News

Kuala Kencana, Kota Modern Di Belantara Hutan Papua

BantulMedia.comKuala Kencana, Kota Modern Di Belantara Hutan Papua – Sebuah pemukiman modern di Timika, Papua, tiba-tiba menjadi viral di media sosial. Hal ini, setelah pesonanya yang tidak biasa karena dianggap mirip di luar negeri. Permukiman bernama Kuala Kencana ini menarik perhatian publik karena struktur kotanya yang tertata rapi dan unik.

Kuala Kencana, Kota Modern Di Belantara Hutan Papua

Kuala Kencana, Kota Modern Di Belantara Hutan Papua

Mengutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Mimika, mimikakab.go.id, pemukiman di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua ini berbentuk seperti bunga dan dikelilingi hutan asri yang sejuk.

Selain bentuknya yang unik, Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia dengan konsep utilitas bawah tanah. Tak heran banyak yang membandingkan Kuala Kencana dengan kota-kota lain di luar negeri.

Kota-kota seperti di luar negeri

Sebagai bagian dari konsep bawah tanah, semua fasilitas pendukung seperti kabel listrik, kabel telekomunikasi, distribusi air minum dan pusat pembuangan sampah terintegrasi dengan baik. Ketika Anda datang ke sini, Anda tidak akan menemukan tiang listrik atau kabel telepon yang saling bersilangan di atas kepala.

Lingkungan di kota ini terlihat bersih karena semuanya tertanam rapi di dalam tanah. Bagaimanapun, Anda sepertinya diundang untuk tinggal di luar negeri.

Tak sedikit yang terpesona dengan keindahan, kesejukan dan kebersihan kawasan ini.

Pengunjung biasanya tidak melewatkan momen foto di lapangan, di mana terdapat sebuah tugu hasil karya orang Papua dan dihiasi dengan air mancur di sekelilingnya.

Meski memiliki pesona yang tidak biasa, Kuala Kencana sebenarnya adalah kawasan terlarang yang di kelola PT Freeport Indonesia (PTFI). Jadi tempat ini tidak terbuka bagi wisatawan sebagai tempat wisata.

Karena yang boleh memasuki kawasan ini adalah orang-orang yang memiliki identitas perusahaan atau yang sudah memiliki izin tertentu.

Bahkan, setiap kendaraan yang masuk ke Kuala Kencana mungkin perlu menjalani pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di pos pemeriksaan perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Kuala Kencana Papua bukan Tempat wisata

Lantas bagaimana sejarah Kuala Kencana dan bagaimana prosesnya hingga akhirnya muncul sebagai sebuah kota? Berikut adalah penjelasannya.

Kuala Kencana, mengutip dari situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM), merupakan kota yang di gagas untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Tembagapura. Kota ini digagas pada awal 1990-an dan dimasukkan sebagai salah satu masterplan pembangunan infrastruktur.

Pada tanggal 5 Desember 1995, Kuala Kencana di resmikan. Mengawali rencana perluasan pemukiman yang akan menjadi salah satu kota terindah dan terunik di Indonesia. Kuala Kencana juga merupakan kota pertama di Papua yang memiliki jaringan air dan listrik bawah tanah, pusat distribusi air, pengumpulan dan pengolahan sampah.

Kota yang di bangun di tengah hutan tropis dan seluas 17.078 hektar ini telah mengikuti konsep “pembangunan kota yang ramah lingkungan” sejak awal.

Baca juga:

Manfaat standar pelayanan minimal pengelolaan pendidikan

Flora dan fauna menjadi aset kota yang tak ternilai. Pohon-pohon ditebang dengan sangat selektif (selective clearing) dan di bawah pengawasan ketat petugas khusus.

Untuk meminimalkan dampak lingkungan dari limbah, Kota Kuala Kencana dilengkapi dengan jaringan pipa pengumpul limbah.

Semua limbah air kotor kemudian dikirim ke instalasi pengolahan limbah (STP) untuk diolah sesuai standar kualitas yang dipersyaratkan.

Fasilitas di Kuala Kencana

Selain itu, kota ini disesuaikan dengan kebutuhan penduduknya. Karena ada pusat perbelanjaan, apartemen untuk keluarga dan karyawan perorangan seperti di Tembagapura.

Selain itu, kota ini memiliki berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan keluarganya. Antara lain klinik dan rumah sakit, sekolah, pusat olahraga dan rekreasi, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan lapangan golf.

Lapangan golf ini di bangun di tengah hutan di daerah dataran rendah. Lapangan golf dengan nuansa hutan tropis memungkinkan para pegolf dan pengunjung menikmati suasana alam yang masih alami.

Baca juga:

Penjelasan Tentang Ekonomi Hijau dan Contohnya

Setiap pagi hingga sore hari, kota di selatan-tengah Papua ini hidup dengan kicauan burung dan ratusan spesies kupu-kupu cantik bertebaran di hutan lebat.

Selain itu, kekayaan budaya suku Kamoro dan suku asli Papua lainnya khususnya dilestarikan di kota ini.

Tak heran, sejumlah pahatan arca Kamoro berada di sejumlah lokasi strategis sebagai ornamen atau dekorasi taman yang menambah karakter kota.

Sedangkan kota ini berjarak sekitar 20 km sebelah utara Kota Timika, 25 km sebelah utara Bandara Mozes Kilangin dan sekitar 60 km sebelah selatan Kota Tembagapura.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Kuala Kencana, Kota Modern Di Belantara Hutan Papua – yang bisa Anda ketahui. Pesona modern yang ada di Kuala Kencana menjadikan satu-satu kota modern di Indonesia.