LifeStyle

Manfaat dan Keuntungan Punya Asuransi Perjalanan

BantulMedia.comManfaat dan Keuntungan Punya Asuransi Perjalanan – Bagi mereka yang ingin bepergian, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mendapatkan asuransi perjalanan. Mendapatkan asuransi perjalanan seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Namun, perlu diketahui juga bahwa produk ini memiliki beberapa keunggulan untuk Anda.

Siapa yang sering kesini? Domestik atau Luar Negeri? Sahabat Attitudes yang sering membeli tiket perjalanan langsung di website penyedia layanan pemesanan tiket online, perlu diketahui bahwa perusahaan penyedia telah menawarkan opsi tambahan untuk mengambil asuransi perjalanan dalam beberapa tahun terakhir.

Seberapa sering Anda memilih opsi ini? Dia mengaku suka bepergian, tetapi dia tidak tahu apa-apa tentang asuransi perjalanan. Baik perjalanan bisnis maupun liburan, tentunya kita menginginkan perjalanan yang aman, selamat dan tenang saat melakukan perjalanan. Bagi Anda yang menganggap asuransi perjalanan tidak penting, mari kita simak bersama-sama terlebih dahulu.

Manfaat dan Keuntungan Punya Asuransi Perjalanan

Apa itu Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama kita melakukan perjalanan di dalam dan luar negeri. Jadi Anda masih bisa bepergian dengan tenang. Apalagi dalam situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Saya membeli tiket jauh-jauh hari sampai negara tujuan sakit atau parah, perjalanan harus dibatalkan di tempat tujuan karena satu dan lain hal.

Setidaknya jika Anda sudah memiliki asuransi perjalanan, jangan terlalu banyak menangis karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi.

Beberapa orang mungkin belum familiar dengan asuransi perjalanan, namun di beberapa negara di dunia para pelancong atau pendatang bahkan mungkin perlu mengambil asuransi perjalanan, misalnya negara-negara di Eropa dan Amerika. Asuransi perjalanan ini tidaklah mahal, Sobat, ini adalah sebagian kecil dari total biaya perjalanan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Secangkir kopi yang Anda beli di bandara atau stasiun kereta bahkan lebih mahal. Preminya relatif rendah, ada perusahaan asuransi yang menawarkan premi mulai dari Rp. 15.000, tergantung pada cakupan yang diinginkan, durasi dan tujuan perjalanan.

Keuntungan Asuransi Perjalanan

Apa keuntungan dari asuransi perjalanan? Pada prinsipnya, asuransi perjalanan menawarkan jasa berupa asuransi terhadap biaya pengobatan bagi wisatawan selama perjalanan. Jika masih ada yang kurang, ada beberapa tambahan premi yang bisa Anda pilih untuk ditanggung. Misalnya, perlindungan terhadap keterlambatan/kehilangan bagasi, penundaan rencana perjalanan hingga pembatalan penerbangan, perlindungan apartemen selama perjalanan jauh dari rumah.

Ada dua jenis asuransi perjalanan yang umumnya ditawarkan, yang pertama adalah program perjalanan tunggal, yang dapat menjamin perjalanan untuk jangka waktu tertentu (biasanya mencakup maksimal 180 hari per perjalanan). Ada juga program tahunan yaitu program asuransi yang dapat mengcover atau menjamin setiap perjalanan selama maksimal 90 (sembilan puluh) hari/perjalanan sepanjang tahun.

Sekali lagi, imbalan dan tanggungan yang Anda terima bervariasi tergantung pada perusahaan dan paket yang kami pilih.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada hal-hal yang tidak ditanggung oleh asuransi perjalanan, misalnya jika negara tujuan adalah negara yang tidak aman atau telah menerima pemberitahuan tujuan perjalanan yang tidak sesuai dari pemerintah, baik karena bencana alam maupun terorisme.

Untuk mengajukan/mengambil asuransi perjalanan ini, umumnya Anda harus memenuhi beberapa syarat:

  • Fotokopi/scan KTP

  • Formulir Permohonan Asuransi

  • Fotokopi paspor (untuk perjalanan ke luar negeri)

  • Batas usia 1-80 tahun

 

Manfaat dan Keuntungan Punya Asuransi Perjalanan – Proses penarikan dana atau memperoleh asuransi dibagi menjadi dua skema. Regulasi pertama ketika perusahaan asuransi terintegrasi ke dalam global provider. Misalnya, jika Anda mengalami kecelakaan di tempat tujuan, Anda hanya perlu menunjukkan asuransi ke rumah sakit.

Tetapi tidak semua perusahaan asuransi menawarkan ini. Dengan pengaturan kedua, jika terjadi kecelakaan di tempat tujuan Anda, Anda dapat dirawat terlebih dahulu di lokasi ini, kemudian Anda dapat meminta surat keterangan medis sebagai bukti penegasan klaim dari perusahaan asuransi di tempat asal Anda.

Bagi Anda yang suka bepergian dalam dan luar negeri, Anda wajib membeli asuransi perjalanan setiap kali bepergian. Baik hanya di dalam negeri atau di seluruh Asia, kita tidak pernah tahu apa risikonya. Persiapkan asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum perjalanan Anda, jangan bepergian ke tujuan baru Anda secara gratis untuk mengajukan asuransi.

Anda harus selalu ingat untuk membaca polis dengan seksama dan memahami hak dan kewajiban Anda sebelum memutuskan asuransi perjalanan.

Bagi Anda yang sudah merencanakan perjalanan nantinya, berikut 5 alasan mengapa Anda harus mendapatkan asuransi perjalanan. Apa pun? Yuk, cari tahu ratingnya berikut ini!

Manfaat dan Keuntungan Punya Asuransi Perjalanan

Kompensasi untuk penundaan atau pembatalan perjalanan

Penundaan atau pembatalan jadwal penerbangan merupakan hal yang biasa terjadi di beberapa maskapai. Tentu hal ini sangat tidak nyaman bagi sebagian orang. Apalagi bagi Anda yang terburu-buru, kondisi ini jelas menimbulkan kerugian.

Anda tidak hanya kehilangan waktu, tetapi juga biaya yang dikeluarkan. Sebagai solusinya, cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan pertanggungan jika penerbangan Anda kemudian ditunda atau dibatalkan.

Kehilangan atau kerusakan bagasi

Alasan kedua asuransi perjalanan penting adalah untuk memberikan ganti rugi jika barang bawaan Anda rusak atau bahkan hilang. Pasalnya, hal ini sudah terjadi berkali-kali dan Anda bisa kalah. Jika Anda memiliki asuransi perjalanan, asuransi akan memberikan kompensasi kepada Anda nanti. Dalam hal ini, segera ajukan klaim dan dapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi. Sangat membantu, bukan?

Membiayai dokumen perjalanan yang hilang

Dokumen perjalanan seperti paspor seringkali berserakan bahkan hilang. Risiko kehilangan paspor Anda bukanlah lelucon karena semua pengaturan perjalanan menggunakan dokumen ini.

Dalam polis, asuransi perjalanan biasanya menawarkan untuk menerbitkan paspor, tiket, dan dokumen perjalanan lainnya yang hilang karena berbagai kondisi. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan asuransi perjalanan sebelum berangkat.

Asumsi biaya perawatan medis

Siapa sangka seseorang bisa sakit saat bepergian? Kondisi ini tidak bisa dihindari, terutama jika Anda lelah atau kesulitan menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca setempat. Mau tidak mau, Anda juga akan membutuhkan perawatan medis untuk memperbaiki kondisi Anda. Memiliki asuransi perjalanan domestik atau asuransi perjalanan internasional dapat membantu menutupi biaya perawatan medis yang harus dibayar.

Perlindungan terhadap risiko kematian

Tidak ada yang tahu kapan harus menghadapi kematian. Ini bisa terjadi saat bepergian. Asuransi jenis ini juga menjadi solusi bagi keluarga yang ditinggalkan karena biaya asuransi yang dibayarkan.

Baca Juga :

Tipe Asuransi yang Harus Dimiliki Saat Ini | Penjelasannya

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa informasi alasan kenapa kamu harus punya asuransi perjalanan.