Tingkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak Dengan Permainan Ini

BantulMedia.comTingkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak Dengan Permainan Ini – Ketika Anda mendapati anak-anak Anda bermain gadget, mungkin membuat Anda jadi spaneng. Mereka dengan asyiknya bermain gadget berlama-lama. Padahal ada aktivitas yang lebih menarik lainnya, misalnya permainan edukatif.

Sering bingung memilih mainan untuk anak jaman sekarang? Memiliki mainan untuk tumbuh kembang anak bukanlah hal yang mudah. Selain sebagai hiburan, mainan anak juga membantu meningkatkan kinerja otak.

Tingkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak Dengan Permainan Ini

Tingkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak Dengan Permainan Ini

Pada pembahasan kali, simak berbagai ide dan informasi tentang memilih permainan untuk meningkatkan kemampuan sensori dan motorik anak. Yuk simak.

1 Jigsaw Puzzles

Salah satu permainan paling populer untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan kemampuan motorik anak Anda adalah permainan puzzle.

Selain dapat melatih kemampuan kognitif anak, jigsaw puzzle juga dapat merangsang anak untuk menggunakan otot-otot di sekitar tangan dan jarinya.

Merakit teka-teki puzzle bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan orang dewasa. Permainan puzzle dapat merangsang otak untuk menentukan bentuk, warna, dan posisi yang tepat.

2 Buku Berbahan Lembut (Soft Book)

Membaca buku adalah cara terbaik untuk memperkenalkan banyak hal kepada anak Anda. Jika anak Anda masih terlalu kecil, Anda bisa mulai mengenalkannya membaca buku dengan soft book, biasanya soft book tersedia dengan bahan lembut dan dengan banyak gambar.

Buku berbahan lembut ini aman untuk anak di bawah 1 tahun. Seperti dilansir Babycenter, Anda melakukan tidak hanya sekadar membantu anak-anak mengenali pengaturan kata dan suara saat mendorong mereka untuk bermain soft books. Namun, Anda juga membantu anak-anak menemukan warna, bentuk, dan tekstur.

3. Melukis Dengan Tangan

Melukis juga bisa menjadi salah satu cara dan permainan untuk mengembangkan kemampuan sensorik dan keterampilan motorik anak.

Untuk melakukan ini, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan cat air dalam warna yang kaya dan menarik. Misalnya, merah, kuning, hijau, oranye, biru. Selanjutnya, siapkan kardus sebagai tempat anak-anak untuk mencetak tangannya.

Biarkan anak Anda bereksplorasi dengan warna dan tekstur cat yang tersedia. Tentunya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan keceriaan anak-anak saat bermain. Namun, persiapkan diri Anda karena kegiatan ini akan membuat rumah semakin lebih berantakan.

4. Playmat

Bermain dengan playmat biasanya wajib dimiliki oleh siapa saja yang memiliki bayi. Playmat adalah alas matras interaktif untuk bermain bayi. Playmat biasanya tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Tidak jarang playmat juga bisa menjadi tempat untuk bersantai.

Playmat juga dapat meningkatkan koordinasi keseimbangan mata dan tangan dan merangsang indera bayi. Saat memilih playmat, pastikan memilih bahan yang lembut, elastis dan nyaman untuk bayi Anda ya.

5. Plastisin

Bermain plastisin merupakan mainan lilin yang mudah dibentuk dan memiliki tekstur yang lembut. Bagi anak-anak, bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas dan gerak mata mereka. Plastisin juga memiliki banyak warna agar terlihat lebih menarik saat bermain.

Selain membeli plastisin yang terjual bebas, Anda juga dapat membuat plastisin sendiri di rumah Anda. Sangat mudah untuk menyiapkan. Anda hanya membutuhkan pati, tepung, gula, garam, minyak goreng, dan air.

Campur semua bahan dan uleni hingga kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan campurkan dengan pewarna makanan agar lebih menarik. Pilih pewarna makanan untuk keamanan bayi Anda.

Baca juga:

Kenali Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai – Tingkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak Dengan Permainan Ini – ada berbagai rekomendasi permainan yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan waktu bersama anak Anda.

Pada dasarnya, kemampuan sensorik dan motorik anak adalah dua hal yang perlu terus ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan anak.

Keduanya membantu anak-anak berkomunikasi dan bersosialisasi, jadi penting untuk memilih permainan yang berbeda untuk meningkatkan indera dan kinerja atletik anak Anda.

Semoga pilihan permainan di atas bisa menginspirasi Anda ya. Selamat Mencoba.