News

Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan, Simak

BantulMedia.comBentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan – ASEAN merupakan organisasi yang bergerak di berbagai bidang termasuk pendidikan. Indonesia berperan aktif dalam sektor pendidikan ASEAN.

Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan, Simak

Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan

Artikel ini menjelaskan tentang kerjasama ASEAN di bidang pendidikan. Kerja sama ASEAN di bidang pendidikan merupakan langkah untuk memajukan negara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerjasama adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang, lembaga, pemerintah, dan lain-lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Simak informasi kerja sama ASEAN di bidang pendidikan di bawah ini.

Baca juga:

Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan? Simak Lebih Lanjut

Kerjasama Pendidikan ASEAN ixabay.colah adalah Kerjasama Pendidikan ASEAN

Berikut ini adalah beberapa kerjasama ASEAN di bidang pendidikan.

  1. Menyelenggarakan Olimpiade area negara Regional Asia Tenggara untuk negara-negara anggota ASEAN.
  2. Pemberian beasiswa pendidikan. Contohnya misalnya negara ndonesia. Indonesia menawarkan beasiswa bahasa, kedokteran dan seni kepada siswa yang terpilih dari negara-negara ASEAN.
  3. ASEAN Japan Scholarship Fund merupakan lembaga beasiswa bagi negara-negara anggota ASEAN untuk belajar di berbagai universitas ASEAN dan Jepang.
  4. Program ASEAN-EU Cooperation and Scholarship Day memberikan beasiswa kepada negara-negara anggota ASEAN untuk melanjutkan pendidikan di Eropa, khususnya pendidikan tinggi. Penerima Beasiswa ini tidak hanya kepada siswa tetapi juga kepada pendidik dari negara ASEAN.
  5. ASEAN Council of Teachers (ATC) adalah suatu bentuk pertemuan para guru dari berbagai negara anggota ASEAN. ACT memainkan peran penting bagi pendidik untuk berdiskusi dan berbagi ide untuk mengembangkan keterampilan guru dan lingkungan belajar global.
  6. Kerjasama Indonesia di bidang pendidikan di ASEAN, yaitu penyelenggaraan Olimpiade di bidang pendidikan. Olimpiade Pendidikan sering diadakan di tingkat regional di Asia Tenggara, seperti Pertamina National Science Olympiad (OSN) 2015.
  7. Indonesia berperan penting dalam kerjasama pendidikan ASEAN untuk mengembangkan dan memperkuat VET melalui konsep dan praktik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja muda yang terampil dan berkualitas.
  8. ASEAN University Network (AUN) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi untuk mencapai internasionalisasi pendidikan tinggi.

Jadi itulah adalah beberapa contoh kerjasama ASEAN di bidang pendidikan

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai – Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan – semoga bisa menambah wawasan Anda terkait dengan aktivitas dari negara-negara ASEAN ya.