LifeStyle

Berikut Daftar Makanan Pencegah Penyakit Kanker, Ada Minyak Ikan Juga!

BantulMedia.com – Di Indonesia, kanker merupakan jenis penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Tidak sedikit yang percaya bahwa kanker adalah tanda akhir kehidupan. Anggapan ini tumbuh dan menjadi fobia tersendiri di masyarakat. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena menurut WHO, kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar dengan 8,8 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2015. Pakar kesehatan memprediksi jumlah ini akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Inilah Daftar Makanan Pencegah Kanker, Ada Minyak Ikan Juga!

Berikut Daftar Makanan Pencegah Kanker, Ada Minyak Ikan Juga!

Jadi apa sebenarnya kanker itu? Kanker adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tak terkendali dan menyerang jaringan sel lain. Sel-sel ini kemudian Dokter sebut sebagai sel kanker. Mereka menyebar melalui darah dan sistem getah bening. Nama kanker umumnya berasal dari tempat tumbuhnya sel kanker, misalnya jika sel kanker tumbuh di otak maka disebut kanker otak. Beberapa jenis kanker yang dikenal dalam dunia kesehatan antara lain: karsinoma, sarkoma, leukemia, limfoma (mieloma), dan kanker susunan saraf pusat.

Meski begitu, Anda tidak perlu takut dengan penyakit kanker dan akibatnya bagi tubuh Anda. Anda kini bisa memulainya dengan olahraga teratur, tidur yang cukup dan tentunya mengonsumsi makanan bergizi yang memiliki manfaat mencegah berkembangnya sel kanker. Apa saja makanan pencegah kanker yang ada? Yuk cari tahu dan lengkapi ilmumu di artikel ini!

Makanan Pencegah Kanker

Banyak yang menyebutkan bahwa sel kanker tumbuh karena pola makan yang buruk. Selain itu, kurangnya pengetahuan tentang makanan karsinogenik dan pencegah kanker menjadi penyebab lain banyaknya penderita kanker di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman pencegah kanker untuk dimakan dan dimasukkan dalam menu sehat Anda.

  • Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna-warni mengandung banyak nutrisi yang dapat mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan (termasuk buah beri) adalah pilihan terbaik untuk mencegah kanker.

Selain itu, jadikan sayuran silangan sebagai pilihan pencegahan kanker Anda. Sayuran cruciferous termasuk berbagai sayuran seperti arugula, pak choi, brokoli, kembang kol, selada, cauliflower,  terong ungu, sawi hijau, dan kale. Berbagai sayuran ini mengandung glutathione. Kandungan ini sangat terkenal sebagai antioksidan utama yang biasanya untuk melawan sel kanker dan melindungi struktur DNA sel. Tidak hanya itu, sayuran cruciferous juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

  • Minyak Ikan

Minyak ikan juga dapat membantu Anda mencegah kanker karena jenis minyak ini tinggi omega-3, yang bertindak sebagai zat anti-inflamasi dalam tubuh. Proses peradangan di dalam tubuh ini bisa memicu sel kanker membelah diri.

Selain itu, minyak ikan juga tinggi vitamin A yang membantu melawan dan membunuh sel kanker dalam tubuh. Beberapa jenis kanker yang terbukti dapat dicegah dengan minyak ikan adalah kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.

  • Bumbu Masak dan Tanaman Herbal

Sudah lama diketahui bahwa ada banyak jenis bumbu masak dan rempah yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Kunyit, misalnya, mengandung kurkumin, yang mengurangi ukuran tumor dan membantu melawan kanker payudara dan usus besar.

Selain kunyit, beberapa bumbu dan rempah alami yang baik untuk kanker adalah jahe, bawang putih mentah, daun thyme, cabai rawit, oregano, kemangi, dan peterseli.

  • Kacang & Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan dua makanan yang juga baik untuk mencegah atau mengurangi sel kanker dalam tubuh. Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung antioksidan tingkat tinggi yang melindungi sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas.

Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung fitokimia yang melindungi dinding sel dari kerusakan. Kerusakan dinding sel ini umumnya mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

  • Teh hijau

Anda mungkin sudah tahu bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi. Teh hijau mengandung antioksidan tingkat tinggi yang membantu melawan radikal bebas yang dapat mempengaruhi bentuk dan struktur DNA seluler.

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa polifenol, katekin, gallocatechin, dan EGCG, yang memperkuat dinding sel dan melindunginya dari kerusakan yang memengaruhi pertumbuhan sel kanker abnormal di tubuh Anda.

Baca juga:

Efek Samping Dari Kopi dan Teh Yang Harus Anda Tahu

  • Produk Fermentasi Susu

Keju, yogurt, kefir, dan produk susu fermentasi lainnya juga baik untuk mencegah penyebaran sel kanker di tubuh Anda. Produk Susu Berbudaya ini kaya akan bakteri baik. Probiotik yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan organ metabolisme seperti lambung, usus dan kerongkongan.

Selain itu, produk susu yang dibudidayakan juga menghasilkan protein belerang dan lemak jenuh, yang berguna dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

  • Healthy Unrefined Oil

Tahukah Anda bahwa sebagian besar minyak goreng yang Anda gunakan adalah minyak olahan yang dapat menyebabkan sel kanker di tubuh Anda? Lemak trans dalam minyak olahan merusak dinding sel dan dengan demikian memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Untungnya, Anda dapat menggantinya dengan minyak mentah seperti Virgin Coconut Oil atau Olive Oil, yang bebas dari lemak trans dan tinggi lemak jenuh untuk membantu mencegah dan melawan sel kanker.

Kanker adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan dan pola makan yang tidak sehat. Mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda dan membebaskan Anda dari ancaman penyakit kanker yang mematikan. Anda juga bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang sudah teruji untuk mencegah dan melawan sel kanker di dalam tubuh.

Mulailah gaya hidup sehat dan nikmati hidup tanpa kanker fatal!