LifeStyle

Kenali Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak

BantulMedia.com – Berbicara tentang gadget, sepertinya alat yang satu ini tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir semua orang dewasa, remaja, dan anak-anak dapat merasakan manfaat dari keberadaan gawai. Mulai dari mengurangi kebosanan, mempercepat komunikasi.

Kenali Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak

Kenali Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak

Namun, ada banyak keuntungan dan kerugian menggunakan gadget di kalangan anak-anak. Tidak bisa dipungkiri bahwa gadget bisa menghibur dan menemani anak-anak.

Namun, pada sisi negatifnya, gadget juga memiliki beberapa efek negatif yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Agar lebih pintar menggunakan, mari kenali dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak.

Dampak Positif

  1. Menambah Pengetahuan Anak

Menurut penelitian yang diterbitkan Universitas Negeri Medan, penggunaan gadget juga dapat meningkatkan pengetahuan anak. Dengan menggunakan gadget berupa smartphone atau tablet, anak dapat memperluas pengetahuannya tentang banyak hal.

Anak-anak dapat belajar mengenali banyak gambar, font, warna dan suara, hingga bahasa asing yang dikeluarkan oleh perangkat.

  1. Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Kemampuan anak dalam mengolah informasi, mengingat dan menalar, serta berkomunikasi dengan mudah juga dapat meningkat melalui penggunaan perangkat.

Saat bermain dengan aplikasi, misalnya, si kecil dapat memproses informasi dan meneruskannya ke otak untuk diproses atau dianalisis. Hal ini juga berimplikasi pada investigasi, pemikiran strategis, dan keterampilan berpikir kreatif.

  1. Membangun Jiwa Kompetitif

Ketika anak-anak mengakses gadget untuk bermain game, si kecil akan mulai menyadari konsep menang dan kalah. Keadaan ini juga secara otomatis memperkenalkan anak pada konsep perjuangan dan usaha untuk mencapai hasil yang ia inginkan.

  1. Melatih Motorik Fisik Anak

Penggunaan gadget atau smartphone juga dapat melatih otot-otot kecil di pergelangan tangan dan jari-jari tangan. Dengan penggunaan gadget, anak dapat dengan cepat belajar mengoordinasikan gerakan jari dan menggunakan tangannya dengan benar.

Dampak Negatif

  1. Meningkatkan Risiko Obesitas

American Academy of Pediatrics memperkirakan rata-rata anak dapat menghabiskan lebih dari tujuh jam menggunakan perangkat. Ini termasuk menonton, menjelajahi internet, dan bermain video game setiap hari.

Keadaan ini tentu menyebabkan anak lebih banyak duduk daripada aktif bergerak dalam permainan fisik. Saat anak duduk dan menatap layar, anak juga cenderung makan tanpa sadar atau jajan sembarangan.

  1. Insomnia

Anak-anak yang kecanduan bermain gadget bisa kehilangan waktu yang untuk istirahat. Di sisi lain, bermain gadget juga sering menjadi semacam lagu pengantar tidur bagi mereka.

Padahal kebiasaan ini tentu kurang baik jika dilakukan terus menerus. Anak-anak dapat mengalami kecemasan, yang kemudian mempengaruhi kualitas tidur, gangguan tidur bahkan insomnia.

Baca juga:

7 Ide Kegiatan Kreatif yang dapat dilakukan Bersama Anak Selama di Rumah

  1. Fungsi Otak Menurun

Pada masa bayi, otak anak berkembang pesat. Namun, seperti dilansir Parenting Firstcry, gadget terbukti menurunkan fungsi otak pada anak dan menghambat perkembangan otak.

Ketergantungan perangkat anak-anak dapat menyebabkan keterlambatan kognitif, ketidakmampuan belajar, perilaku impulsif, dan penurunan kemampuan pengaturan diri.

Anak-anak juga bisa mengalami keterlambatan bahasa jika terlalu bergantung pada perangkat. Jangan biarkan anak-anak terus bergantung pada perangkat.

  1. Ketegangan Mata

Gadget juga menjadi penyebab utama penyakit mata pada anak. Menggunakan perangkat terlalu sering dapat menyebabkan mata kering menjadi terinfeksi. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas penglihatan mata.

  1. Mengurangi Kualitas Hubungan Sosial

Ketika anak terlalu kecanduan gadget, anak bisa mengalami kemerosotan kualitas pergaulan. Baik dengan orang tua, teman dan kerabat. Bahkan jika anak-anak harus berinteraksi dengan teman-teman seusianya sejak usia muda daripada bermain dengan perangkat.

Kesimpulan

Ternyata Dampak yang timbul akibat bermain gadget beraneka ragam. Sebagai orang tua tentulah Anda harus bijak dalam penggunaan gadget pada anak. Apakah Anda kini lebih paham tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak? Bagaimanapun juga teknologi itu bagai pedang bermata dua. Kecanggihan tidak hanya dapat mempermudah aktivitas sehari-hari, tetapi juga dapat menghadirkan berbagai masalah jika tidak digunakan dengan bijak.