LifeStyle

Cara Efektif Untuk Bisa Tidur Nyenyak

BantulMedia.com – Apa yang membuat tubuh Anda selalu sehat dan bugar? Gaya hidup sehat dan cukup berolahraga adalah dua hal yang mungkin terlintas di pikiran. Jawaban Anda tidak salah! Untuk menjalani gaya hidup sehat, Anda perlu melakukan dua hal penting: makan sehat dan tidur sehat.

Cara Efektif Untuk Bisa Tidur Nyenyak

Cara Efektif Untuk Bisa Tidur Nyenyak

Makan sehat membantu tubuh Anda menerima diet seimbang dan persediaan yang penting untuk metabolisme tubuh. Sementara itu, olahraga teratur membantu membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh. Namun tahukah Anda juga bahwa tidur nyenyak yang sehat juga sangat penting bagi tubuh dan jiwa kita bahkan dapat mencegah penyakit berbahaya? Yuk, baca terus untuk mengetahui apa itu tidur sehat!

Tidur Yang Sehat = Tidur Yang Cukup

Berdasarkan penelitian dari 320 artikel, National Sleep Foundation (NSP) menyatakan bahwa orang berusia 18 hingga 64 tahun membutuhkan antara 7 dan 9 jam tidur sehari.

NSP juga menyatakan bahwa kebutuhan tidur berbeda untuk setiap kelompok umur. Anak-anak antara usia 6 dan 9 tahun membutuhkan antara 9 dan 11 jam tidur sehari. Remaja berusia 10 hingga 17 tahun membutuhkan 8 hingga 10 jam tidur. Orang di atas 65 sekarang membutuhkan antara 7 dan 8 jam tidur.

Tidur yang cukup sangat penting. Kurang tidur selama beberapa hari berturut-turut membuat kita lelah, tidak bisa berkonsentrasi, depresi, cemas dan jika terus berlanjut dapat meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Seperti halnya terlalu banyak tidur, ternyata juga bisa memicu masalah yang sama.

Tidur Telat = Penyebab Masalah

Ternyata, tidur juga merupakan faktor penting dalam hidup sehat. Sebuah studi oleh Feinberg School of Medicine di Northwestern University terhadap 96 responden berusia 18 hingga 50 tahun menunjukkan bahwa tidur atau begadang dapat memicu obesitas. Responden yang sering begadang justru terdorong untuk melakukan tiga pilihan tidak sehat, yaitu sering mengonsumsi junk food, jarang mengonsumsi sayur, dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Kebiasaan seseorang begadang juga erat kaitannya dengan kebiasaan ngemil. Hal ini dikarenakan begadang seringkali disertai dengan kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Jadi berhati-hatilah jika Anda sering begadang karena kebiasaan ini bisa menjadi pemicu kenaikan berat badan tidak sehat yang menjadi penyebab obesitas.

Tiga Langkah Untuk Tidur Nyenyak

Jadi tidak dapat disangkal bahwa lama tidur dan berapa lama Anda tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh dan jiwa Anda. Untuk memudahkan Anda mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas, simak 3 tips ala lemonilo berikut ini!

• Biasakan makan malam yang ringan

Jika Anda terbiasa makan malam yang berat, Anda pasti akan kesulitan untuk tertidur. Jadi biasakan makan malam yang ringan, seperti buah-buahan. Di sisi lain, tubuh kita sebenarnya tidak membutuhkan makanan yang terlalu berat di malam hari. Dengan begitu, pencernaan Anda tidak harus bekerja keras di malam hari untuk memproses asupan Anda, dan tubuh Anda bisa menyesuaikan diri untuk beristirahat.

Baca juga:

Tidak Hanya Segar, Inilah Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

• Hindari kafein

Seperti yang kita ketahui, kafein merupakan stimulan yang bisa membuat kita bangun dan “membaca”. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi produk yang mengandung kafein (yang terdapat pada kopi, teh, coklat, cola, dan beberapa jenis obat-obatan) setidaknya 4-6 jam sebelum tidur.

• Buat dan lakukan ritual sebelum tidur

Buat ritual yang memadukan antara waktu aktivitas dan waktu tidur dan hindari aktivitas yang bisa membuat stres. Aktivitas seperti memulai pekerjaan di malam hari atau membicarakan sesuatu yang membangkitkan emosi dapat memicu hormon stres kortisol, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat Anda sulit untuk tertidur.

Contoh ritual yang bisa Anda lakukan untuk transisi waktu tidur antara lain bersih-bersih, menggunakan minyak esensial, membaca buku ringan yang bisa menenangkan pikiran, dan mengenakan baju tidur yang nyaman. Teteskan atau semprotkan minyak esensial di tempat tidur atau baju tidur Anda untuk efek relaksasi dan menenangkan.

Untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia, kita perlu waspada terhadap tidur. Jadi tidurlah dengan baik!