LifeStyle

Yuk Konsumsi 2 Sayuran Hebat Ini, Bisa Melawan Sel Kanker!

BantulMedia.com – Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi siapa saja. Terlebih dengan minimnya bahan makanan yang bebas dari bahan kimia, seperti pewarna buatan, pengawet dan perasa. Bahan-bahan tersebut bisa jadi pemicu meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Untungnya, alam menawarkan obat yang efektif untuk mencegah kanker seperti sayuran.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis tanaman atau bahan makanan alami yang dapat melawan kanker. Sayuran ini sudah terkenal dengan khasiatnya yaitu kembang kol dan brokoli.

Yuk Konsumsi 2 Sayuran Hebat Ini, Bisa Melawan Sel Kanker!

Yuk Konsumsi 2 Sayuran Hebat Ini, Bisa Melawan Sel Kanker

Jika kita perhatikan dari bentuknya, kedua sayuran ini memiliki bentuk “kribo” dengan kontras yang berbeda di antara keduanya. Brokoli berwarna hijau tua sedangkan kembang kol berwarna putih kekuningan. Selain itu, brokoli memiliki tekstur yang lebih renyah daripada kembang kol.

Meski begitu, kedua sayuran ini memiliki sifat anti kanker yang belum banyak orang ketahui. Menurut penelitian para herbalis, kedua sayuran ini mengandung senyawa yang sangat efektif dalam meningkatkan enzim pelindung tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Betulkah? Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu bahan makanan dalam sayuran Cruciferous yang dapat melawan dan melawan sel kanker dalam tubuh Anda.

Tumbuhan ini menyimpan nutrisi yang baik dan efektif dalam mencegah kanker berupa senyawa Tiosioanat, yang membantu hati (liver) membuat enzim yang dapat menetralkan zat-zat beracun dalam tubuh yang nantinya dapat merusak jaringan tubuh. Kerusakan jaringan tubuh dapat memicu berkembangnya sel kanker.

Selain itu, brokoli merupakan salah satu tanaman yang mengandung senyawa indoles dan sulfhorapane dalam jumlah yang cukup. Senyawa ini membunuh sel kanker dan juga mengaktifkan enzim di hati untuk melawan karsinogen. Selain itu, brokoli mengandung cukup senyawa isocyanate yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Baca juga:

Perhatikan Menu Makan Siang Yang Sehat Untuk Anda Konsumsi

Dengan begitu, Anda perlu memasukkan brokoli ke dalam diet sehat Anda dan tidak menjadikan brokoli sebagai satu-satunya makanan sehat Anda. Penelitian di Inggris mengatakan brokoli harus menjadi bagian dari diet sehat Anda karena mengandung serat dan nutrisi yang digunakan untuk melawan kanker.

Kembang Kol

Memiliki warna putih kekuningan dan tekstur yang cukup renyah menjadi ciri khas dari kembang kol ini. Sayuran ini terbukti sangat bermanfaat dalam menangkal atau menyembuhkan kanker. Kembang kol dikenal kaya akan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya mutasi radikal bebas pada sel-sel tubuh. Mutasi sel ini bisa menjadi sel kanker di tubuh Anda.

Selain antioksidan, kembang kol juga mengandung senyawa indole-3-carbinol atau I3C, yang biasa ditemukan pada sayuran seperti kubis, brokoli, dan kembang kol dan telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan kanker reproduksi baik pada pria maupun wanita.

Diketahui juga bahwa jenis tanaman ini mengandung belerang dalam jumlah yang cukup, yang menurut penelitian dapat memberikan kekuatan bagi pasien kanker untuk melawan kanker yang sakit.

Selain itu, banyak mengonsumsi kembang kol dapat menurunkan risiko kanker paru-paru karena tinggi antioksidan dan mengurangi risiko kanker usus besar karena tinggi serat.

Kesimpulan

Asupan Sayuran sangat penting untuk tubuh. Dan dari penjabaran diatas, kita pun jadi lebih mengetahui manfaat dari sayur brokoli dan juga kembang kol.

Mulai sekarang, jangan hanya makan lebih banyak sayuran berwarna atau sayuran hijau, tetapi juga perbanyak konsumsi brokoli dan kembang kol yang tidak hanya murah dan enak, tetapi juga dapat mencegah kanker.