LifeStyle

Diet Militer, Diet Sehat Kekinian – Apakah Anda Sudah Coba?

BantulMedia.com – Banyak diet sehat yang dibuat dan dipopulerkan oleh banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tentunya berat badan yang pas. Beberapa contoh seperti DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), Diet Ketogenik, Diet Paleo, dan Diet Militer mungkin bisa menjadi pilihan yang bisa Anda coba.

Diet Militer, Diet Sehat Kekinian - Apakah Anda Sudah Coba?

Diet Militer, Diet Sehat Kekinian – Apakah Anda Sudah Coba?

Anda mungkin sudah familiar dengan diet Dash, Ketogenic, dan  Paleo, tapi bagaimana dengan diet militer?

Apa itu diet militer?

Diet militer adalah jenis baru dari diet sehat  yang terinspirasi oleh bagaimana tentara menjaga pola makan dan gaya hidup Militer untuk menjaga berat badan dan kesehatan.

Itulah sebabnya banyak prajurit memiliki tubuh yang atletis dan sehat untuk mencegah mereka dari sakit atau lelah bahkan dalam situasi yang ekstrim.

Diet militer berfokus pada proses pembatasan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh agar tidak menyebabkan penambahan berat badan.

Diet ini terbagi menjadi dua fase,  fase 3 hari dan fase 4 hari. Pada fase ini, makan makanan dengan jumlah kalori terbatas selama 3 hari pertama dan kemudian makan makanan yang sehat untuk 4 hari berikutnya. Kedengarannya mudah, kan?

Selain itu, diet ini membantu mengontrol nafsu makan, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kapasitas metabolisme tubuh.

Namun, para ahli menyarankan untuk tidak mengadaptasi jenis diet ini selama sebulan. Hal ini karena menyebabkan kekurangan kalori yang berujung pada penurunan kebugaran jasmani.

Baca juga:

Inilah Minuman Sehat Yang Bisa Anda Konsumsi Selama Diet

Bagaimana saya bisa mendapatkan makanan militer?

Seperti disebutkan sebelumnya, diet militer dilakukan dalam dua tahap penting: fase 3 hari dan fase 4 hari. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana kedua fase tersebut dapat Anda terapkan dalam pola makan yang sehat?

Untuk melakukan ini, coba ikuti beberapa saran di bawah ini.

  • Anda harus membatasi jumlah kalori yang bisa masuk ke dalam tubuh Anda dalam tiga hari menjadi 8001.100 kalori per hari, termasuk diet sehat dan konsumsi daging setiap hari.
  • Selain itu, Anda dapat membakar hingga 1.500 kalori per hari selama empat hari ke depan. Ini termasuk berbagai diet sehat dan makanan ringan. Diet ini tidak menyarankan makan daging olahan, junk food atau makanan cepat saji. Makan banyak sayuran dan kacang-kacangan. Minumannya antara lain teh hijau, teh herbal, dan tentu saja air putih. Lanjutkan fase ini sampai Anda mencapai berat badan yang diinginkan.

Diet Plan Ala diet militer (Military Diet)

Tentunya jika Anda sudah mengetahui dasar dan latar belakang diet ini, Anda perlu mengetahui diet plat apa saja yang bisa Anda berikan selama menjalani diet ini. Diet Plan ini tidak hanya berdasarkan pada diet sehat, tetapi juga pada makanan kaya nutrisi dan energi untuk membantu Anda tetap aktif selama diet.

diet plan

Plan Hari-1:

 Sarapan: Irisan roti dengan selai kacang, 1/2 anggur, kopi atau teh

 Makan siang: irisan roti panggang, 1/2 cangkir tuna, kopi atau teh

 Makan malam: 3 ons bacon, 1/2 pisang, 1 apel, 1 cangkir kacang hijau, 1 cangkir es krim vanila

 Plan hari ke-2:

 Sarapan: 1  roti panggang, 1 pisang,  1 telur rebus.  Makan siang: 1 butir telur, 5 kue, 1 cangkir keju cottage

 Makan malam: 2 hot dog (dengan atau tanpa roti), 1/2 pisang, 1 cangkir brokoli, 1 cangkir es krim vanilla

Plan Hari ke- 3:

 Sarapan: 1  keju cheddar, 1 apel,  5 biskuit. Makan siang: 1 potong roti panggang, 1 telur rebus

 Makan malam: 1 cangkir tuna, 1/2 cangkir pisang, 1 cangkir es krim vanilla

Plan Hari ke 4-7:

 Ini mengkonsumsi sekitar 1.500 kalori per hari. Hindari makanan tidak sehat, termasuk lemak tidak sehat dan makanan olahan.

 Apa yang harus Anda perhatikan dalam diet militer?

Sebelum memulai diet ini, ada beberapa petunjuk yang harus Anda ikuti agar kesehatan Anda tidak terpengaruh oleh diet ini:

  • Diet militer ini membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat dan harus diikuti secara teratur, tetapi jika Anda berhenti, berat badan Anda  akan bertambah sedikit.
  • Kami tidak menyarankan melakukan ini lebih dari 3 minggu, karena dapat membahayakan kesehatan Anda.
  • Diet ini juga akan memakan makanan olahan yang  tidak baik untuk kesehatan Anda.
  • Jika Anda mengikuti diet ini, tubuh Anda mungkin bereaksi dengan membuat Anda kelaparan, sehingga secara perlahan membakar kalori dan lemak.
  • Cari pertolongan medis jika Anda sakit atau memiliki  kebutuhan khusus dan ingin melanjutkan diet ini.

Kesimpulan

Banyak orang  mencoba jenis diet ini dan mengatakan bahwa mereka kehilangan rata-rata 4 kg (10 pon)  seminggu. Namun sebelum memulainya sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi Anda.

Silakan coba.