LifeStyle

Panjang Umur dan Tubuh Sehat dengan Diet Mediterania

BantulMedia.com Panjang Umur dan Tubuh Sehat dengan Diet Mediterania – Memiliki tubuh sehat dan berat badan seimbang adalah keinginan banyak orang. Bahkan orang sampai mengeluarkan banyak uang untuk bisa sehat kembali dan terlihat bugar meski usianya tidak muda lagi. Sampai saat ini, banyak penduduk Mediterania, seperti Italia, Yunani dan Spanyol, berusia lebih dari 90 tahun dan tidak memiliki masalah jantung atau saraf. Selain itu, karena ototnya sangat kuat, sehingga mereka dapat bergerak dengan cepat bahkan di usia tua.

Ternyata salah satu rahasianya adalah apa yang mereka makan setiap hari. Diet mereka telah terkenal sebagai diet Mediterania dan telah banyak warga dunia yang menirunya untuk mendapatkan kehidupan yang sangat sehat.

Panjang Umur dan Tubuh Sehat dengan Diet Mediterania

Panjang Umur dan Tubuh Sehat dengan Diet Mediterania

Makanan apa  yang orang Mediterania konsumsi? Diet Mediterania sebenarnya bervariasi menurut wilayah dan negara. Tapi secara umum, dan setiap hari, mereka makan makanan ini:

 Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan Segar dalam Porsi Besar

Makan banyak sayuran dan buah-buahan segar dapat membantu diet sehat ini. Sayuran segar ini bisa setengah matang atau mentah tanpa Anda masak terlebih dahulu.

Pilih Lemak dan Minyak  yang Sehat untuk Tubuh Anda.

Minyak zaitun adalah minyak sehat yang  mengandung lemak nabati dan polifenol dan selalu menjadi bagian penting dari diet Mediterania. Biasanya, satu sendok teh minyak zaitun dapat Anda campur dengan sayuran dan buah-buahan segar.

Selalu Siapkan Kacang-kacangan, Biji-bijian dan Polong-polongan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber serat dan protein yang sangat penting. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung lemak nabati dan antioksidan.

Ganti Daging dengan Ikan dan Telur.

Asupan daging tidak dilarang dalam diet Mediterania, tetapi nutrisi hewani yang tubuh butuhkan berfokus pada ikan dan telur yang tinggi protein, rendah lemak.

Konsumsi Produk Susu.

Susu cair dalam bentuk keju, kefir, atau yogurt digunakan untuk pencernaan dan mengamankan bakteri baik di saluran pencernaan.

Porsi Seimbang dari Produk Gandum Utuh dan Makanan pokok.

Asupan karbohidrat penting untuk tubuh. Oleh karena itu, dalam diet Mediterania, karbohidrat dapat diperoleh dari  produk gandum utuh seperti roti, pasta, dan quinoa.

Wajib Minum Air Mineral . Kopi dan Minuman Herbal juga Merupakan Suplemen Makanan yang Penting.

Air mineral sangat Anda perlukan tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga untuk melancarkan pencernaan dan menyediakan energi.

Namun, minum air mineral saja tidak cukup. Orang-orang di Mediterania minum espresso setelah makan untuk membantu pencernaan. Beberapa orang Afrika Utara mengganti espresso dengan teh hijau atau teh herbal.

Jika Anda mengikuti diet Mediterania, itu bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Diet ini mengutamakan  antioksidan, vitamin, sayuran kaya serat, buah-buahan, dan biji-bijian.

Baca juga:

Cara Memulai Diet Keto Yang Aman Untuk Pemula

Makan serat  memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah, sehingga menghindari diabetes tipe 2 (kadar gula darah lebih tinggi karena kadar insulin dalam tubuh lebih rendah).

Rendahnya asupan lemak jenuh pada daging tanpa lemak dan tingginya asupan minyak zaitun dapat menyebabkan kandungannya menyerap lemak jahat yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan pembuluh darah, stroke, jantung, bahkan penyakit alzheimer.

Nutrisi dalam diet Mediterania juga dapat mengurangi risiko kelemahan dan kerusaan otot yang umum terjadi pada orang tua, sehingga Anda akan tetap lincah meski sudah kakek-nenek.

Konsumsi Wine

Dengan semua manfaat ini, diet Mediterania dipercaya dapat memperpanjang umur. Dan faktanya, banyak orang Mediterania berumur panjang dan hidup. Rahasia lain sebenarnya adalah konsumsi orang Mediterania, yang memungkinkan mereka menjalani hidup sehat, yaitu minum wine secara teratur.

Satu cangkir sehari untuk wanita dan dua cangkir sehari untuk pria. Minum wine dalam jumlah ini setiap hari sebenarnya merangsang tubuh untuk menyerap flavonoid (pemulung radikal bebas) lebih optimal untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung.

Ingatlah bahwa sifat unik ini bisa Anda dapatkan dalam tubuh hanya ketika mengonsumsi wine dengan dosis ini, bukan wine lainnya. Oleh karena itu, kami tidak menganjurkan konsumsi wine kepada mereka yang tidak dapat mengontrol konsumsinya. Jika Anda tidak bisa minum wine, gantilah dengan teh.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah diet ini bisa menurunkan berat badan? Orang-orang yang tinggal di sekitar Mediterania, seperti pulau-pulau Yunani, memiliki berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat. Tapi semua ini tidak hanya mereka dapatkan melalui makanan.

Mereka naik turun bukit setiap hari, menggembalakan sapi dan kebun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, aktivitas fisik juga memainkan peran penting dalam kehidupan sehat penduduk Mediterania.

Kesimpulan

Banyaknya manfaat dari artikel – Panjang Umur dan Tubuh Sehat dengan Diet Mediterania – bisa menjadi referensi Anda untuk memulai diet Mediterania. Ada baiknya Anda konsultasikan juga dengan ahli gizi Anda sebelum memulai diet ini.

Selamat mencoba