News

4 Cara menghemat Listrik Rumah | Simak

BantulMedia.comCara menghemat Listrik Rumah – Bagaimana cara menghemat listrik agar pengeluaran Anda tidak meroket!

Listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Tanpa mereka, tidak semua orang dapat melakukan aktivitas normal mereka. Mereka akan kesulitan untuk memasak nasi, mandi, atau bahkan menyalakan lampu.

Hal-hal ini penting untuk memungkinkan kehidupan yang lebih manusiawi. Bahkan, banyak orang terkejut melihat tagihan listrik tetapi enggan untuk menghemat listrik di rumah. Padahal, menabung bukan berarti mengurangi mata pencaharian lho! Anda hanya perlu berhati-hati dan menempuh cara tertentu seperti yang dijelaskan di bawah ini!

4 Cara menghemat Listrik Rumah

4 Cara menghemat Listrik Rumah :

1. Jangan biarkan perangkat elektronik terpasang saat Anda tidur

Sebelum tidur, biasakan untuk mengecek ulang apakah perangkat elektronik masih terhubung ke stopkontak. Karena jika masih terhubung dengan listrik, perangkat elektronik ini akan menyedot sedikit listrik setiap saat. Tentu saja, jika Anda menghitung penggunaan listrik dengan cara ini hingga sebulan, peningkatannya akan signifikan dan tagihan listrik bisa membengkak!

2. Penggunaan listrik prabayar

Cara hemat listrik yang kedua adalah juga dengan menggunakan listrik prabayar atau dengan membeli token. Cara ini bisa menjadi alternatif karena Anda bisa memilih berapa banyak listrik yang ingin digunakan berdasarkan kemampuan finansial Anda.

Karena ketika kuota listrik habis, semua listrik di rumah padam dan Anda harus mengaktifkannya kembali dengan mengisi pulsa yang ada.

Meski kini bisa dilakukan dengan mudah dengan mengandalkan aplikasi e-commerce, mobile banking, dan e-wallet, tagihan listrik yang membengkak tentu saja masih menyulitkannya. Menggunakan listrik prabayar akan membuat Anda lebih pintar dalam menggunakan listrik.

3. Gunakan perangkat elektronik dengan bijak

Selain itu, salah satu cara untuk menghemat listrik adalah dengan tetap memilih dan menggunakan perangkat elektronik dengan bijak. Misalnya, Anda dapat memilih laptop yang menggunakan daya lebih sedikit daripada komputer. Tidak ada lagi biaya untuk bekerja, menemani anak belajar dan menghibur diri dengan permainan atau internet.

Kemudian cobalah untuk membersihkan pakaian, secara manual atau dengan mencuci tangan jika memungkinkan. Mesin cuci biasanya memiliki keluaran listrik yang besar, terutama mesin cuci dengan kapasitas yang besar.

Namun, jika Anda benar-benar harus menggunakan mesin cuci, pastikan untuk mencuci banyak sekaligus agar tidak mengulangi proses tersebut berulang-ulang dan membuat tagihan membengkak.

Dan tidak hanya itu, contoh lain cara menghemat listrik di rumah adalah tidak menggunakan dispenser air. Jika ingin menikmati air dingin, Anda bisa membuat air mineral dalam botol dan memasukkannya ke dalam lemari es sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak menggunakan dispenser.

Kemudian ketika Anda membutuhkan air panas Anda bisa merebusnya langsung di atas kompor.

4. Pilih perangkat elektronik yang lebih hemat energi

Terakhir, untuk menghemat listrik, pilihlah perangkat elektronik yang dilengkapi fitur hemat energi. Misalnya dengan menggunakan setrika dengan pengatur panas otomatis, AC hemat energi atau lampu LED.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat uang dengan memilih peralatan listrik berdaya rendah seperti lemari es dan mesin cuci. Namun, perlu diketahui bahwa ini juga berarti bahwa perangkat elektronik mungkin memiliki kapasitas yang lebih kecil.

Baca Juga :

Manfaat Shopback Untuk Keuntungan Belanja Hemat Dan Dapat Cashback

Kesimpulan

Jadi bisa hemat listrik. Lindungi diri Anda dan keluarga tidak hanya dengan menghemat listrik, tetapi juga dari berbagai risiko yang dapat mempengaruhi situasi keuangan Anda, seperti risiko jiwa. Salah satu pilihannya adalah membeli asuransi jiwa dengan perlindungan yang fleksibel namun menyeluruh.