LifeStyle

Apa itu Premi Asuransi dan Fungsinya?

BantulMedia.comApa itu Premi Asuransi dan Fungsinya – Tahukah Anda apa fungsi premi asuransi? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Ada istilah yang berbeda dalam dunia asuransi. Istilah yang sering terdengar adalah premium. Premi asuransi ini bisa Anda temukan di berbagai produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi konvensional lainnya. Tapi tahukah Anda apa itu premi asuransi dan apa fungsinya? Jika belum, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Premi Asuransi

Apa itu Premi Asuransi?

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan kepada perusahaan asuransi pada waktu tertentu sesuai dengan polis asuransi. Ini merupakan bentuk balas jasa atas pengalihan risiko atau kerugian kepada nasabah dari waktu ke waktu. Premi asuransi biasanya dibayarkan setiap bulan. Namun ada juga nasabah yang ingin membayar premi setiap tahunnya. Selain itu, besaran premi asuransi yang harus dibayar nasabah berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

Di mana premi asuransi didistribusikan?

Pernahkah Anda bertanya-tanya di mana premi asuransi bulanan yang dibayarkan dibagi? Perlu diketahui bahwa penjelasan pertanyaan ini tergantung pada masing-masing jenis asuransi. Setidaknya ada 5 jenis asuransi dengan alokasi premi yang berbeda, sebagai berikut.

Asuransi jiwa

Premi memberikan jaminan finansial berupa uang pertanggungan yang dapat dibayarkan kepada ahli waris apabila pemegang polis meninggal dunia.

Asuransi kendaraan

Premi asuransi ini dapat digunakan baik di dalam mobil maupun di sepeda motor. Jenis pertama adalah asuransi all-risk, yang dirancang untuk menutupi sebagian atau seluruh kerusakan pada kendaraan. Tipe kedua adalah TLO (total loss only) atau ganti rugi jika kerusakan mencapai 75% atau lebih.

Asuransi kesehatan

Memudahkan Anda dalam menangani biaya rumah sakit, karena premi asuransi kesehatan menutupi biaya tersebut (termasuk pengobatan).

Asuransi perjalanan

Premi asuransi perjalanan memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis saat mereka bepergian. Biasanya asuransi perjalanan dibagi menjadi dua, yaitu asuransi perjalanan domestik dan internasional.

Asuransi properti

Asuransi properti menawarkan kepada pemegang polis keuntungan menjadi aman secara finansial terhadap risiko properti mereka. Risiko masing-masing bervariasi dan berkisar dari kerusakan properti dari banjir, kebakaran, gempa bumi atau lainnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi besaran premi

Besarnya premi asuransi yang harus dibayar tergantung pada beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Contoh faktor internal adalah usia. Semakin muda premi asuransi yang dibayarkan, maka akan semakin murah. Di sisi lain, premi yang dibayarkan juga menjadi lebih mahal seiring bertambahnya usia.

Kemudian, untuk faktor eksternal, contohnya adalah keadaan wilayah kerja tertanggung dalam asuransi kecelakaan. Premi asuransi bagi pekerja yang bekerja di gedung tentu akan berbeda dengan pekerja yang bekerja di lapangan.

Mengapa bisa terjadi kenaikan premi asuransi?

Pada prinsipnya, perusahaan asuransi tidak perlu menaikkan premi jika memperoleh keuntungan di tahun yang sama. Tetapi jika Anda mengalami kerusakan, asuransi dapat meningkatkan premi. Ini karena perusahaan asuransi terkadang harus membayar ganti rugi yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Perusahaan asuransi kemudian meninjau dan merestrukturisasi faktor risiko untuk orang yang diasuransikan dan properti yang diasuransikan pada saat itu. Dalam keadaan ini, harga premi asuransi bisa naik.

Baca Juga :

5 Cara Memilih Asuransi Jiwa Konvensional | Perhatikan hal Berikut

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang premi asuransi. Setelah membaca penjelasan di atas, pastikan Anda tidak terkecoh dengan harga, melainkan fokus pada keuntungan yang mungkin Anda terima di kemudian hari. Dalam hal ini, terlepas dari beragam manfaat dan jenis manfaat, asuransi sangat penting agar Anda dapat hidup lebih nyaman tanpa harus mengkhawatirkan orang yang Anda cintai.