LifeStyle

Berikut 5 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

BantulMedia.comBerikut 5 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil – Gejala seperti sakit punggung, pergelangan kaki bengkak dan sulit tidur sering terjadi selama kehamilan. Ternyata, gejala tersebut bisa diredakan dengan aktivitas fisik atau olahraga.

Berikut 5 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Berikut 5 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Olahraga selama kehamilan menawarkan banyak keuntungan bagi ibu dan anak. Suasana hati ibu menjadi lebih baik, gejala kehamilan lebih sedikit, dan pemulihan lebih cepat setelah melahirkan.

Sementara itu, bayi akan memiliki jantung yang lebih sehat, fungsi otak yang berkembang, dan BMI yang lebih rendah.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan ibu hamil untuk berolahraga selama 30 menit atau lebih setiap hari.

Sebenarnya aktivitas fisik ini tidak harus melakukan olahraga tertentu. Membersihkan debu di rumah atau menata tanaman hias di taman juga merupakan aktivitas yang baik untuk ibu hamil.

Selama ibu hamil mendapatkan persetujuan dokter, rutinitas olahraga dapat dilakukan dengan beberapa modifikasi khusus untuk kehamilan. Agar tidak salah memilih jenis olahraga, inilah olahraga yang dianjurkan selama kehamilan.

1. Berenang

Berenang dapat dikatakan sebagai olahraga yang sempurna untuk ibu hamil karena berat badan terasa lebih ringan di dalam air. Mandi di kolam juga bisa meredakan mual, nyeri linu panggul, dan bengkak pada pergelangan kaki.

Baca juga:

6 Manfaat Kurma Ruthob yang Dahsyat Untuk Ibu Hamil

Berhati-hatilah saat berenang saat Anda berjalan di sisi kolam yang licin. Ibu hamil tidak harus melompat ke dalam air, cukup naik ke kolam. Juga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.

Karena kondisi setiap ibu hamil berbeda, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum berenang selama kehamilan.

2. Berjalan

Olahraga yang aman dan terbaik untuk ibu hamil adalah jalan kaki. Sepertinya tidak ada olahraga yang lebih mudah dari jalan kaki, sehingga ini cocok untuk ibu hamil.

Latihan ini dapat dilakukan hingga saat persalinan untuk membantu selama persalinan. Selain itu, jalan kaki tidak memerlukan peralatan apa pun, sehingga ibu hamil dapat melakukannya di mana saja, kapan saja.

Jika memungkinkan, berjalan-jalan di taman, hutan kota, dan ruang hijau lainnya untuk menyegarkan mata dan pikiran.

3. Bersepeda dalam ruangan

Bersepeda di dalam ruangan bisa menjadi olahraga yang baik untuk ibu hamil karena Anda dapat mengayuh dengan kecepatan tanpa risiko jatuh atau membuat pergelangan kaki dan lutut Anda tertekan.

Sesuaikan setang sepeda agar lebih tegak dan tidak condong ke depan untuk menghindari tekanan pada punggung bawah.

4. Jogging

Selain jalan kaki, jogging juga bisa menjadi alternatif olahraga bagi ibu hamil. Pastikan juga Anda memiliki persetujuan dan arahan dokter.

Untuk ibu hamil, jogging sebaiknya dilakukan di tanah datar. Kenakan sepatu yang nyaman jika memungkinkan untuk menghindari cedera dan jangan berlebihan.

Ligamen dan persendian yang kendur saat hamil bisa membuat ibu hamil lebih rentan mengalami cedera. Jadi Anda tetap harus berhati-hati saat jogging.

5.Yoga

Yoga juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ibu hamil. Yoga meningkatkan relaksasi, kelenturan, fokus, dan pernapasan dalam, yang semuanya merupakan persiapan yang baik untuk kehamilan.

Carilah kelas yoga khusus untuk ibu hamil. Guru akan memandu Anda ke pose-pose yoga yang aman dan nyaman untuk ibu hamil.

Selain memberikan manfaat kesehatan fisik, yoga juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, tidak sedikit ibu hamil yang merasa stres menjelang hari persalinan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Berikut 5 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil – semoga bisa Anda terapkan dalam masa kehamilan Anda yaa sobat Bantul Media.