LifeStyle

Teh Kombucha, Teh Fermentasi Yang Kaya Manfaat

BantulMedia.com Teh Kombucha, Teh Fermentasi Yang Kaya Manfaat – Kebanyakan orang menghabiskan waktu santainya dengan jamuan minum teh. Teh adalah minuman favorit banyak orang. Rasanya yang menyegarkan dan manfaat tubuh yang luar biasa menjadikan teh salah satu minuman paling populer di Indonesia.

Oleh sebab itu, banyak produsen  memproduksi dan menjual berbagai jenis teh, termasuk teh celup, teh hitam, dan teh hijau. Bahkan, Indonesia kini memiliki varietas baru yang disebut teh Kombucha (kombucha tea).

Teh Kombucha, Teh Fermentasi Yang Kaya Manfaat

Teh Kombucha, Teh Fermentasi Yang Kaya Manfaat

 Teh kombucha menjadi semakin populer di Indonesia karena karakteristiknya. Apa sebenarnya kombucha dan apa manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Teh Kombucha?

Sebelumnya pernahkah Anda mendengar tentang Kombucha? Minuman ini merupakan teh fermentasi dengan rasa pedas, asam dan aroma seperti cuka. Kedengarannya aneh, tetapi ada banyak  manfaat teh kombucha yang bisa Anda dapatkan dengan meminumnya secara teratur.

Kombucha sudah ada di China sejak 2000 tahun yang lalu. Namun penyebarannya di Indonesia baru terjadi beberapa tahun lalu. ombucha sangat populer di dataran Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan dan China. Masyarakat di sana percaya bahwa konsumsi kombucha secara teratur dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan.

Teh ini dibuat melalui proses fermentasi dan karena itu mengandung asam, bakteri dan alkohol.  Senyawa ini menciptakan banyak manfaat fisik dari Kombucha

Kata “Kombucha” berasal dari nama jamur yang menjadi sumber minuman jenis ini. Kombucha adalah hasil fermentasi larutan teh, gula dan ragi selama lebih dari seminggu.

Banyak orang menyebut minuman ini  teh jamur. Ini karena bahan-bahannya harus “berjamur” selama proses pembuatannya. Jamur ini adalah Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp. Selain itu, terdapat juga tambahan mikroorganisme starter berupa Acetobacter xylinum.

Baca juga:

Khasiat Teh Tawar Sebagai Minuman Pendamping Nasi

Proses Fermentasi Teh Kombucha

Dalam pembuatan proses fermentasi Kombucha akan memakan waktu sekitas 8-12 hari pada suhu 2 derajat Celcius.  Namun, fermentasi terjadi lebih cepat di lingkungan dengan suhu  tinggi. Waktu fermentasi mempengaruhi kualitas fisik, kandungan dan rasa teh.

Jika prosesnya berhasil, teh akan mengandung berbagai zat seperti asam asetat, asam folat, asam dan alkohol. Oleh karena itu, teh ini memiliki sifat antioksidan dan antibakteri saat Anda konsumsi.

Manfaat Teh Kombucha

  1. Untuk Pencernaan

Kandungan antioksidan dan probiotik teh rumput laut dapat meningkatkan sistem pencernaan. Zat ini membantu melawan bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa bahan-bahan ini  membantu  menghilangkan zat beracun dari hati.  Kombucha hanya harus melalui proses pasteurisasi sebelum menyingkirkan bakteri berbahaya lainnya.

2. Melindungi Tubuh Anda dari Kanker

Teh rumput laut kaya akan polifenol teh dan antioksidan.  Oleh karena itu, minuman ini konon dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Ini  dapat memblokir mutasi gen dan pertumbuhan sel kanker, berkat polifenol yang dikandungnya. Namun, efek melawan kanker dari teh rumput laut memerlukan penelitian lebih lanjut agar terbukti secara klinis aman.

  1. Manfaat Kombucha Untuk Menurunkan Gula Darah

Sebuah studi pada tikus diabetes menemukan bahwa kombucha bisa memperlambat pencernaan karbohidrat, mengakibatkan kadar gula darah turun.

Pada akhirnya, ini akan membantu menaikkan fungsi organ misalnya hati & ginjal. Sebagai catatan, varietas kombucha terbaik untuk penderita diabetes merupakan yang terbuat berdasarkan teh hijau.

Hal ini karena, sebuah penelitian terhadap hampir 300.000 orang menemukan bahwa peminum teh hijau mempunyai risiko 18% lebih rendah terkena diabetes.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung & ginjal

Penyakit jantung adalah penyakit yang banyak menjadi penyebab generik kematian pada semua dunia.

Sebuah penelitian pada hewan di laboratorium memperlihatkan bahwa kombucha bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL). Oleh sebab itu, kombucha bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, minuman ini mengandung antioksidan yang tingg dan baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

  1. Membunuh bakteri jahat

Salah satu zat primer yg didapatkan pada fermentasi kombucha merupakan asam asetat, seperti yang ditemukan pada cuka. Seperti polifenol pada teh, asam asetat sanggup membunuh banyak mikroorganisme yang berpotensi berbahaya.

Kombucha mempunyai sifat antibakteri yang kuat, terutama terhadap fungi dan bakteri penyebab infeksi. Efek antimikroba ini menekan pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya tanpa mensugesti bakteri probiotik yang menguntungkan.

  1. Membakar Kalori

Teh Kombucha mengandung banyak senyawa bioaktif misalnya polifenol yang berperan menjadi antioksidan bertenaga pada tubuh. Oleh karena itu, kombucha yang terbuat dari bahan ini mengandung senyawa tanaman dan manfaat yang sama.

Salah satu keuntungannya adalah membakar lebih banyak kalori, mengurangi lemak perut, mengontrol gula darah, dan masih banyak lagi.

Manfaat ini tentunya akan sangat membantu Anda yang sedang menjalani acara diet penurunan berat badan.

  1. Memiliki Efek Menenangkan

Terakhir, kombucha mempunyai efek menenangkan dalam tubuh berkat sifat anti-inflamasinya. Oleh karena itu, konsumsinya dikatakan baik buat menaikkan kesehatan mental. Anda dapat meminumnya pada sore hari sehabis seharian beraktivitas.

Hanya perlu penelitian lebih lanjut mengenai efektivitasnya dalam penderita depresi.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Minum Teh Kombucha

Meskipun kaya akan manfaat, Anda wajib tahu efek samping dari minum kombucha. Apalagi bila Anda menciptakan teh fermentasi ini sendiri di rumah.

Kesalahan pada proses pembuatannya bisa menyebabkan kombucha tercemar bakteri berbahaya, yang bisa mengakibatkan keracunan. Selain itu, proses fermentasi alami Kombucha mengakibatkan keluarnya kandungan alkohol dalam minuman ini.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa risiko yang mungkin saat Anda meminumnya:

  • Menyebabkan asidosis metabolik bila Anda minum terlalu banyak.
  • Kafein di dalamnya buruk untuk penderita diare dan sindrom iritasi usus besar.
  • Tidak cocok untuk ibu hamil dan anak-anak karena mengandung alkohol.
  • Menyebabkan infeksi dan alergi bagi Anda yang intolerir bakteri yang dikandungnya.
  • Menimbulkan efek samping misalnya sakit kepala dan mual bila minum terlalu banyak.

 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas mengenai – Teh Kombucha, Teh Fermentasi Yang Kaya Manfaat – Anda dapat mengetahui banyak manfaat dari teh unik Kombucha ini.

Nikmati kebaikan alami  kombucha dan jaga kesehatan dan kekebalan tubuh Anda dan keluarga.