LifeStyle

6 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

BantulMedia.comManfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh – Manfaat berjemur pagi tidak hanya menghasilkan vitamin D yang baik untuk tulang. Ada 6 khasiat lain yang bisa dirasakan tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa manfaat sinar matahari diketahui sangat baik untuk produksi vitamin D yang baik untuk tulang Anda. Ini karena tubuh manusia tidak dapat membuat vitamin D sendiri. Sehingga perlu suplai dari luar seperti makanan yang kaya vitamin D atau sinar matahari agar cukup. Namun manfaat sinar matahari bagi tubuh tidak hanya itu lho.

Manfaat Berjemur di Pagi

6 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

1. Tidur menjadi lebih baik

Ternyata manfaat berjemur 15 menit di pagi hari dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik. Paparan sinar matahari sendiri dapat merangsang otak, tubuh, dan hormon untuk memberi tahu kapan harus tidur dan mengatur ritme sirkadian serta menyebabkan tubuh tertidur di malam hari.

2. Membawa keberuntungan

Manfaat berjemur di pagi hari juga dapat menimbulkan perasaan bahagia, yang disebabkan oleh hormon serotonin (hormon kebahagiaan) dan hormon dopamin dan beta-endorfin yang berperan dalam menimbulkan perasaan gembira yang juga mengurangi efek stres. Selain itu, sinar matahari juga menekan hormon melatonin yang bisa membuat Anda terlihat lesu.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sedikit yang Anda ketahui bahwa salah satu manfaat berjemur di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa oksida nitrat, ditemukan di lapisan atas kulit saat terkena sinar matahari, dapat memperlebar pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan oksida masuk ke aliran darah dan tekanan menjadi lebih normal.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari pertama adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satu alasannya adalah sel darah putih bisa meningkat saat terkena sinar matahari. Kondisi ini membantu melawan berbagai penyakit dan infeksi di dalam tubuh. Jika ada cukup sinar matahari, virus juga tidak akan bertahan di dalam tubuh.

5. Meminimalkan terjadinya kanker

Manfaat sinar matahari bagi tubuh juga dapat menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara. Hal ini karena salah satu penyebab berkembangnya kanker adalah kekurangan vitamin D dalam tubuh.

6. Membantu fungsi otak dengan baik

Paparan sinar matahari yang tidak berlebihan dapat mendukung pertumbuhan sel saraf di hipokampus di otak. Fungsi sel saraf ini adalah untuk membentuk, mengatur dan menyimpan ingatan.

Tips berjemur yang benar

Untuk memaksimalkan manfaat berjemur di pagi hari, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. 1Oleskan tabir surya atau sunblock dengan sun protection factor 30 (minimal) 20-30 menit sebelum berjemur pagi
  2. Durasi berjemur sekitar 10 sampai 15 menit sehari. Bisa dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Paparan sinar matahari di bawah jam 10 pagi tidak cukup untuk memberi manfaat bagi tubuh
  3. Saat berjemur, pastikan kulit terkena sinar matahari langsung. Setidaknya di area tangan dan kaki yang terkena sinar matahari

Dari penjelasan di atas, terlihat banyak sekali manfaat sinar matahari bagi tubuh yang bisa kita rasakan jika kita melakukannya secara rutin. Selain menjaga kesehatan dengan berjemur di pagi hari, makan makanan yang sehat, bergizi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Baca Juga :

6 Manfaat Olahraga Pagi Selain Mampu Menyehatkan Tubuh Anda

Kesimpulan

Itulah 6 manfaat berjemur di pagi hari karena memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda dan membuat Anda merasa nyaman, tidur dengan nyaman dan nyenyak, serta membuat aktivitas sehari-hari lebih bergairah.