LifeStyle

Tips Menghilangkan Rasa Gelisah Yang Wajib Anda Ketahui

BantulMedia.comTips Menghilangkan Rasa Gelisah Yang Wajib Anda Ketahui – Aktivitas yang Anda lakukan dengan segala beban pikiran tentu akan mempengaruhi mood Anda. Anda bisa berubah mood seketika apabila ada hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman.

Tips Menghilangkan Rasa Gelisah Yang Wajib Anda Ketahui

Tips Menghilangkan Rasa Gelisah Yang Wajib Anda Ketahui

Saat pikiran gelisah, tentunya akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Tentu saja hal ini juga dapat menurunkan produktivitas. Selain itu, manajemen yang tidak tepat dapat menyebabkan stres dan depresi. Untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa cara untuk menenangkan pikiran saat Anda gelisah.

1. Cobalah Untuk Atur Nafas

Hal termudah dan sederhana adalah mengatur napas. Cobalah Anda duduk dan condongkan tubuh ke belakang dan rileks lalu letakkan tangan Anda di perut dan dada. Atur napas saat Anda merasakan perut dan dada bergerak naik turun. Bernapaslah perlahan dan rasakan hembusan napas yang keluar. Pikiran Anda perlahan akan tenang.

2. Olahraga

Olahraga dapat melepaskan endorfin yang berperan penting dalam meningkatkan konsentrasi, tidur, dan kualitas tidur. Oleh karena itu, untuk menenangkan hati, Anda bisa berolahraga minimal 5 menit misalnya dengan aktif berjalan atau olahraga lainnya.

3. Dengarkan Musik

Amygdala adalah bagian otak yang berbentuk seperti almond sebagai respons terhadap rasa takut. Oleh karena itu, mendengarkan musik dapat mereda neuron yang bekerja di amygdala. Jadi mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menenangkan diri Anda saat Anda merasa gelisah.

4. Bantu Orang Lain

Membantu orang lain adalah cara yang menenangkan. Mengapa? Karena ada reaksi menyenangkan dalam jiwa ketika bisa membantu seseorang  yang membutuhkan. Keadaan pikiran yang bahagia meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Ketika kita membantu orang lain dan orang tersebut bahagia karenanya, melihat orang tersebut tersenyum secara otomatis akan membuat hati Anda menjadi tenang.

5. Menikmati Alam

Cara menenangkan pikiran selanjutnya adalah dengan menikmati alam. Percaya atau tidak, Anda akan lebih produktif dalam lingkungan yang hijau. Hal ini karena menikmati alam akan membuat pikiran lebih segar dan jernih.

Fakta dari metode ini telah terbukti pada anak dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Seperti dikutip dari  Chadd.org, Anak-anak yang menderita kondisi ini biasanya mengalami kesulitan memfokuskan atau memusatkan perhatian mereka dan cenderung lebih aktif dan impulsif. Menikmati alam membuatnya lebih berkonsentrasi.

6. Berkebun

Bercocok tanam atau berkebun merupakan kegiatan yang mampu membuat Anda menjadi tenang. Karena perawatan tanaman melibatkan kontak langsung dengan tanah yang mengandung mikroorganisme. Jadi, dengan bantuan mikroorganisme, Anda dapat memperbaiki suasana hati yang gelisah.

7. Buatlah Sebuah Karya

Anda dapat membuat kreasi beraneka ragam untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa gelisah. Mulailah dengan memasak, merajut, mewarnai, menjahit, atau aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian. Dengan cara ini, hindari pikiran buruk yang bisa membuat  gelisah.

Baca juga:

6 Cara Membuat Hati Tenang | Anti Galau

8. Baca buku

Membaca buku dapat membawa Anda ke tempat, dimensi, dan waktu lain. Selain itu, Anda dapat memperluas pengetahuan Anda dengan membaca buku. Oleh karena itu, selain menenangkan pikiran, membaca buku juga bisa menambah pengetahuan.

9. Tidur Yang Cukup

Kecemasan bisa terjadi karena Anda kurang tidur. Kualitas tidur yang buruk dapat membuat Anda merasa sakit. Dari waktu ke waktu, kondisi ini dapat menyebabkan depresi.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga dan mempertahankan tidur yang baik dan berkualitas. Jika Anda sulit tidur, Anda bisa melakukan aktivitas yang mendorong Anda untuk segera tertidur, seperti meditasi, mendengarkan musik, atau mandi. Yang terpenting, jauhkan gadget dari sisi Anda saat Anda ingin tidur.

10. Cobalah Untuk Menulis

Menulis tentang apa yang Anda alami setiap hari dapat menenangkan pikiran Anda. Anda dapat melihat acara yang Anda buat hari ini. Tulis secara terbuka seolah-olah Anda memberi tahu teman baik yang benar-benar Anda percayai.

11. Meditasi

Menurut laman Harvard Health Edu dan Mayo Clinic, meditasi adalah cara sederhana dan sangat efektif untuk mengelola kecemasan. Anda dapat melakukan aktivitas ini  kapan saja, di mana saja. Meditasi teratur meminimalkan risiko depresi, stres dan kecemasan dan membuat Anda  lebih kuat.

Kesimpulan

Artikel tentang – Tips Menghilangkan Rasa Gelisah Yang Wajib Anda Ketahui – bisa Anda terapkan saat waktu luang Anda.

Cara menenangkan pikiran saat gelisah ini dapat membantu Anda untuk lebih tenang lagi. Jangan khawatir, semua orang pasti pernah mengalami kegelisahn. Anda harus mengikuti metode di atas untuk menyelesaikannya. Tetap semangat ya!