News

BOROBUDUR TEMPLE – Candi Buddha Terbesar Yang Dikunjungi Jutaan Turis

Borobudur Temple: Candi Buddha Terbesar yang Dikunjungi Jutaan Turis

Borobudur Temple adalah candi Buddha terbesar di dunia, terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Dinasti Syailendra dan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Borobudur Temple terdiri dari sembilan tingkat platform, dengan lima tingkat persegi panjang dan empat tingkat bundar. Di puncak candi terdapat stupa utama yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil.

Sejarah Borobudur Temple

Borobudur Temple dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Pembangunan candi ini diperkirakan memakan waktu sekitar 75 tahun. Candi ini berfungsi sebagai tempat ibadah umat Buddha dan juga sebagai tempat ziarah. Pada abad ke-10, Borobudur Temple ditinggalkan dan terkubur di bawah abu vulkanik Gunung Merapi. Candi ini ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Arsitektur Borobudur Temple

Borobudur Temple dibangun dengan menggunakan batu andesit. Candi ini memiliki tinggi sekitar 35 meter dan lebar sekitar 123 meter. Candi ini terdiri dari sembilan tingkat platform, dengan lima tingkat persegi panjang dan empat tingkat bundar. Di puncak candi terdapat stupa utama yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil.

Pada setiap tingkat platform terdapat relief-relief yang menceritakan kisah-kisah dari kehidupan Buddha. Relief-relief ini sangat indah dan merupakan salah satu daya tarik utama Borobudur Temple.

Fungsi Borobudur Temple

Borobudur Temple berfungsi sebagai tempat ibadah umat Buddha dan juga sebagai tempat ziarah. Candi ini juga digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan sebagai tempat meditasi.

Wisata Borobudur Temple

Borobudur Temple merupakan salah satu objek wisata paling populer di Indonesia. Candi ini dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahunnya. Wisatawan dapat menikmati keindahan candi ini dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan kereta kuda.

Akses ke Borobudur Temple

Borobudur Temple terletak sekitar 40 kilometer dari Yogyakarta. Candi ini dapat dicapai dengan menggunakan mobil, bus, atau kereta api.

Tips Berkunjung ke Borobudur Temple

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur Temple adalah pada pagi hari atau sore hari.
  • Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman.
  • Bawalah topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Bawalah air minum yang cukup.
  • Jangan menyentuh atau merusak relief-relief yang terdapat di candi.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.

Borobudur Temple adalah salah satu keajaiban dunia yang wajib dikunjungi. Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan merupakan salah satu objek wisata paling populer di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Indonesia, jangan lupa untuk mengunjungi Borobudur Temple.