News

Cara Blokir Perpajakan Progresif Secara Online

BantulMedia.com – Kali ini Saya akan membahas bagaimana sih Cara Blokir Perpajakan Progresif Secara Online – Pasal 6 UU No 28 Tahun 2009 mengatur tentang perpajakan progresif. Pajak ini dikenakan pada mereka yang memiliki banyak kendaraan. Cara mengunci pajak progresif online jika tidak bisa ke kantor samsat.

Pemilik mobil pertama dikatakan dikenakan pajak minimal 1% dan maksimal 2%. Selain itu, pajak minimum 2% dan maksimum 10% akan dikenakan atas kepemilikan kendaraan kedua. Untuk Jakarta sendiri di wilayah DKI, dasar hukum pemungutan pajak progresif diatur dalam Peraturan Daerah  DKI Tahun 2015 Nomor 2  tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan.

Cara Blokir Perpajakan Progresif Secara Online

Cara Blokir Perpajakan Progresif Secara Online

Jika Anda ingin memblokir pendaftaran sepeda motor Anda, Anda harus terlebih dahulu memiliki rekening pajak online. Jika Anda belum memiliki akun Tax Online, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-Langkah Cara Registrasi

  • Masuk ke menu Opsi Pendaftaran.
  • Isi semua kolom seperti nama NIK, nomor telepon, alamat email.
  • Nomor NPWP, dll. Buat kata sandi untuk akun pajak online Anda.
  • klik Kirim dan tunggu hingga diaktifkan melalui email.

Dokumen yang Diperlukan Untuk Blokir

Pemblokiran ini dapat dilakukan di kantor (Samsat di masing-masing wilayah dan kini juga sudah tersedia secara online.

Dokumen-dokumen berikut diperlukan untuk memblokir STNK:

  • Fotokopi KTP pemilik kendaraan.
  • Stempel surat kuasa dan fotokopi surat kuasa, jika diizinkan oleh orang lain.
  • Salinan nota pengiriman dan sertifikat pembayaran. • Fotokopi STNK/BPKB. • Salinan kartu keluarga Anda.
  • Sertifikat dapat diunduh dari https://bapenda.jakarta.go.id.

Cara Menghentikan Perpajakan Progresif Online

Selama proses pemblokiran STNK dilakukan secara online atau online, pertama-tama gunakan nomor KTP yang tertera pada KTP Anda di tautan situs pajak online Jakarta https://pajakonline.jakarta.go.id Anda harus mendaftar. Untuk mengunci STNK Anda secara online :

  • Masuk ke halaman kontrol online untuk link https://pajakonline.jakarta.go.id. pada
  • Pilih menu Pilih Layanan PKB.
  • Lalu klik jenis layanan kunci kendaraan.
  • Masukan nomor plat kendaraan yang ingin Anda blokir.
  • Klik Kirim untuk mengunggah dokumen lengkap.
  • Setelah diblokir, statusnya bisa di email atau dicantumkan di kolom PKB.
  • Anda juga dapat melihatnya di halaman kontrol online atau di kantor Samsat terdekat.

Manfaat pemblokiran pajak Kendaran

Penting bagi pemilik kendaraan untuk memblokir pajak atas kendaraan yang telah berpindah tangan. Hal ini disampaikan Wakil Direktur Bupati STNK  Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus tentang pentingnya pemilik kendaraan yang mengetahui cara blokir pajak kendaraan secara online.

Baca Juga :

Daftar NPWP secara Online sekarang sangat mudah tidak perlu repot datang ke Kantor Jenderal Pajak |

Alasannya, pemblokiran pajak jalan yang  berpindah tangan memiliki beberapa keuntungan:

Hindari tol progresif setelah kedua kalinya

Pajak progresif adalah jenis pajak yang dikenakan pada pemilik yang memiliki beberapa kendaraan dengan nama yang sama. Kendaraan yang dikenakan pajak secara progresif memiliki jumlah pajak yang lebih tinggi dari kendaraan pertama.

Metode penguncian mobil online ini juga memudahkan pemilik baru membayar wajib pajak untuk mengganti nama pemilik sebelumnya. Penguncian pajak jalan dapat dilakukan  langsung dari kantor Samsat atau  online dari website.

Di Indonesia fitur seperti ini blokir pajak kendaraan belum ada untuk saat ini. Beberapa kota besar, seperti Jakarta, sudah menerapkan sistem pajak online ini untuk kendaraan bermotor.

Tentang Sistem Tiket Elektronik

Blok pajak kendaraan online juga membantu memperkenalkan sistem tiket elektronik. Untuk mempermudah penanganan pelanggaran lalu lintas, pemerintah saat ini sedang menyiapkan sistem tiket elektronik.

Pelanggaran lalu lintas tidak perlu ditindak secara langsung, namun kamera TELE merekam tanda-tanda pelanggaran tersebut. Tiket kendaraan kemudian dikirim ke alamat yang sesuai dengan data STNK.  Sistem tiket elektronik dapat merugikan pemilik kendaraan akhir masa pakai jika belum memblokir pajak kendaraan akhir masa pakai. Karena jika pemilik baru melanggar lalu lintas, surat panggilan dikirim ke alamat pemilik lama.

Agar tidak dirugikan sebaiknya segera urus pemblokiran pajak jalan online di Jawa Timur dan daerah lainnya tergantung tempat tinggal Anda agar terhindar dari tiket elektronik salah alamat.

Pemilik Baru Bayar Pajak Lebih Mudah

Kunci pajak kendaraan online ini  tidak hanya menguntungkan pemilik kendaraan lama, tetapi juga  pemilik kendaraan baru. Salah satunya hanya membayar pajak tahunan yang diganti namanya. Nama pemilik sebelumnya digunakan dalam dokumen STNK, meskipun pemilik pertama tidak memblokir.

Oleh karena itu, jika pemilik baru ingin membayar pajak, ia harus terlebih dahulu meminjam KTP dari pemilik pertama.

Akhir Kata

Demikian dari pembahasa Saya tentang – Cara Blokir Perpajakan Progresif Secara Online. Sekarang Anda dapat mengunci mobil Anda di mana saja. Semoga Langkah-langkah diatas besi mnjadi acuan untuk Anda dalam melakukan pemblokiran pajak kendaraan secara online.