News

Berikut Cara Mudah Membuat Akun SSCN 2021

BantulMedia.com – Berikut Cara Mudah Membuat Akun SSCN 2021 – Pendaftaran seleksi Aparatur Sipil Negara (SSCN) akan dibuka kembali pada tahun ini. Padahal, pendaftaran sudah dibuka sejak 31 Mei lalu. Tetapi mengalami kemunduran dari sistem pusat. Apakah Anda salah satu yang ingin mendaftar tahun ini? Jika iya, tentu Anda harus tahu.

Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

Selain mempersiapkan kajian soal-soal ujian, mempersiapkan persyaratan administrasi, dll, ada satu hal yang paling penting. Apalagi jika Anda tidak membuat akun SSCN.  Dari akun ini Anda dapat mengakses semua informasi dan tes. Jadi simak pembahasan berikut ini sampai habis.

Berikut Cara Mudah Membuat Akun SSCN 2021

Berikut Cara Mudah Membuat Akun SSCN 2021

Sebelum membuat akun SSCN, pastikan Anda menyiapkan beberapa syarat terlebih dahulu. Inilah yang harus disiapkan:

  1. informasi pribadi. Tentu saja ini standar. Termasuk nama, tanggal lahir, nomor ponsel, email, dan lainnya.
  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK). Bisa di KTP atau KK. melihat
  3. nomor CC. Nomor ini ada di bagian atas kartu keluarga Anda.

Kondisi ini, tentu saja, cukup mudah. Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Anda tidak perlu repot memindai berbagai file. Pasalnya, sistem SSCN sudah terintegrasi dengan data kementerian lainnya. Misalnya, NIK sudah terintegrasi dengan Kementerian Kependudukan dan Kedudukan Sipil, data pendidikan dasar dikaitkan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan sebagainya.

Cara membuat akun SSCN 2021

Verifikasi Identitas

  1. Buka https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Pada halaman beranda website SSCASN BKN, klik Create Account.
  3. Masukkan datadata yang tertera pada KTP, antara lain: Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nomor kartu keluarga. nama lengkap. tempat Lahir. hari ulang tahun.
  4. Jika muncul pesan kesalahan yang menyatakan bahwa nomor NIK dan nomor KK tidak cocok, peserta akan diminta untuk mengikuti petunjuk pada pesan kesalahan tersebut dan tidak menghubungi instansi atau BKN.
  5. Masukkan nomor ponsel dan email pribadi yang valid.
  6. Masukkan kode CAPTCHA.
  7. Setelah Anda memasukkan semua data klik “Next”.

Lengkapi Data

  1. Pada langkah ini, detail pelamar pada kartu identitas dibandingkan dengan ijazah. Proses pengajuan CPNS menggunakan data ijazah sebagai informasi pribadi utama, yang terdiri dari nama lengkap yang tertera pada ijazah, tempat lahir dan tanggal lahir.
  2. Selanjutnya isikan data pada kolom yang kosong. Yaitu, alamat email, nama tanpa keterangan (berdasarkan ijazah), tempat lahir (berdasarkan KTP), tempat lahir/tempat lahir (berdasarkan ijazah), dan tanggal lahir (berdasarkan ijazah).
  3. Pilih jenis kelamin yang sesuai.
  4. Klik Select File, upload scan ID foto sesuai spesifikasi Anda, dan klik Open.
  5. Klik Select File, unggah foto selfie Anda sesuai dengan kriteria Anda, dan klik Open.
  6. Masukkan informasi tambahan:
  • Kata sandi dan konfirmasi kata sandi. Jika perlu, masukkan dan tuliskan kata sandi yang mudah diingat untuk menyimpan kata sandi yang digunakan untuk masuk ke pendaftaran SSCN.
  • Pertanyaan Keamanan1. Pilih pertanyaan keamanan.
  • Security Answers 1. Masukkan jawaban dari pertanyaan keamanan yang dipilih 1. Saya menyarankan Anda merekam dan menyimpan Security Answer 1.
  • Pertanyaan Keamanan 2. Pilih pertanyaan keamanan.
  • Security Answer 2.Masukkan jawaban dari pertanyaan keamanan yang dipilih 2. Saya menyarankan Anda merekam dan menyimpan Security Response 2.
  1. Masukkan kode CAPTCHA.
  2. Pastikan informasi yang Anda masukkan sudah lengkap dan benar. Anda tidak dapat mengubah atau mengubah data yang disimpan. klik Berikutnya.

Cek Validasi Data

  • 2021SSCASN Mengembalikan semua informasi yang terdaftar di halaman pendaftaran akun.
  • Mengetahui selfie, NIK, nama, tempat lahir, tanggal lahir (berdasarkan KTP), nama, tempat lahir, tanggal lahir (berdasarkan ijazah), dan email. Dan nomor ponsel.
  • Klik Kembali untuk memperbaiki informasi yang Anda masukkan, atau klik Edit Pendaftaran Akun untuk mengedit pendaftaran akun Anda.
  • Pastikan informasi lengkap dan benar.
  • Sebelum membuka rekening data harus valid. Jika informasi yang Anda masukkan sudah benar, klik Ya.
  • Informasi “Langkah 4: Pendaftaran selesai”.
  • Untuk mencetak kartu informasi rekening Anda, pilih menu Cetak Informasi Pendaftaran.

Akhir Kata

Kira-kira seperti itu penjelasan – Berikut Cara Mudah Membuat Akun SSCN 2021. Anda harus teliti saat mengisi dan melengkapi data pribadi Anda. Semoga beruntung.