Tepung Sehat Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bahan Roti dan Kue

BantulMedia.com – Tepung Sehat Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bahan Roti dan Kue – Makan aneka kue yang enak memang sangat menyenangkan. Kue tidak hanya menjadi jajanan yang menggoda selera, tetapi juga bisa menjadi pereda lapar di sela-sela aktivitas, karena hampir semua jenis kue berbahan dasar tepung yang merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh.

Tetapi tahukah Anda bahwa tepung juga ada yang merupakan tepung sehat?

Inilah Tepung Sehat Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bahan Roti dan Kue

Tepung Sehat Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bahan Roti dan Kue

Anda harus tahu tepung terigu sebagai bahan dasar kue. Namun ternyata selain tepung terigu, masih banyak jenis tepung lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kue. Anda harus mengetahuinya agar nantinya bisa membuat kreasi kue dan roti yang lebih variatif dan menarik.

Tepung Tapioka bebas gluten

Tepung Sehat Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bahan Roti dan Kue – Tepung ini terbuat dari singkong sebagai bahan dasarnya. Jenis pada tepung ini tidak memiliki rasa atau aroma tertentu.

Sehingga dapat digunakan untuk membuat kue yang gurih dan manis. Tepung jenis ini tinggi karbohidrat tetapi rendah lemak dan protein. Kandungan ini membuat tepung tapioka sangat cocok untuk penderita alergi gluten.

Pati singkong yang terdapat dalam tepung tapioka memiliki susunan yang mirip dengan serat tidak larut. Hal ini membuat tepung tapioka bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Kesehatan usus tetap terjaga dan Anda terhindar dari risiko sembelit. Tepung tapioka juga sangat rendah sodium dan aman untuk penderita tekanan darah tinggi.

Risiko tekanan darah tinggi jangka panjang dan penyakit serius lainnya seperti stroke dapat dihindari sedini mungkin.

Baca juga:

Tips Membuat Oats Agar Lebih Enak Dimakan

Tepung gandum utuh, tepung soba dan tepung kamut

Ketiga jenis tepung tersebut sama-sama berbahan dasar gandum. Perbedaannya terletak pada tanaman gandum yang digunakan. Tepung terigu, tepung soba, dan tepung kamut keduanya tinggi serat dan rendah kalori.

Sangat cocok untuk bahan kue dan roti mentah yang sehat. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tapi bagaimana dengan tepung soba dan tepung kamut?

Tepung soba merupakan tepung sehat yang kaya akan protein dan mineral. Anda bisa mendapatkan fosfor, mangan, magnesium, dan jenis mineral lainnya saat Anda makan kue yang terbuat dari tepung soba.

Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga sangat tinggi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Makan kue yang terbuat dari tepung soba tidak akan membuat Anda lapar dalam waktu dekat karena tubuh menyerap serat dalam waktu yang lama.

Tepung kamut juga tidak kalah bergizi dari tepung terigu dan tepung soba. Tepung sehat jenis ini berasal dari tanaman gandum populer di Mesir yang disebut biji-bijian firaun.

Biji kamut mengandung protein 30% lebih banyak daripada biji-bijian lainnya. Tepung kamut tidak hanya kaya akan energi dan mineral, tetapi juga mengandung asam amino yang cukup. Saat ini tepung kamut banyak orang gunakan sebagai bahan dasar kue, roti, biskuit dan pasta.

Tepung quinoa merah dan putih

Ternyata olahan biji quinoa kini juga tersedia dalam bentuk tepung. Adanya tepung quinoa merah putih memudahkan Anda untuk memanggang kue. Seperti biji quinoa utuh, tepung quinoa merupakan sumber karbohidrat yang kaya serat dan mineral.

Yang lebih menakjubkan lagi, tepung sehat quinoa juga mengandung omega 3 yang setara dengan minyak ikan.

Kandungan gluten yang sangat rendah membuat tepung quinoa aman untuk penderita alergi gluten. Sistem kekebalan tubuh akan selalu baik dan terhindar dari risiko peradangan saat mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung quinoa.

Membuat kue dan roti menjadi lebih mudah ketika Anda mengidentifikasi jenis tepung yang tepat. Mari bersiap-siap untuk menyiapkan camilan lezat dan sehat untuk Anda dan keluarga!