LifeStyle

Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing di Musim Hujan, So Simple!

BantulMedia.comCara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing di Musim Hujan – Perawatan kulit yang rutin Anda lakukan bisa membuat kelembaban kulit terjaga. Namun jika saat musim hujan, terkadang kulit menjadi mudah kering. Apalagi saat musim kemarau yang panas dapat membuat kulit menjadi lebih mudah berkeringat. Kondisi ini dapat dengan mudah menyebabkan jerawat.

Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing di Musim Hujan, So Simple!

Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing di Musim Hujan

Di sisi lain, musim hujan dingin pun dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah pecah-pecah. Selain itu, angin kencang juga dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, Anda perlu merawat kulit Anda dengan baik selama musim hujan.

Berikut 7 tips merawat kulit saat musim hujan. Cobalah di rumah!

1. Gunakan Sunscreen Lotion

Jika Anda tinggal di dalam ruangan atau tidak terkena sinar matahari langsung, Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak perlu menggunakan tabir surya (Sunscreen Lotion). Namun, pendapat ini tidak benar. Menurut Cancer Council, sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit bahkan dalam cuaca mendung dan berawan. Jadi jangan lewatkan menggunakan tabir surya (Sunscreen Lotion) setiap hari.

2. Bersihkan Wajah Anda Secara Teratur

Di musim hujan, seperti musim panas, debu, kotoran, dan minyak menumpuk pada kulit wajah Anda. Untuk mengatasi ini, Anda perlu membersihkan wajah Anda secara teratur. Membersihkan wajah tidak hanya menghilangkan debu dan kotoran, tetapi juga membuat kulit bebas dari infeksi jamur.

Khusus untuk kulit berminyak dengan pori-pori terbuka lebar. Untuk membersihkan kulit Anda, pilih produk yang tepat untuk jenis kulit Anda. Pastikan juga bahan-bahan produk tersebut aman dan tidak menimbulkan reaksi iritasi pada kulit. Jika perlu, lakukan teknik double cleansing untuk membersihkan kulit wajah.

3. Tetap Menggunakan Pelembab

Pada musim hujan mungkin Anda berpikir untuk tidak perlu menggunakan pelembab karena kelembapan biasanya tinggi dan kulit terasa kurang kering. Namun faktanya kulit tetap membutuhkan pelembab sebagai sumber air dan nutrisi.

Pilih produk pelembab resep ringan yang cepat diserap oleh kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah pelembab berbahan dasar air atau berbasis gel. Formula ini membantu melembabkan kulit tanpa membuat wajah berminyak.

4. Minum Air Putih Yang Cukup

Bahkan saat cuaca terasa lebih dingin, Anda perlu menjaga kulit tetap terhidrasi dari luar dan dari dalam. Selain menggunakan pelembab, Anda juga perlu banyak minum air putih untuk menjaga kelembapan kulit. Minum banyak air mineral juga membantu kulit mencegah jerawat dan terlihat lebih bercahaya.

5. Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Musim hujan dapat memicu tumbuhnya kuman dan bakteri pada kulit sehingga membuat kulit lebih mudah berjerawat. Untuk menghindari masalah ini, eksfoliasi kulit Anda dengan produk yang cocok untuk Anda.

Pilih produk dengan area pengelupasan lembut yang akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

Anda juga bisa membuat masker sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti oatmeal dan buah-buahan. Oatmeal juga bertindak sebagai agen pengelupasan alami, menghaluskan kulit.

6 Gunakan Toner

Seperti Informasi dari Byrdie, toner dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan membuatnya tampak lebih segar.

Penggunaan toner saat musim hujan juga penting karena dapat menyebabkan tumbuhnya kuman dan bakteri pada kulit. Toner paling baik digunakan setelah Anda membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan pelembab apa pun.

7. Perhatikan Kelembapan Bibir

Selain kulit wajah dan kulit tubuh, bibir merupakan area kulit lain yang perlu Anda perhatikan. Bibir yang lembab juga perlu dirawat saat musim hujan. Jika Anda tidak merawatnya secara teratur, bibir Anda bisa menjadi kering dan pecahpecah.

Baca juga:

Apa Itu Prurigo? Darah Manis Sampai Membekas Hitam

Selain itu, dalam kondisi tertentu, cuaca dingin dapat mengubah kulit bibir menjadi eksim. Untuk mencegah kondisi ini, Anda perlu menggunakan lip balm dan sesekali mengoleskan scrub.

Kesimpulan

Wah ternyata merawat kulit sangat penting ya – Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing di Musim Hujan – Walau mungkin di musim hujan Anda terasa mager untuk membersihkan kulit, namun Anda harus selalu menjaga kebersihan kulit Anda.

Itulah cara merawat kulit agar tetap sehat di musim hujan. Ingatlah bahwa kulit yang sehat adalah kulit yang nyaman untuk kehidupan sehari-hari.