LifeStyle

Ketahui Pilihan Cemilan Sehat Untuk Diet Anda

BantulMedia.com – Kebiasaan menikmati jajanan bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kenaikan berat badan tergantung pada jenis makanan ringan yang Anda makan.

Ketahui Pilihan Cemilan Sehat Untuk Diet Anda

Ketahui Pilihan Cemilan Sehat Untuk Diet Anda

Berbagai jajanan yang ada di pasaran biasanya mengandung karbohidrat, gula, lemak, dan garam dalam jumlah tinggi sehingga dapat menimbulkan risiko kenaikan berat badan. Namun, ada juga berbagai camilan diet sehat yang khusus untuk Anda yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Cemilan sehat saat diet

Beberapa contoh makanan ringan diet yang dapat Anda pilih selama program penurunan berat badan adalah:

  • Apel

Secara umum, semua jenis buah dapat Anda konsumsi sebagai camilan untuk diet. Namun, lebih disarankan untuk mengonsumsi apel karena tinggi serat dan pektin, sehingga memiliki efek kenyang yang lebih lama dan membantu mencegah penyerapan lemak.

Saat bosan makan apel segar, Anda juga bisa menikmati snack kripik apel yang terbuat dari bahan tanpa pengawet atau perasa buatan.

  • Selai kacang

Selai kacang terbuat dari kacang-kacangan yang kaya akan protein dan karena itu juga memiliki efek mengenyangkan. Namun, pilihlah selai kacang yang bebas gula, bebas susu, dan rendah lemak untuk membantu menjaga berat badan Anda.

Ada beberapa pilihan selai kacang yang bisa Anda jadikan camilan sehat, di antaranya selai kacang mete dan mentega almond.

  • Popcorn

Popcorn terbuat dari biji jagung utuh, jadi ini merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, karena bentuknya yang lembut, popcorn memperlihatkan efek penuhnya setelah makan.

Oleh karena itu, camilan ini sangat cocok untuk konsumsi saat program diet. Jangan lupa untuk menghindari lemak trans dan lemak jenuh saat membuat popcorn agar kesehatan Anda tetap terjaga.

  • Kacang Almond

Almond kaya akan protein, serat, vitamin E dan lemak sehat, menjadikannya camilan sehat untuk diet. Anda bisa memakannya segera setelah dipanggang atau menggunakannya untuk membuat susu almond.

  • Yogurt

Yogurt kaya akan bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, teksturnya yang kental juga memberikan efek kenyang yang lebih baik daripada meminum segelas susu. Pilih yogurt susu rendah lemak yang sesuai dengan program nutrisi Anda. Menambahkan potongan buah segar ke hidangan yogurt juga akan memperkaya nilai gizinya, menjadikannya camilan diet yang sehat.

Jajanan sehat saat ini juga sedang populer, yaitu overnight oats atau campuran yoghurt atau susu dan oat yang direndam semalaman.

Baca juga:

Cara Mendapatkan Pola Makan Sehat, Ikuti 4 Kebiasaan ini!

  • Telur Rebus

Jika Anda penggemar telur rebus, sebaiknya untuk tidak makan lebih dari dua butir telur sehari.

Dua butir telur hanya mengandung 155 kalori dengan 12 gram protein. Selain itu, camilan sehat ini juga berfungsi untuk mencegah nafsu makan berlebihan di waktu makan.

  • Muesli atau granola

Sereal gandum utuh atau muesli sangat bagus untuk Anda makan sebagai camilan diet. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda bisa menyajikannya dengan susu skim dan potongan buah segar untuk memvariasikan rasa dan nilai gizinya.

Jual berbagai makanan ringan pilihan Anda

Jika dirasa jajanan di atas kurang praktis, ada beberapa tempat yang bisa langsung membeli jajanan siap saji yang menawarkan berbagai jajanan pilihan.

Jika Anda suka praktis, Anda bisa membeli jajanan ini secara online. Namun pastikan Anda untuk memilih makanan ringan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.