LifeStyle

Cara Diet Sehat Dengan Detox Buah

BantulMedia.com – Detox adalah proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Setiap hari, tubuh manusia melalui proses detoksifikasi alami, atau pembuangan racun melalui urin, feses, dan keringat. Namun, kebiasaan makan yang tidak sehat seperti kurang mengonsumsi makanan kaya serat atau terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak seringkali membuat proses ini tidak berjalan optimal.

Cara Diet Sehat Dengan Detox Buah

Cara Diet Sehat Dengan Detox Buah

Oleh karena itu, detoksifikasi atau detoksifikasi yang kita rancang sendiri, seperti detoksifikasi buah, perlu kita lakukan. Meskipun tidak ada bukti medis yang jelas, banyak orang yang telah melakukan detoks buah mengklaim merasa lebih sehat, lebih energik, dan lebih fokus. Efek menguntungkan ini bisa terjadi karena Anda menghindari makanan olahan saat melakukan detoksifikasi.

Selain dalam bentuk buah potong, detoks buah juga bisa dilakukan dalam bentuk jus. Namun, Anda harus memastikan bahwa jus buah yang Anda konsumsi tanpa gula dan di proses dengan cold-pressed juice. Jus buah detoks bisa dilakukan selama 3 sampai 5 hari dengan mengkonsumsi 5 sampai 7 botol jus 300 ml per hari.

Selain itu, mengkonsumsi jus ini sebaiknya saat perut kosong agar nutrisi yang ada di dalam jus buah dapat tubuh serap secara optimal. Sebagai campuran jus buah, Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti sayuran dan jahe. Cuka sari apel organik juga dapat Anda tambahkan untuk membersihkan racun di hati.

Detoks buah yang sehat tidak akan membuat pelakunya kelaparan, karena makan buah yang cukup akan membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk manfaat yang maksimal, usahakan makan berbagai jenis buah setiap hari agar mendapatkan vitamin, mineral, dan nutrisi yang beragam.

Baca juga:

Berbagai Jenis Yoghurt dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pilihan Buah Untuk Detox Tubuh

  • Anggur. Buah ini kaya akan vitamin C dan potasium, juga mengandung resveratrol, yang melindungi tubuh dari diabetes, kanker, dan pembekuan darah.
  • Konsumsi buah jeruk seperti lemon, yang dikatakan memiliki efek detoksifikasi tertinggi. Air lemon atau jeruk juga mengandung asam sitrat, yang membantu tubuh membakar lemak. Di pagi hari, minum segelas air lemon segar segera setelah Anda bangun. Setelah malam yang panjang dehidrasi, air lemon memasok elektrolit dalam magnesium, potasium, dan kalsium. Sebagai alternatif, Anda bisa mengombinasikan jus lemon dengan arang aktif untuk mempercepat proses detoksifikasi tubuh.
  • wortel. Sayuran yang tinggi serat dan vitamin A juga sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Dapatkan serat dari apel, kedelai, blueberry, kacang tanah.
  • Kebutuhan folat dapat terpenuhi dari buah melon, jeruk dan bayam.
  • Vitamin C bisa Anda dapat dari tomat, jeruk, mangga, kiwi dan stroberi.
  • Dapatkan lemak sehat dari kelapa dan alpukat.

Penting yang menjadi perhatian bahwa Anda tidak boleh mendetoksifikasi buah ini selama lebih dari 10 hari untuk menghindari gangguan metabolisme. Selain itu, jika Anda merasa lemas atau pucat, sebaiknya hindari detoks buah. Konsumsi roti, biskuit, atau minuman kaya elektrolit untuk mengembalikan kadar gula darah.