News

Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

BantulMedia.comBentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN – ASEAN merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik dan ekonomi. Sejauh ini, anggota ASEAN terdiri dari 10 negara Asia Tenggara.

Dirangkum dalam buku Sekilas ASEAN (2008), salah satu masalah utama ASEAN terletak pada pendidikan.

Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

Pendidikan merupakan unsur penting bagi perkembangan seseorang. Pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang membentuk karakteristik seseorang.

Peningkatan kualitas pendidikan sangat dibutuhkan untuk melayani komunitas bisnis ASEAN yang terus berkembang. Hal ini menghasilkan kerjasama di bidang pendidikan.

Indonesia juga sedang mempersiapkan lembaga pendidikan dengan mereformasi sistem pendidikannya.

Peningkatan mutu pendidikan terjadi melalui inklusi pendidik yang kompeten dan profesional, kesejahteraan pendidik, dan standarisasi pendidikan.

Bentuk kerjasama pendidikan

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, beberapa kerja sama ASEAN di bidang pendidikan, antara lain:

  1. Menawarkan beasiswa pendidikan, seperti Indonesia menawarkan pendidikan kedokteran, bahasa dan seni untuk siswa terpilih dari negara-negara ASEAN.
  2. ASEAN Council of Teachers (ACT) sebagai wadah berkumpulnya para guru dari berbagai negara anggota ASEAN. Dengan ACT, para pendidik berdiskusi dan berbagi ide untuk mengembangkan keterampilan guru dan lingkungan belajar global.
  3. Menyelenggarakan Olimpiade Pendidikan Regional Asia Tenggara untuk negara-negara anggota ASEAN.
  4. ASEAN-Japan Scholarship Fund, merupakan fasilitas beasiswa bagi negara-negara anggota ASEAN untuk belajar di berbagai universitas ASEAN dan Jepang.
  5. Adanya program ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day yang memberikan negara-negara anggota ASEAN beasiswa untuk pendidikan di Eropa, khususnya pendidikan tinggi. Beasiswa ini tidak hanya untuk pelajar tetapi juga untuk pendidik dari ASEAN.

Baca Juga : Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan, Simak

Kesimpulan

Demikian Ulasan mengenai Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN -semoga artikel ini bermanfaat