LifeStyle

Apa Saja Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin? Nomor 4 Bergizi

BantulMedia.comApa Saja Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin? Nomor 4 Bergizi – Terkadang pada masa kehamilan, Ibu enggan berselera makan. Namun selama kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupan makanan.

Nutrisi dan perkembangan bayi dalam kandungan sangat bergantung pada ibu. Selain memilih makanan yang baik, ibu hamil perlu mengikuti pola makan seimbang untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

Apa Saja Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin? Nomor 4 Bergizi

Apa Saja Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin? Nomor 4 Bergizi

Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin. Berikut ini adalah jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil.

1. Buah Jeruk

Jeruk adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Jeruk tidak hanya menyegarkan, tetapi juga merupakan sumber asam folat dan asam folat.

Asam folat adalah vitamin B yang paling penting untuk mencegah cacat pada otak dan sumsum tulang belakang (neural tube defect). Menurut American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG), konsumsi asam folat penting untuk ibu hamil.

Selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi setidaknya 600 mcg. Jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kandungan vitamin C mencegah kerusakan sel dan juga membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Buah Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah terbaik untuk ibu hamil. Buah ini kaya akan vitamin B, vitamin C dan asam folat. Juga tinggi potasium, yang dapat membantu mengatasi morning sickness dan memiliki peran dalam perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Namun di sisi lain, alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jadi perhatikan porsi alpukat yang Anda konsumsi.

3. Buah Mangga

Buah tropis ini juga baik untuk ibu hamil. Mangga kaya akan nutrisi seperti potasium, vitamin C dan vitamin A, dan membantu memperkuat sistem kekebalan, penglihatan, dan sistem saraf anak Anda.

Bagi ibu hamil, kadar kalium membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

4. Buah Pisang

Buah ini adalah yang baik untuk ibu hamil, pisang mudah ditemukan. Selama kehamilan, kecemasan, kekhawatiran, atau tekanan pada usus rahim dapat meningkatkan mulas.

Nah, mengonsumsi pisang bisa membantu Anda mengatasi sembelit atau rasa sembelit yang Anda alami. Ini karena pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat makanan.

Studi menunjukkan bahwa serat makanan membantu sembelit dan vitamin B6 dapat meredakan mual dan muntah selama kehamilan.

5. Buah Apel

Apel kaya akan serat makanan dan kaya akan vitamin C, vitamin A, potasium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi nutrisi pada bakteri baik di usus.

6. Berry

Buah beri seperti blueberry, raspberry, stroberi, blackberry dan goji berry kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berry mengandung karbohidrat, vitamin C, serat, asam folat, flavonoid dan antosianin.

Baca juga:

6 Cara Menjaga Berat Badan Saat Masa Kehamilan

Kandungan karbohidrat dari buah beri memungkinkan mereka untuk dengan mudah melewati plasenta, memungkinkan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup saat berada di dalam kandungan.

Jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah beri merupakan karbohidrat kompleks yang kaya akan nutrisi. Jenis ini lebih unggul dari jenis karbohidrat sederhana yang ditemukan pada donat, kue, dan kue kering.

Porsi Buah yang Perlu Dimakan Ibu Hamil

Menurut Healthline, para ahli merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi 2-4 porsi buah per hari. Penyajian dapat berupa sepotong buah berukuran sedang utuh (seukuran bola tenis) atau secangkir buah cincang.

Ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus. Namun, jus yang telah mengalami proses pasteurisasi biasanya kehilangan sebagian dari nilai gizinya. Sebagai variasi, ibu hamil juga bisa makan buah kering.

Buah-buahan kering sangat ideal sebagai camilan cepat saat bepergian. Namun, jangan overdosis buah-buahan kering, karena mereka memiliki kalori dan kadar gula yang lebih tinggi daripada buah-buahan segar.

Kesimpulan

Artikel tentang – Apa Saja Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin? Nomor 4 Bergizi – semakin memperkaya wawasan tentang asupan terbaik saat hamil.

Jika Anda bosan dengan potongan buah, ada beberapa cara untuk berkreasi, misalnya dengan menyiapkan smoothies, atau saat menyajikan yogurt sebagai saus dengan buah.

Dengan begitu, konsumsi buah bisa lebih beragam. Ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang jenis buah tertentu, Anda juga dapat bertanya langsung ke dokter kandungan Anda. Dan pastikan untuk memilih makanan terbaik selama kehamilan.