Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh | Simak

BantulMedia.comCara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh – Penasaran berapa banyak kalori yang sebenarnya dibutuhkan tubuh kita? Bagaimana cara menghitungnya!

Jika melihat penjelasannya, kalori adalah satuan panas dan energi dalam tubuh kita. Tubuh kita menyerap kalori melalui asupan makanan dan minuman yang kemudian dibakar atau dipecah dalam aktivitas kita sehari-hari.

Singkatnya, kalori dapat diartikan sebagai “bensin” bagi tubuh kita, karena tanpanya tubuh kita tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pentingnya kalori dalam tubuh kita biasanya memiliki jumlah yang bervariasi dari orang ke orang berdasarkan berat badan mereka.

Inilah Cara Menghitung Kalori Dalam Sehari Dan Berbagai Fakta Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Ketahui!

Cara Menghitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Cara menghitung kebutuhan kalori tubuh

Pada umumnya pria dan wanita dewasa memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Rata-rata, wanita membutuhkan sekitar 2.000 kalori dalam sehari, sedangkan pria membutuhkan hingga 2.500 kalori. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda berdasarkan berat badannya.

Anda tidak perlu bingung lagi untuk menghitungnya. Di bawah ini adalah rumus menghitung kalori dengan menghitung basal metabolic rate (BMR) beserta tingkat aktivitas/aktivitas fisik harian seseorang.

Rumus ini dihitung berdasarkan:

  1. Usia

  2. Jenis kelamin

  3. Berat

  4. Tinggi

Berikut adalah rumus-rumusnya!

Rumus untuk menghitung kalori pria: (88,4 + 13,4 x massa tubuh dalam KG) + (4,8 x tinggi cm) – (5,68 x usia)

Rumus untuk menghitung kalori wanita: (447,6 + 9,25 x massa tubuh dalam KG) + (3,10 x tinggi cm) – (4,33 x usia)

Sekarang setelah Anda mengetahui hasil perhitungan BMR, Anda perlu mengalikannya dengan jumlah aktivitas harian Anda (biasanya dalam kisaran 1,2 hingga 1,9) semakin rendah aktivitas harian berbanding lurus dengan angka yang lebih rendah. Nah, hasil perkalian antara angka BMR dan jumlah aktivitas fisik adalah jumlah kalori harian yang idealnya Anda penuhi.

Pentingnya kalori

Ibarat bensin di dalam kendaraan, sebagai pribadi, untuk bertahan hidup, Anda tentu membutuhkan energi dan kalori untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Manusia tentu membutuhkan kalori untuk tetap hidup.

Tanpa mereka, semua organ dalam tubuh manusia, termasuk otak, tidak akan berfungsi dengan baik.

Perhatikan Asupan Kalori Anda untuk memenuhi kebutuhan organ tubuh karena sangat berpengaruh untuk keseimbangan tubuh anda, juga berbagai risiko yang bisa ditimbulkan jika kalori yang Anda isi terlalu tinggi dan terlalu rendah.

Ketika asupan kalori Anda terlalu rendah, tubuh Anda bisa mengalami ketidakseimbangan (malnutrisi) yang menyebabkan berbagai penyakit lain dan hambatan untuk beraktivitas. Di sisi lain, asupan kalori yang terlalu banyak dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung akibat penimbunan lemak di dalam tubuh.

Kalori dalam makanan

Kami telah membahas pentingnya kalori dalam tubuh dan cara menghitung jumlah kalori yang Anda butuhkan per hari. Tapi berapa perkiraan asupan kalori dari makanan yang biasa Anda konsumsi setiap hari? Kandungan kalori makanan tergantung pada kandungan lemak, karbohidrat dan protein.

Ada beberapa kelompok makanan dengan kandungan kalori, yaitu:

  • Kalori tinggi: nasi, kacang-kacangan, buah-buahan kering, alpukat

  • Rendah kalori: ikan, dada ayam, tahu, jamur

Namun tidak semua makanan yang tergolong rendah kalori karena nilai karbohidrat dan lemaknya terbilang tidak sehat; mereka bahkan mungkin lebih baik untuk dimakan karena mengandung protein tinggi, seperti salmon.

Baca Juga :

Inilah Minuman Sehat Yang Bisa Anda Konsumsi Selama Diet

Kesimpulan

Sangat penting untuk menjaga asupan Anda untuk memenuhi kebutuhan kalori Anda dan untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda. Selain itu, ada manfaat asuransi lainnya mulai dari kesehatan hingga penyakit berat.