News

CANDI MENDUT – Mengagumi Ketinggian Arca Buddha Raksasa Di Candi Mendut

Candi Mendut – Mengagumi Ketinggian Arca Buddha Raksasa di Candi Mendut

Candi Mendut merupakan salah satu candi Buddha tertua dan terindah di Indonesia. Candi ini terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Indra dari Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dipersembahkan kepada Buddha Amitabha, salah satu dari lima Buddha Dhyani dalam agama Buddha Mahayana.

Candi Mendut memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 34,7 meter, lebar 26,4 meter, dan tinggi 26,4 meter. Candi ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kaki candi, badan candi, dan atap candi. Kaki candi berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 34,7 meter dan lebar 26,4 meter. Kaki candi dihiasi dengan relief-relief yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Kuno.

Badan candi berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 28,7 meter dan lebar 20,4 meter. Badan candi dihiasi dengan relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah dari kehidupan Buddha. Di bagian tengah badan candi terdapat tiga relung yang masing-masing berisi arca Buddha. Arca Buddha yang terbesar terletak di relung tengah. Arca Buddha ini terbuat dari batu andesit dan memiliki tinggi 3 meter. Arca Buddha ini dikenal dengan nama Buddha Amitabha.

Atap candi berbentuk stupa yang terdiri dari tiga bagian, yaitu stupa induk, stupa anak, dan stupa cucu. Stupa induk terletak di bagian tengah atap candi dan memiliki tinggi 14,3 meter. Stupa anak terletak di sekitar stupa induk dan memiliki tinggi 10,2 meter. Stupa cucu terletak di sekitar stupa anak dan memiliki tinggi 6,1 meter.

Candi Mendut merupakan salah satu candi Buddha terindah di Indonesia. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan dihiasi dengan relief-relief yang indah. Candi Mendut juga merupakan salah satu candi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Arca Buddha Raksasa di Candi Mendut

Arca Buddha Raksasa di Candi Mendut merupakan salah satu arca Buddha terbesar di Indonesia. Arca ini terletak di relung tengah badan candi. Arca Buddha ini terbuat dari batu andesit dan memiliki tinggi 3 meter. Arca Buddha ini dikenal dengan nama Buddha Amitabha.

Arca Buddha Amitabha digambarkan dalam posisi duduk dengan tangan kanan diangkat ke atas dan tangan kiri diletakkan di atas paha. Arca Buddha ini memiliki wajah yang tenang dan damai. Arca Buddha ini juga dihiasi dengan berbagai macam perhiasan, seperti mahkota, kalung, dan gelang.

Arca Buddha Amitabha merupakan salah satu arca Buddha terindah di Indonesia. Arca ini memiliki ekspresi wajah yang tenang dan damai. Arca Buddha ini juga dihiasi dengan berbagai macam perhiasan yang indah. Arca Buddha Amitabha merupakan salah satu daya tarik utama Candi Mendut.

Sejarah Candi Mendut

Candi Mendut dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Indra dari Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dipersembahkan kepada Buddha Amitabha, salah satu dari lima Buddha Dhyani dalam agama Buddha Mahayana. Candi Mendut dibangun sebagai bagian dari kompleks percandian Borobudur.

Candi Mendut pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan letusan Gunung Merapi. Namun, candi ini kemudian dipugar dan diperbaiki. Candi Mendut sekarang menjadi salah satu candi Buddha terindah di Indonesia.

Fungsi Candi Mendut

Candi Mendut berfungsi sebagai tempat ibadah umat Buddha. Candi ini juga berfungsi sebagai tempat upacara keagamaan Buddha. Selain itu, Candi Mendut juga berfungsi sebagai tempat wisata.

Lokasi Candi Mendut

Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berada di sebelah barat Candi Borobudur dan Candi Pawon.

Cara Menuju Candi Mendut

Candi Mendut dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil rute dari Yogyakarta menuju Magelang. Setelah sampai di Magelang, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Candi Mendut.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus dari Yogyakarta menuju Magelang. Setelah sampai di Magelang, Anda dapat naik becak atau taksi menuju Candi Mendut.

Harga Tiket Masuk Candi Mendut

Harga tiket masuk Candi Mendut adalah Rp 5.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000,00 untuk wisatawan asing.

Jam Buka Candi Mendut

Candi Mendut buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.