangat bergantung pada pembeli dan pengguna penjual, karena tidak ada otoritas atau kontrol dari organisasi lain.

Oleh karena itu, analisis teknis yang menyeluruh dan akurat sangat penting untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan aset kripto.

Analisis teknis akan membantu Anda mengumpulkan beberapa panduan berguna untuk memperkirakan nilai mata uang kripto di masa mendatang. Juga, dalam membuat keputusan yang tepat untuk kepentingan.

Indikator-indikator ini memudahkan untuk menemukan tren dalam kondisi pasar saat ini dan memberi sinyal sinyal beli atau jual. Ada berbagai jenis indikator yang digunakan oleh pedagang harian, pedagang ayunan, dan terkadang  investor jangka panjang.

Secara umum, analisis teknikal adalah metode untuk memprediksi fluktuasi harga berdasarkan nilai grafik. Grafiknya sendiri berbeda. Lilin adalah yang paling umum  karena terlihat seperti lilin dan paling mudah dipelajari untuk  pemula.

Candlesticks adalah jenis grafik yang sering digunakan  trader dan investor untuk membaca fluktuasi harga. Foto ini mudah dimengerti dan warnanya indah, jadi saya sangat senang.

Candlesticks mencatat perubahan harga dari waktu ke waktu dengan menggambar kotak inti yang menyerupai candlestick.  Grafik candlestick menunjukkan perubahan harga aset selama periode waktu tertentu dan fluktuasi dalam bentuk candlestick.

Setiap lilin mewakili fluktuasi harga  selama periode waktu tertentu.  Di sini Anda akan menemukan tanda khusus untuk harga pembukaan periode tersebut, terutama  harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan.

Lilin hijau menunjukkan bahwa harga naik, dan lilin merah menunjukkan bahwa harga turun.

4. Selesaikan fungsi untuk memperdagangkan aset kripto di bursa

Semua bursa harus memiliki fasilitas perdagangan yang sangat baik yang tersedia bagi para pedagang untuk membantu operasi perdagangan mereka.

Namun, ada beberapa alat penting dan berguna bagi pedagang, seperti kemampuan grafik harga untuk melakukan analisis. Kedua, ada fitur pembatasan kerugian yang  membantu pedagang membatasi kerugian mereka pada harga tertentu.

Dan opsi penjualan singkat yang menjamin pedagang bahwa mereka akan terus menghasilkan keuntungan bahkan jika harga aset kripto turun. Pastikan bursa yang dipilih oleh trader dapat memenuhi persyaratan fitur ini.

5. Teknologi Keamanan yang Diterapkan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan pedagang adalah penggunaan teknologi untuk mengamankan transaksi di bursa yang dipilih. Sebagian besar bursa  Indonesia  menerapkan standar keamanan seperti Two Factor Authenticator (2FA) dan verifikasi email dan SMS.

Namun, pedagang mungkin  yakin dengan keamanan bursa melalui situs web yang mencatat pemeriksaan keamanan untuk bursa global seperti Coinecko dan Live-Cer.

Misalnya, Tokocrypto telah menerima dukungan yang terbukti untuk teknologi Binance Cloud  sebagai salah satu bursa dengan peringkat (9,35) yang memberikan keamanan hierarkis yang terjamin untuk transaksi pedagang.

Selanjutnya, Zipmex bekerja sama dengan BitGo untuk menyediakan keamanan dompet digital yang mencakup asuransi hingga $100 juta. Pintu menggunakan teknologi crypto.co untuk mengamankan aset crypto dengan perlindungan maksimal.

Selain itu, dengan mendaftarkan bursa ke BAPPEBTI, kami telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 untuk sistem keamanan informasi, dan sangat mungkin juga terdaftar di Kementerian Informasi dan Komunikasi.

Baca Juga :

5 Daftar Trading Forex Gratis Tanpa Modal

Kesimpulan

Demikian Ulasan Mengenai 5 Tips Trading Aset Kripto Bitcoin untuk Pemula – Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan untuk transaksi virtual di Internet.

Cryptocurrency, juga dikenal sebagai “cryptocurrency,” adalah kombinasi dari  dua kata “enkripsi” dan “mata uang.” Saat ini, ada lebih dari 1.000 aset kripto yang mengalir di seluruh dunia, dan jumlahnya akan meningkat di masa depan.

Ada 13 perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat pendaftaran dari Bappebti sebagai pedagang cryptocurrency. Ini lebih sering disebut sebagai analisis fundamental oleh investor dan pedagang.

Ini adalah teknik pengukuran yang digunakan untuk menentukan nilai dalam kaitannya dengan nilai intrinsik suatu aset atau perusahaan. Harga aset kripto sangat bergantung pada pengguna pembeli dan penjual.

Oleh karena itu, analisis teknis yang menyeluruh dan akurat sangat penting untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan aset kripto.