LifeStyle

5 Penyebab Mengapa Anda Sulit Menurunkan Berat Badan

BantulMedia.com – Sudah memasuki akhir tahun 2021 dan berat badan masih belum turun? Anda tidak perlu khawatir, apalagi menyalahkan diri sendiri. Mulailah mencari tahu apa yang menyebabkan diet Anda gagal. Bisa jadi cara yang terabaikan atau pola makan yang belum tertata dengan baik.

5 Penyebab Mengapa Anda Sulit Menurunkan Berat Badan

5 Penyebab Mengapa Anda Sulit Menurunkan Berat Badan

Untuk memudahkan Anda, Moni ingin menjelaskan 5 penyebab mengapa Anda sulit menurunkan berat badan.

  1. Makan terlalu sedikit

Siapa yang mengira bahwa makan terlalu sedikit dapat mempersulit penurunan berat badan? Pada dasarnya, tubuh memiliki fungsi alami untuk melindungi dirinya sendiri. Dalam hal ini, jika tubuh tidak makan cukup makanan, metabolisme tubuh akan bekerja lambat dan tubuh tidak akan membakar lemak dan kalori secara normal. Akibatnya, Anda akan kesulitan menurunkan berat badan karena lemak di tubuh Anda tidak terbakar secara maksimal.

Selain itu, asupan makanan yang terlalu sedikit memperlambat pemecahan gula dalam darah oleh insulin. Akibatnya, kadar gula Anda naik lebih cepat dibandingkan dengan asupan makanan biasa. Berikut adalah tips untuk membantu Anda makan lebih teratur:

• Buatlah jurnal harian tentang makanan apa yang telah Anda makan. Jurnal ini mencegah Anda makan terlalu banyak dan terlalu sedikit.

• Dalam jurnal tersebut, Anda juga dapat menuliskan menu dan merencanakan daftar makanan yang akan Anda makan untuk minggu depan.

   2. Pilihan makanan yang buruk

Pernahkah Anda merasa menu yang Anda makan tidak baik untuk diet Anda? Secara umum, tidak hanya jumlah makanan yang Anda makan mempengaruhi berat badan Anda, tetapi juga kualitas makanan yang Anda makan. Makanan yang berkualitas atau kaya nutrisi tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Saat sari makanan terserap dengan baik, tubuh bisa membakar lemak dan kalori dengan baik.

Cara menentukan kualitas makanan yang baik atau tidak, Anda dapat menilainya sebagai berikut:

• Lihat penampilannya. Kualitas makanan yang baik tentunya tidak pucat dan terlihat segar. Selain itu, kandungan air buah dan sayuran masih cukup dan kaya. Selain itu, kualitas makanan yang baik harus memiliki rasa yang segar dan lezat.

• Lihat bahan pembuatannya. Makanan berkualitas baik bebas dari bahan kimia berbahaya 3P (pengawet, perasa, dan pewarna buatan) dan MSG.

No Junkfood. Sudah menjadi rahasia umum bahwa junk food tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain kurang nutrisi, junk food mengandung terlalu banyak lemak jahat yang tentunya tidak baik untuk tubuh Anda.

  1. Kurang tidur dan begadang

Tak hanya demi energi dan energi yang cukup untuk beraktivitas, tidur yang cukup juga akan membantu Anda menurunkan berat badan. Kurang tidur membuat tubuh curiga bahwa Anda lapar. Akibatnya, Anda akan terus mencari makanan untuk memuaskan saran lapar Anda. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas.

Tidak hanya kurang tidur, tetapi terlalu banyak tidur menyebabkan terganggunya hormon yang mengontrol nafsu makan dan rasa lapar. Selain itu, jika Anda sulit tidur, kemungkinan besar Anda akan melewatkan rutinitas olahraga karena tubuh Anda sudah terlalu lelah. Jadi cobalah untuk tidur sekitar 8 jam dan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Tentang Mindful Eating: Perhatikan Tiap Detail Makanan Anda

  1. Kurangnya aktivitas fisik

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga membantu Anda menurunkan berat badan. Olahraga teratur memastikan kalori dan lemak terbakar secara optimal di dalam tubuh. Sebaliknya, kurang olahraga menghambat proses pembakaran kalori dan lemak, sehingga sulit menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin berolahraga secara teratur, Anda tidak harus pergi ke gym atau membeli berbagai peralatan olahraga. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti memilih naik tangga daripada lift atau eskalator.
  • Angkat beban juga dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan massa otot, yang mempercepat metabolisme Anda dan mencegahnya jatuh.
  • Olahraga kardio seperti jogging, lari, dan berenang juga cocok untuk Anda karena olahraga ini dapat mengurangi lemak visceral yang berbahaya jika menumpuk di organ tubuh.
  1. Sering Mengkonsumsi Minuman Yang Mengandung Gula

Minuman manis memang enak, tapi hati-hati dengan minuman manis. Minuman dengan kandungan gula tinggi dapat menumpuk residu di tubuh Anda dan menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, berhati-hatilah dengan minuman berlabel “sehat” atau mengandung buah, karena meski terlihat sehat, kandungan gulanya bisa jadi sama dengan minuman tidak sehat lainnya. Pilih air putih sebagai minuman karena air dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori hingga 30%.

Kesimpulan

Terkadang mungkin hal-hal sepele yang Anda pikir bisa menurunkan berat badan justru malah sebaliknya. Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa hal di atas, apakah Anda semakin termotivasi untuk menurunkan berat badan? Tentunya dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk mencapai berat badan ideal.