News

Apa Arti Dan Perbedaan Cc Dan Bcc Pada Gmail

Apa Arti dan Perbedaan CC dan BCC pada Gmail?

CC dan BCC adalah dua fitur yang tersedia di Gmail yang memungkinkan Anda untuk mengirim email ke beberapa penerima sekaligus. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua fitur ini.

CC (Carbon Copy)

CC adalah singkatan dari "carbon copy". Ketika Anda menambahkan seseorang ke baris CC dalam email, mereka akan menerima salinan email tersebut. Namun, mereka tidak akan dapat membalas email tersebut secara langsung. Mereka hanya dapat membalas email tersebut kepada semua penerima yang tercantum dalam baris To dan CC.

BCC (Blind Carbon Copy)

BCC adalah singkatan dari "blind carbon copy". Ketika Anda menambahkan seseorang ke baris BCC dalam email, mereka akan menerima salinan email tersebut. Namun, mereka tidak akan dapat melihat siapa saja yang menerima email tersebut. Mereka juga tidak akan dapat membalas email tersebut secara langsung. Mereka hanya dapat membalas email tersebut kepada Anda.

Kapan Menggunakan CC dan BCC?

CC harus digunakan ketika Anda ingin mengirim email ke beberapa penerima dan Anda ingin mereka semua dapat melihat siapa saja yang menerima email tersebut. Misalnya, Anda dapat menggunakan CC ketika Anda mengirim email ke rekan kerja Anda dan Anda ingin mereka semua mengetahui siapa saja yang terlibat dalam proyek tersebut.

BCC harus digunakan ketika Anda ingin mengirim email ke beberapa penerima dan Anda tidak ingin mereka mengetahui siapa saja yang menerima email tersebut. Misalnya, Anda dapat menggunakan BCC ketika Anda mengirim email ke klien Anda dan Anda tidak ingin mereka mengetahui bahwa Anda telah mengirim email yang sama ke klien lain.

Cara Menggunakan CC dan BCC di Gmail

Untuk menambahkan seseorang ke baris CC atau BCC dalam email Gmail, cukup ketik nama atau alamat email mereka di bidang "CC" atau "BCC". Anda juga dapat mengklik tombol "CC" atau "BCC" di toolbar untuk membuka daftar kontak Anda.

Tips Menggunakan CC dan BCC

  • Gunakan CC dengan hati-hati. Jangan menambahkan terlalu banyak orang ke baris CC, karena hal ini dapat membuat email Anda terlihat berantakan dan sulit dibaca.
  • Gunakan BCC ketika Anda ingin merahasiakan identitas penerima email.
  • Jangan gunakan BCC untuk mengirim email spam. Ini adalah pelanggaran terhadap kebijakan Gmail.

Kesimpulan

CC dan BCC adalah dua fitur yang sangat berguna di Gmail. Dengan menggunakan kedua fitur ini, Anda dapat mengirim email ke beberapa penerima sekaligus dan mengontrol siapa saja yang dapat melihat penerima email tersebut.