LifeStyle

Bahaya Kanker Pada Produk Kosmetik | Pastikan Skin Care Anda Aman

BantulMedia.com – Berbagai jenis kosmetik hadir dan menjadi cara bagi banyak orang untuk tampil lebih cantik dan menarik. Saat memilih kosmetik, banyak orang hanya memperhatikan warna, tekstur, atau formula produk.

Memang, saat memilih kosmetik, komposisi produk kosmetik harus diprioritaskan. Karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa bahan kimia dalam kosmetik berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kanker!

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mencapai kecantikan, Anda tidak harus mengorbankan kesehatan. Anda hanya perlu lebih berhati-hati saat mengecek komposisi kosmetik yang Anda gunakan. Yuk baca informasi di bawah ini dan hindari bahan berbahaya berikut ini agar kamu tetap sehat saat menggunakan kosmetik!

Bahaya Kanker Pada Produk Kosmetik | Pastikan Skin Care Anda Aman

Komposisi Kosmetik Yang Rawan Bahan Berbahaya

Cat Kuku

Meski terlihat lucu di kuku, beberapa cat kuku sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh karena mengandung ftalat. Phthalates adalah bahan kimia yang membantu menjaga warna dan rasa cat kuku.

Penggunaan cat kuku dengan komposisi phthalate sangat berbahaya dalam jangka panjang bahkan ibu hamil dan menyusui biasanya dilarang menggunakan cat kuku. Phthalates tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, tetapi juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan kanker.

Skin Care

Paraben adalah bahan yang paling umum dalam perawatan kulit atau produk perawatan kulit. Paraben adalah bahan kimia yang bertindak sebagai pengawet kosmetik. Terlalu sering menggunakan paraben tbisa berdampak dengan berbagai masalah kesehatan.

Ini karena kulit menyerap paraben ke dalam sistem peredaran darah. Paraben yang diserap ke dalam sirkulasi dapat berdampak negatif pada hormon dan sistem kekebalan tubuh.

Paraben juga telah dikaitkan dengan gangguan fungsi reproduksi dan kanker payudara. Bahayanya, bau bahan kimia beracun ini biasanya bisa ditutupi oleh wewangian atau wewangian yang sudah ditambahkan pada produk, sehingga Anda tidak akan merasa repot saat menggunakannya.

Deodorant

Deodorant sangat penting bagi orang yang berkeringat berlebihan dan bermasalah dengan bau badan. Namun, banyak deodoran mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker payudara.

Secara umum, salah satu kandungan dalam deodorant adalah triclosan. Triclosan dapat menyebabkan gangguan hormonal dalam tubuh dan mencegah pertumbuhan payudara.

Bahan lain yang sering tedapat dalam deodorant antiperspirant adalah aluminium atau logam berat lainnya. Aluminium atau logam berat dapat menimbulkan efek samping yaitu iritasi pada organ tubuh dan dapat menyebabkan kanker payudara.

Baca juga:

Cara Mengetahui Produk Kecantikan Yang Aman Dipakai

Oleh karena itu, pilihlah deodoran yang mengandung bahan alami seperti minyak kelapa atau minyak bergamia dan memiliki aroma yang alami dan alami.

Pewarna Rambut

Meskipun tidak jelas apa panyebab dari munculnya risiko kanker oleh penggunaan pewarna rambut, penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar pewarna rambut mengandung sekitar 5000 bahan kimia.

Bahan kimia ini termasuk paraben, amonia, dan PPD (para-phenylenediamine), yang sangat beracun dan dapat menyebabkan kanker.

Meski pewarna rambut bisa membuat Anda tampil lebih trendi dan menarik, berhati-hatilah saat memilih pewarna rambut. Pilih pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami seperti ekstrak tumbuhan.

Jangan asal memilih pewarna rambut yang akan menyehatkan dan meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Kesimpulan

Begitu banyak produk kecantikan yang beraneka ragam di zaman sekarang ini. Namun, bukan berarti untuk menjadi lebih cantik dan menarik, Anda harus mengorbankan kesehatan. Kosmetik yang Anda pakai hari ini bisa berdampak pada kesehatan kulit Anda di masa mendatang.

Berhati-hatilah saat memilih produk kecantikan dan pastikan tidak mengandung bahan berbahaya. Jika Anda tidak mengerti bahan-bahannya, cari tahu lebih lanjut atau hubungi ahli kecantikan Anda. Yuk sayangi kulit cantikmu!