LifeStyle

Aktivitas Berikut Bisa Meningkatkan Kedekatan Dengan Anak, Apa Saja?

BantulMedia.comAktivitas Berikut Bisa Meningkatkan Kedekatan Dengan Anak -Beraktivitas bersama anak adalah hal yang menyenangkan. Ingatkah,bagaimana perasaan Anda ketika mengetahui bahwa anak Anda akan datang ke dalam hidup Anda?

Pastinya Anda senang, bahagia dan gembira atau bahkan sampai membayangkan berbagai kegiatan seru  bersama anak Anda. Namun kenyataan seringkali tidak seindah yang terbayang sebelumnya. Dibutuhkan upaya dan waktu untuk membangun dan memelihara hubungan yang bermakna dengan anak-anak.

Aktivitas Berikut Bisa Meningkatkan Kedekatan Dengan Anak, Apa Saja

Aktivitas Berikut Bisa Meningkatkan Kedekatan Dengan Anak

 Hubungan orang tua dan anak yang sehat adalah dasar dari kesehatan mental anak. Pola hubungan orang tua dan anak diwariskan pada masa dewasa. Misalnya, Bagaimana mereka melihat dunia dan bagaimana mereka membangun hubungan dengan teman, mitra, dan kolega.

Dibutuhkan upaya yang konsisten dan berkelanjutan untuk membangun dan memelihara hubungan orangtua-anak yang sehat. Hubungan yang berkualitas tidak boleh tercipta hanya dari satu kegiatan atau dalam waktu yang singkat.

Sebagai orang tua, Anda perlu kreatif dalam menemukan berbagai kegiatan untuk berhubungan dengan anak-anak mereka. Pada umumnya kegiatan tersebut mempertimbangkan usia, tingkat perkembangan, dan minat anak.

Berikut,  beberapa kegiatan umum yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan orang tua-anak Anda meliputi:

Makan bersama

Ternyata, makan bersama di meja  bukan hanya soal makanan. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan bersama dengan keluarga mencakup pembentukan pola makan yang sehat, kesehatan fisik dan mental yang lebih baik,  keterampilan sosial yang lebih baik dan status emosional yang lebih baik, perilaku yang lebih positif dan prestasi akademik.

Ada banyak manfaat, termasuk nilai. Jika Anda  tidak punya waktu untuk makan siang bersama anaknya, jadwalkan makan malam keluarga minimal satu kali.

Makan pagi bersama atau makan malam bersama. Ciptakan suasana hangat di meja makan tempat orang tua dan anak dapat berbincang. Sebaiknya penggunaan gadget di atas meja harus dihindari agar makan bersama benar-benar menyenangkan.

 Berbicara Satu Sama Lain

Sama seperti  makan, Anda dapat menggunakan waktu  tidur Anda untuk berbicara dengan anak Anda tentang bantal. Hindari menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang, seperti “Bagaimana sekolahmu?” Apa yang kamu pelajari di sekolah?

Anda dapat mengajukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang lebih luas, seperti “Mengapa anak Anda memberikan jawaban yang sama setiap hari. Apa yang Anda suka atau tidak suka hari ini? Apa hal yang paling menyenangkan hari ini?” Seperti. Jangan lupa ceritakan harimu Ingatlah untuk melanjutkan diskusi tergantung pada kemampuan dan kemampuan berpikir anak Anda.

Cerita-cerita kecil seperti itu membantu anak-anak melatih keterampilan memecahkan masalah. Jika Anda dan  anak sudah saling terbuka dan terbiasa mendongeng, kegiatan ini bisa mempererat bonding antara orang tua dan anak.

Bermain bersama

Bermain adalah dunia anak-anak. Salah satu cara terbaik untuk membangun ikatan dengan anak Anda adalah dengan bermain dengan anak Anda.

Dimulai dengan berbagai permainan tergantung pada usia dan minat anak Anda, seperti permainan bola, boneka, permainan peran, permainan papan, dan petak umpet. Yang penting adalah menikmati waktu yang Anda habiskan bersama anak-anak Anda. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan menyenangkan, bukan dari paksaan atau kewajiban.

 Saling menghormati dan berterima kasih

Anak-anak terkadang melakukan kesalahan dan mencoba bersabar dengan Anda. Tugas Anda sebagai orang tua adalah membimbing dan membimbing anak Anda dengan kasih. Dia akan terus memperlakukannya dengan hormat, mendisiplinkannya, menegakkan aturan, mengarahkan tindakannya.

Tetap tenang dan sopan untuk membantu anak Anda memahami perilaku apa yang tidak pantas, mengapa mereka salah, dan bagaimana cara memperbaikinya. Tidak hanya membentak, memarahi, dan menghukum tidak efektif, tetapi juga dapat merusak hubungan orang tua-anak.

 Kerjasama dengan anak-anak

Pada dasarnya, anak-anak memiliki sikap yang baik. Anda dapat memanfaatkan ini dengan meminta anak Anda berpartisipasi dalam  pekerjaan dan perkembangan rumah tangga yang sesuai dengan usianya.

Misalnya, merapikan tempat tidur, memasukkan cucian kotor ke mesin cuci, mengeringkan cucian, mencuci sayur, menyimpan mainan, dan  sebagainya.

Jika Anda memasukkannya dalam aktivitas sehari-hari, anak Anda akan  senang dan bangga. Ingatlah untuk berterima kasih atas usaha dan bantuan Anda. Selain itu, Anda dapat bekerja dengan anak-anak Anda untuk membangun ikatan. Misalnya, Anda bisa melakukan finger painting, eksperimen ilmiah sederhana, memasak bersama, dan masih banyak lagi.

 Olahraga

Membangun kebiasaan olahraga bisa dimulai sejak dini. Ajak anak Anda bersepeda, jalan pagi, berenang, bermain bola, mendaki gunung, atau  aktivitas fisik lainnya.

Jadikan kegiatan ini sebagai rutinitas, misalnya setiap akhir pekan. Anda bisa bertanya kepada si kecil olahraga apa yang ingin mereka lakukan bersama.

Jika Anda dan anak Anda menyukai olahraga tertentu, Anda bisa mengajak mereka menonton langsung pertandingan olahraga tersebut. Tentunya bisa menjadi momen yang tak terlupakan bagi si kecil.

 Berpelukan

Pelukan tidak hanya memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak, tetapi juga dapat menenangkan dan menghilangkan kecemasan. Anak-anak merasa tenang, nyaman dan aman dalam pelukan Anda. Berikan pelukan hangat sesering mungkin dan biasakan. Seperti Pagi hari, sebelum tidur atau sebelum bangun tidur.  Tunjukkan cinta setiap hari.

Baca juga:

Tingkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Anak Dengan Permainan Ini

 Lakukan hal-hal sederhana setiap hari untuk menunjukkan betapa Anda mencintai anak Anda. Pelukan hangat, kecupan di kening, tulisan “Mom and dad love you, my son”, catatan kecil dengan kata-kata penyemangat di kotak bekal dan tempat pensil, cukup hati-hati saat anak berbicara, Penyayang mendengarkan, memberi anak waktu  tanpa berbagi dengan orang lain.

Ketika anak Anda merasa dicintai, berharga, dan penting, itu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri mereka.

Kesimpulan

Penjelasan detail – Aktivitas Berikut Bisa Meningkatkan Kedekatan Dengan Anak – sangat menarik yaa.

Dari semua kegiatan yang dapat kita lakukan dengan anak-anak kita, mereka umumnya membutuhkan waktu, perhatian yang besar, dan kasih sayang dari orang tua mereka. Berikan cinta kepada anak-anak Anda, tetapi jangan merusaknya.

Nikmati setiap momen  Anda  bersama anak Anda. Gunakan metode yang berbeda untuk memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Apa kegiatan favorit Anda dan kegiatan anak-anak Anda?