LifeStyle

Tips Mengatur Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

BantulMedia.com – Bukan rahasia lagi bahwa diabetes tipe 2 merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat di Indonesia dan dunia. Penyakit ini dianggap sebagai penyebab kematian kedelapan di dunia. Di Indonesia sendiri, penderita diabetes diperkirakan 10 juta orang berusia 20 hingga 79 tahun (data dari International Diabetes Federation). Angka itu pasti akan terus meningkat karena masih banyak masyarakat Indonesia yang pasif dan tidak sadar akan bahaya diabetes tipe 2.

Tips Mengatur Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

Tips Mengatur Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

Apa sebenarnya diabetes itu? Diabetes adalah ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin yang cukup untuk mencerna kadar gula yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, penting bagi penderita diabetes tipe 2 untuk menjaga dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Mengontrol gula darah secara luas dipandang sebagai jalan keluar untuk menyembuhkan diabetes.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Penderita Diabetes:

  1. Perubahan Pola Makan

Faktor terbesar yang berkontribusi pada seseorang menderita diabetes adalah polanya yang cenderung acak dan acak. Makan diet “tidak masuk akal” menyebabkan kadar gula darah meningkat, yang membuat diabetes tipe 2 Anda lebih buruk. Karena itu, perubahan pola makan juga akan menentukan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Diet yang tepat dalam makanan dapat meningkatkan sekresi insulin dan menurunkan resistensi insulin tubuh.

Jaga porsi Anda dengan mengisi setengah piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran dan setengah lainnya dengan protein rendah lemak dan biji-bijian. Perhatikan juga pilihan karbohidrat dalam diet Anda. Mengapa? Karena karbohidrat diubah menjadi glukosa (gula) setelah dikonsumsi, penting untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik (Olahraga)

Faktanya, gaya hidup sedentary dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuannya untuk memproduksi insulin. Selain itu, jika Anda makan tidak teratur, akumulasi kalori akan meningkat dan kadar gula darah akan terus meningkat seiring waktu.

Karena itu, olahraga teratur dapat mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan cara kerja insulin dalam tubuh Anda. Aktivitas fisik yang sebaiknya adalah 30 menit sehari, lima kali seminggu, aktivitas aerobik intensitas sedang. Kegiatan yang dianggap aerobik intensitas sedang termasuk berjalan, jogging, dan bersepeda. Olahraga tidak hanya mengobati diabetes, tetapi dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular, menurunkan kolesterol, dan lain-lain.

Baca juga:

Penjelasan Lengkap Tentang Fase Pradiabetes dan Cara Mengobatinya

  1. Pastikan Istirahat Yang Cukup

Tidak dapat disangkal bahwa istirahat atau tidur yang cukup adalah hal sederhana yang dapat berdampak besar pada perkembangan diabetes tipe 2 Anda. Saat tidur atau istirahat, proses regenerasi sel tubuh dan pemulihan organ tubuh berlangsung dengan baik. Karena itu, jika Anda cukup tidur, Anda akan merasa segar kembali untuk beraktivitas.

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebagai prioritas Anda. Diketahui juga bahwa tidur membantu tubuh memproduksi lebih banyak insulin daripada biasanya. Selain itu, tidur yang cukup juga memastikan hormon dan fungsi otak berfungsi lebih baik.

Kesimpulan

Itulah Tips Mengatur Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2 – kita harus Menjaga pola makan agar badan tetap sehat dan memiliki tenaga yang cukup untuk ber aktifitas, istirahat yang cukup, olahraga, dan Jaga selalu pola hidup anda agar terhidar dari bebagai jenis penyakit agar hidup anda selalu sehat aman dan nyaman. begitulah tips dari BantulMedia semoga Bermanfaat.