Bisnis

Cara Mengelola Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

BantulMedia.comCara Mengelola Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil – Pengen punya bisnis kuliner  dengan modal kecil tapi bingung mau mulai dari mana?

Cara Mengelola Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

Cara Mengelola Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

Mimin akan membahas berbagai jenis bisnis kuliner Bagaimana cara menajamkan konsep bisnis dan memilih target pasar cara bikin anggaran dan sebagainya.

Tipe Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner itu termasuk yang bertahan di berbagai situasi karena semua orang kan Butuh makan dan minum.

Nah kalau teman-teman punya cita-cita untuk buka usaha kuliner sebelum mulai heboh nih Beli alat-alat masak konsepnya harus jelas dulu karena sebenarnya ada beberapa bisnis kuliner itu Tipenya .

Tipe pertama

Makanan siap saji dan bisa makan di tempat contohnya Kalau teman-teman jualan nasi kuning depan rumah jual gorengan buka warteg jual minuman jus dan sebagainya .

Tipe kedua

Khusus jualan di platform delivery online atau dibungkus Jadi kalau ada yang pesan baru teman-teman.Tapi kalau ada yang mau makan di tempat tidak ada fasilitasnya.

Tipe ketiga

Dagang konviniens food Tipe ini biasanya makanan frozen food alias dan beku atau setengah matang untuk Tipe makanan seperti ini.

Biasanya jualannya di marketplace atau di sosial media tapi tidak bisa dijual di platform delivery online seperti go-food dan grabfood karena tidak bisa langsung dimakan

Tipe keempat

Makanan yang pre-order misalnya jualan kue ulang tahun jualan tumpeng dan sebagainya jenis makanan

Begini biasanya pembeli harus pesan dulu beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya baru teman-teman buatkan.

Tipe kelima

Catering catering ini biasanya sifatnya musim-musim and kalau ada orderan untuk pesta atau arisan teman-teman masak banyak gitu.

Tapi kalau tidak ada pesanan ya enggak masak atau bisa juga catering tapi untuk anak kos atau pekerja pabrik jadinya ada orderan rutin untuk bikin nasi kotak.

Tipe keenam

Makanan ringan atau kondimen seperti Sambal ini bisa kripik pedas permen keripik pisang dan sebagainya untuk jenis bisnis kuliner ini

Kalian bisa produksi sendiri atau bisa juga jadi reseller alias beli makanannya dari supplier lain.

Tipe ketujuh

Bisnis makanan tapi franchise alias waralaba jadinya Kalian tidak perlu bikin konsep sendiri menu logo branding

Semua udah siap kalian tinggal milih lokasi dan bayar aja cara seperti ini biasanya dipakai oleh mereka yang punya modal lumayan banyak Mungkin ada yang lupa saya Sebutkan diatas ya tapi saya rasa kurang lebih seperti itu.

Modal Usaha

Nah, ada banyak kan Tipe bisnis kulinernya jadi ketika kalian bilang saya ingin bisnis kuliner harus jelas dulu nih.

Yang mana akan berpengaruh sama konsep bisnisnya butuh modal berapa peralatan apa perizinannya dan sebagainya sekarang pertanyaannya baiknya Pilih jenis bisnis kuliner yang mana ya.

Itu tergantung kondisi kita juga misalnya modal kita kira-kira berapa kalo budget yang terbatas bisa jadi resseller aliasnya jualin barang supplier lain atau bikin usaha kuliner yang sistemnya pre order dimana orang harus bayar sebagian di depan.

Sistem Bisnis

Pertanyaan selanjutnya usaha ini maunya partime atau full time kalau hanya bisa partime berarti gak bisa sampai buka tempat makan yang didaftarkan di gofood atau grabfood dong karena kalau begitu kan kalian harus ada yang stand by terus kecuali kalau kalian punya karyawanya.

Selanjutnya pertimbangkan juga keahlian atau minat kalian itu apa kalau kalian rencana menjual masakan sendiri maka perlu mempertimbangkan juga,

kecuali kalau kalian rencananya gak masak sendiri ya kalau kalian akan membayar orang lain untuk membuatkan atau memaksakan atau franchise, ya tentunya bisa lebih fleksibel kalau teman-teman sudah kebayang mau bisnis kuliner seperti apa.

Maka selanjutnya adalah menajamkan konsep bisnis target marketnya. Siapa? Apa yang membedakan bisnis kalian dengan yang lain soalnya kalau tidak ada yang unik dari bisnis kalian maka pembeli juga tidak akan tertarik untuk mencoba target market dan konsep produk ini juga akan sangat berpengaruh pada strategi pemasaran anda untuk bisa menemukan nilai jual yang unik.

Baca Juga :

Café Yang Wajib Anda Coba Di Yogyakarta Dengan Konsep Menarik Dan Bikin Betah Nongkrong Lengkap Dengan Lokasinya

Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Fitur dan Kelebihan Produk

Pertama Coba tulis semua fitur dan kelebihan produk yang Anda jual misalnya apakah lebih murah porsi lebih besar pedasnya bisa memilih levelnya dll. Selanjutnya berpikirlah dari sisi pembeli kira-kira produk apa yang akan menjawab kebutuhan mereka dan apa yang akan membuat mereka mau beli misalnya apa karena ada rasa yang jarang ada atau apa karena ukurannya jumbo tapi murah atau apa kemudian pelajari juga bisnisnya competitor.

Melihat Secara Obyektif

Menurut kalian secara objektif Apa sih yang kurang dari bisnis mereka coba cari tahu kelemahan mereka untuk memperbaiki produk Anda sendiri selanjutnya desain produk kalau kita bicara soal desain produk itu bukan berarti hanya membicarakan packaging nya saja ya tapi benar-benar bicara soal produknya sendiri misalnya nih kalau anda mau berbisnis sambal homemade berarti produknya Yes! sambalnya itu.

Memilih Menu Yang Tepat

Coba bayangkan hasil akhirnya seperti apa menunya apa aja pebisnis kuliner pemula biasanya berpikir semakin banyak Tipe makanan dan minuman yang dijual maka akan semakin bagus padahal gak juga karena semakin banyak jenis produk yang kalian jual maka dari segi stok atau inventori akan lebih kompleks dan juga akan lebih mahal karena biasanya tidak semuanya akan laku.

Coba aja bikin dulu beberapa opsi produknya dan minta pendapat ke teman dan keluarga biarkan mereka memberi feedback yang jujur

Kira-kira produk mana yang akan laku cara yang strategis adalah menggunakan bahan dasar yang bisa dipakai di berbagai makanan kemudian tinggal dibedakan aja di bumbunya

Selanjutnya yang harus dipikirkan juga adalah kemasan gimana caranya biar kemasannya menarik tapi masih punya branding bisnis

Dan tidak kemahalan branding ini penting ya teman-teman supaya kalau orang mengkonsumsi produk kalian.

Memilih Kemasan Yang Bagus

Mereka tahu dan ingat ini belinya dimana Misalnya kalau kalian pakai kotak makanan yang bisa dibeli di pasar atau online tapi ya ditambahkan stiker bisnis kalianlah Jangan hanya naruh logo aja juga ya pastikan Kalian juga menambahkan informasi kalau mau pesan bisa kontak ke mana atau alamatnya.Selanjutnya kalau sudah kebayang mau jualan apa.

Saatnya untuk membuat anggaran penting banget nih untuk tahu modal awalnya Butuh berapa dan biaya operasional per bulannya berapa supaya bisa anda bandingkan dengan harga jualnya juga masih bisa untung atau rugi secara umum ada empat lampiran anggaran.

Biaya Operasional

Pertama adalah bahan baku, Kedua adalah sumber daya manusia terutama ini rencananya kau ada yang bantuin Anda ya bukan sendiri selanjutnya.

Ketiga sewa tempat kalau bukan di rumah dan yang selanjutnya adalah tagihan rutin seperti listrik air gas internet dan sebagainya

Untuk memperkirakan kebutuhan berapa modalnya untuk bahan baku dari menu yang tadi sudah Anda susun anda perlu menulis dengan detail tiap produk butuh bahan apa saja dan takarannya.

Karena anda butuh untuk tahu modal per porsinya berapa karena ini juga akan berpengaruh kepada harga jual makanan

Atau minumannya itu kalau setelah dihitung-hitung kok kayaknya harga jualnya jadi kemahalan ya maka anda bisa meninjau ulang lagi desain produk Anda

Untuk direvisi selanjutnya adalah membuat prosedur kalau Rencananya akan bekerja dengan tim maka penting untuk mendokumentasikan prosedur.

Kesimpulan

Bagaimana cara menyiapkan makanan dan minumannya takarannya berapa penataannya gimana dan sebagainya

Buatlah prosedur ini sedetail mungkin malah kalau bisa ada gambar atau fotonya kalau Anda punya tim atau pegawai

Jangan cuma disodorin kertas prosedurnya aja nantinya tetap diajarkan juga secara langsung tapi si dokumen ini tetap berguna sebagai dasar supaya pelaksanaan dilapangan nya

Banyak Pertanyaan selanjutnya adalah perizinan sebelum kalian launching Jangan lupa untuk mengurus bermasalah izin.

Ini tentu tergantung sama Tipe bisnisnya ya semakin besar bisnisnya maka semakin rumit juga perizinannya dan semakin penting. Demikian Bisnis Kuliner dengan modal kecil yang menguntungkan.

Baik jadi begitu ya temen-temen bagaimana tips membangun bisnis dengan modal awal kecil dikala pandemi masih berlanjut semoga bermanfaat bagi kalian semua.. Bye

Baca Juga :

Cara Mengurus Izin PIRT, Pelaku Bisnis Rumahan Wajib Tahu