Khasiat Teh Tawar Sebagai Minuman Pendamping Nasi

BantulMedia.com – Ada banyak pilihan bagi orang Indonesia untuk mendapatkan makanan yang mereka inginkan. Salah satunya adalah menyajikan minuman unik sebagai teman makan. Ada yang suka minuman manis, ada yang suka air putih, dan ada yang suka teh tawar.

Khasiat Teh Tawar Sebagai Minuman Pendamping Nasi

Khasiat Teh Tawar Sebagai Minuman Pendamping Nasi

Sebenarnya sudah banyak yang tahu, namun sedikit yang paham bahwa mengonsumsi teh tawar memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda saat sedang dalam perjalanan. Kandungan alami teh menjadi sajian dan asupan tubuh yang mengoptimalkan kerja tubuh. Apa manfaat teh biasa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Nutrisi Dalam Teh Tawar

Tak hanya sebagai teman makan atau minum, teh tawar sebenarnya merupakan minuman kesehatan yang menawarkan manfaat kesehatan bagi penikmatnya, apalagi jika Anda menikmatinya sambil makan. Makanan Anda akan kaya akan rasa yang akan membuat Anda merasa berbeda.

Segelas teh tawar, yang juga bisa Anda sajikan dengan es, lemon atau jeruk nipis. Teh tawar mengandung nutrisi alami berupa berbagai antioksidan, 0% lemak, 0% gula dan hanya mengandung 5 kalori.

Ada juga bahan alami lainnya seperti mangan dan fluoride. Anda dapat menggunakan berbagai jenis teh, seperti teh hitam atau teh hijau.

Khasiat Teh Tawar yang Tak Pernah Orang Tahu

Banyak orang Indonesia yang sudah menikmati rasa makanan dengan teh tawar atau es teh segar, hanya sedikit yang masih mengetahui manfaatnya untuk tubuh. Padahal, ada banyak manfaat teh biasa yang bisa dirasakan, antara lain:

Teh Tawar Membuat Jantung Sehat & Menghindari Penyakit Kardiovaskular

Ada beberapa jenis antioksidan dalam segelas teh murni, seperti flavonoid dan katekin, yang membantu menjaga kesehatan jantung. Sehingga jantung dapat bekerja secara optimal, menjaga kelancaran aliran darah dan fungsi metabolisme secara optimal.

Selain itu, antioksidan membantu mencegah penyempitan pembuluh darah yang menjadi penyebab gagal jantung dan stroke.

Penelitian dari tahun 2009 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 3 cangkir teh hitam atau teh hijau tanpa pemanis sehari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung daripada mereka yang mengonsumsi teh dengan pemanis tambahan.

Teh Tawar mengontrol gula darah dan mencegah diabetes

Salah satu penyebab jumlah penderita diabetes di Indonesia termasuk yang tertinggi di dunia antara lain kebiasaan makan nasi dengan teh manis atau minuman.

Menghilangkan gula dalam minuman Anda akan mengurangi penyerapan gula ke dalam tubuh dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda tidak lagi berisiko terkena penyakit diabetes.

Teh tawar memperkuat daya tahan tubuh

Bisakah Teh Tawar Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh? Ya, teh tawar adalah jenis minuman yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga:

Macam-Macam Teh Yang Menyehatkan Tubuh, Ada Teh Hijau Juga

Hal ini disebabkan banyaknya jumlah antioksidan alami yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap radikal bebas penyebab penyakit, termasuk kanker.

Teh tawar membantu menjaga otak bekerja secara alami

Pastinya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mengonsumsi teh tawar dapat membantu fungsi otak secara optimal!

Hal ini karena kandungan kafein dalam teh merangsang kerja otak, sehingga sel-sel otak dapat terhubung untuk mendukung pekerjaan dan aktivitas Anda sepanjang hari.

Kesimpulan

Wah ternyata banyak khasiat teh tawar ya? Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mengonsumsi teh tawar dalam takaran yang benar. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi teh tawar dapat menyebabkan gangguan ringan pada tubuh seperti sembelit, sakit perut, diare.