LifeStyle

5 Cara Mengobati Kapalan di Kaki, Sangat Mudah

BantulMedia.com5 Cara Mengobati Kapalan di Kaki – Walau tidak sakit, namun adanya kapalan di kaki cukup membuat risih kaki Anda. Adanya benjolan pada kulit yang keras biasanya disebut sebagai kapalan.

Memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun benjolan ini tentu sangat mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir kapalan ini bisa Anda atasi dengan mengetahui penyebabnya.

5 Cara Mengobati Kapalan di Kaki, Sangat Mudah

5 Cara Mengobati Kapalan di Kaki

Penebalan kulit ini sebenarnya bisa muncul di mana saja, tidak hanya di kaki. Tetapi, bisa juga terjadi pada tumit, telapak tangan, dan pergelangan kaki. Dalam kasus yang lebih parah, kapalan pada kulit bahkan bisa memerah sampai melepuh.

Namun, ini bukan kondisi yang berbahaya karena kulit yang mengeras akan kembali normal seiring waktu. Tentu saja, penyembuhan membutuhkan waktu lama.

Penyebab kaki kapalan

Kapalan umumnya terjadi karena gesekan dan tekanan yang berlebihan dan muncul kembali di area kulit yang sama seperti pada area kaki.

Kapalan bermulai karena adanya respons alami tubuh terhadap penguatan jaringan ini. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya kapalan ini sebagai berikut:

  1. Tidak memakai kaus kaki saat memakai sepatu.
  2. Memakai sepatu yang tidak pas, terlalu longgar, atau terlalu ketat.
  3. Kulit kering.
  4. Memakai sepatu hak tinggi.
  5. Tidak gunting kuku kaki.
  6. Berjalan tanpa alas kaki.
  7. Tidak mengganti kaus kaki berkala.

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Ada beberapa cara untuk merawat kulit kaki kapan secara alami. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pelindung Alas kaki

Dengan menggunakan bantalan pelindung dapat mengurangi gesekan dan tekanan pada kulit serta mencegah pembentukan kapalan. Bantalan pelindung ini sudah banyak tersedia di toko sepatu baik online ataupun offline. Jika Anda tidak dapat menemukan sepatu pelindung ini, Anda dapat menggunakan ganjalan lain berbahan lembut.

2. Batu Apung

Penggunaan batu apung sebagai exfoliating tool item ini juga  membantu  menghilangkan kapalan. Caranya bisa dengan merendam kulit kaki yang terkena kapalan dalam air hangat selama kurang lebih 510 menit. Kemudian gunakan batu apung untuk menggosokkan sel kulit mati.

Sambil menggosok batu apung, gerakkan ke samping dan membentuk lingkaran. Dengan demikian, Anda hanya perlu beberapa hari untuk menghilangkan kalus.

3. Air hangat

Merendam kulit kaki Anda dalam air hangat adalah salah satu cara yang harus Anda coba. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama sekitar 20 menit sebelum dikeringkan.

Kemudian gosok dengan lembut kulit di kaki Anda dengan jari-jari Anda sampai kulit yang mengeras terlepas. Lakukan hal ini secara rutin agar kulit di kaki Anda cepat pulih.

4. Minyak Pohon Teh

Penggunaan Minyak Pohon Teh juga sangat mudah Anda gunakan. Cukup tambahkan beberapa tetes ke air hangat. Lanjutkan merendam kulit di kaki Anda sampai kapalan. Namun, kulit di kaki tidak boleh direndam lebih dari 15 menit. Hal ini karena dapat merusak jaringan kulit.

Baca juga:

Yuk Ajak Anak Berolahraga Bersama di Rumah, Pilihan Tepat Untuk Ibu

5. Epson Salt (Garam Epson)

Garam Epson ini dapat kembali menghaluskan kulit pada kaki anda. Rahasianya adalah dengan mencampurkan 2-3 sendok makan garam Epson dan menambahkannya ke dalam baskom air hangat.

Rendam kulit di kaki Anda selama 10 menit. Bisa juga dipadukan dengan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati setelah mandi.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai Penyebab dan pengobatan Kapalan kaki – 5 Cara Mengobati Kapalan di Kaki – Semoga dengan cara di atas kapalan Anda bisa cepat hilang dan kulit kaki kembali mulus. Anda perlu mengetahui penyebab kapalan tersebut dan mengingatnya agar tidak kembali lagi. Selamat mencoba ya.