News

Begini Caranya Copy Paste Tulisan Arab Di Ms. Word, Mudah Banget

BantulMedia.com – Saat menulis sesuatu, Anda mungkin memerlukan huruf Arab. Namun,  laptop  tidak mendukung font Arab, jadi Anda harus copy dan paste dari tempat lain. Sayangnya, copy dan paste tulisan Arab di Internet tidaklah mudah.

Begini Caranya Copy Paste Tulisan Arab Di Ms. Word, Mudah Banget

Begini Caranya Copy Paste Tulisan Arab Di Ms. Word, Mudah Banget

Dengan perkembangan zaman ketika segala sesuatu harus dilakukan secara digital, ejaan bahasa Arab melalui Microsoft Word juga menjadi mungkin.

Microsoft Office sendiri telah mendukung kebutuhan tersebut dengan fungsionalitas kanan-ke-kiri. Artinya, seperti huruf Arab, huruf dimulai dari kanan ke kiri.

Teks yang Anda copy dan paste mungkin berantakan. Oleh karena itu, Anda dapat copy dan paste tulisan Arab yang dapat Anda ikuti. Bagaimana caranya? Lihatlah semua hal berikut:

  1. Buka Internet Lalu Cari Tulisan Arab Yang Mau Anda Copy Paste

Hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk copy dan paste tulisan Arab adalah yang mana yang harus Anda cari. Nah, disinilah tempat anda bisa mencarinya terlebih dahulu di internet.

2. Blok dan Copy

Setelah Anda menemukan huruf Arab yang Anda cari, langkah selanjutnya adalah memblok tulisan dan salin dan tempel tulisan Arab tersebut. Caranya sangat sederhana, cukup klik dan geser hingga semua tulisan terblok semuanya. Dalam hal ini, klik kanan dan pilih copy atau salin. Anda juga bisa menekan Ctrl+C jika ingin lebih mudah.

3.Buka Ms. Word

Setelah  menyalin teks yang ingin Anda salin, langkah selanjutnya adalah membuka Microsoft Word. Buka sesuai kebutuhan. Kemudian klik kanan dan pilih paste atau Tempel, lalu klik di tempat yang Anda inginkan. Jika ingin lebih mudah tekan Ctrl+V. Maka tulisan Arab ini akan segera muncul di word Anda.

4. Jika Tulisan Arab tidak cocok

Apa yang harus dilakukan jika tulisan Arab yang ingin Anda copy tidak seperti yang Anda harapkan. Jangan khawatir, jangan panik di sini. Kami akan bahas ini untuk yang menggunakan Microsoft Office 2007 ya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Microsoft Office 2007 Language Setting. Caranya seperti apa? itu mudah. Masuk saja ke menu start. Kemudian pilih opsi Microsoft Office. Sekarang pilih menu Microsoft Office Tools. Ada beberapa pilihan menu yang bisa dipilih. Cukup pilih Microsoft Office 2007 Language Setting.

Halaman tempat Anda dapat menambahkan format bahasa akan ditampilkan. Di bagian editing language, klik available editing language untuk mencari bahasa Arab. Di sini Anda dapat memilih bahasa Arabic (Arab Saudi) dan klik Add untuk melanjutkan.

Baca juga:

Bingung Ganti Dan hapus Katagori Di Fitur WordPress Begini Caranya

5. Kembali ke Ms. Word Anda

Setelah melakukan langkah-langkah di atas,  kembali ke halaman Microsoft Word yang sudah ada copy dan paste. Pastikan tulisan Arab benar dan sesuai dengan yang Anda copy dan paste. Huruf arab dijamin  memenuhi kebutuhan anda. Cara ini juga berlaku untuk Microsoft Office lainnya. Semoga beruntung.

Kesimpulan

Wah ternyata sangat mudah ya. Semakin berkembangnya teknologi memang membuat banyak hal menjadi lebih mudah.

Siapa bilang sulit untuk menyalin dan menempel tulisan Arab di Microsoft World? Bahkan, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Jika Anda menemukan hal yang sama dan merasa kesulitan untuk mengelola tulisan Arab, Anda dapat copy dan paste tulisan Arab menggunakan cara di atas. Sangat mudah dan Anda  tidak perlu mengetik sendiri. Semoga berhasil.