News

Cara Mudah Menghapus Akun KIP Perguruan Tinggi

BantulMedia.com – Cara Mudah Menghapus Akun KIP Perguruan Tinggi – Pada pembahasan kali ini Saya akan tentang perguruan tinggi, Setahun sudah program perkuliahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dimulai. Sistem bidikmisi yang diperbarui tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salah satu pertanyaan yang jarang diajukan adalah bagaimana cara menghapus akun KIP College Saya? Ada banyak alasan mengapa  siswa mungkin ingin menghapus akun KIP perguruan tinggi mereka. Oleh karena itu, kali ini Shopekno akan membagikan informasinya.

Cara Mudah Menghapus Akun KIP Perguruan Tinggi

Cara Mudah Menghapus Akun KIP Perguruan Tinggi

Satu hal yang harus pembaca ketahui adalah bahwa dashboard KIP Kuliah tidak memiliki fitur penghapusan akun. Dapat dikatakan bahwa siswa yang memiliki akun tidak dapat menghapus akun secara pribadi. Artinya, jika seorang mahasiswa sudah terdaftar sebagai peserta kuliah KIP, maka akun tersebut akan otomatis terhapus dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Anda hanya dapat  menghubungi administrator pusat melalui email.

Bagaimana cara menghubungi pengurus Pusat Perkuliahan KIP?

  1. Buka email yang Anda miliki
  2. Gunakan tombol plus di kiri atas untuk menulis pesan baru
  3. Masukkan penerima di email Administrator KIP Kuliah yang aktif. [email protected]
  4. Masukkan “Hapus Akun KIP Universitas” di baris subjek
  5. Lengkapi pesan email dengan memberikan ID lengkap dan alasan penghapusan akun.
  6. Tunggu pengurus kuliah KIP membalas email

Biaya Pendidikan Perbedaan perhatian terhadap anak-anak yang mendaftar ke pendidikan tinggi melalui KIP dan bantuan mahasiswa Pemerintah sebenarnya sudah berlangsung lama. Perkuliahan KIP bukanlah pertolongan pertama yang diberikan Kemendikbud kepada pemerintah pusat.

Dulu ada bantuan pendidikan yang disebut Bidi Kumishi. Kehadiran guru KIP 4.444 ini cukup untuk mempertanyakan perbedaan bidikmisi kepada siswa. Menurut informasi yang beredar, Kuliah KIP  merupakan program yang menggantikan Beasiswa Bidi Kumishi yang sudah ada.

Baca Juga : 

8 Tips Kuliah ke Luar Negeri | Simak

Apa itu KIP universitas?

KIP atau Kartu Indonesia Pintar merupakan implementasi dari program unggulan Presiden Joko Widodo, Program Indonesia Pintar atau PIP. Kartu ini diterbitkan pada 3 November 2014  dengan nama Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

KIP ditujukan untuk seluruh pelajar Indonesia yang membutuhkan tutor. Ini diberikan kepada siswa dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. KIP bagi mahasiswa disebut KIP perkuliahan.

Menurut informasi di situs resmi Depdiknas, SPP KIP adalah biaya pendidikan yang dibayarkan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau kemampuan akademik sederajat tetapi terkendala biaya. Menteri Pendidikan Nadim Makaliem mengatakan program kuliah KIP bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi pelajar Indonesia.

Perguruan tinggi KIP memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Bidikmisi:

  1. Lebih banyak penerima. Pada tahun 2020, jumlah penerima kuliah KIP  mencapai 400.000, sedangkan  pada tahun 2019, Bidi Kumishi yang diberikan hanya 130.000.
  2. Kursus KIP memprioritaskan pendidikan khusus. Namun, meskipun Anda ingin atau sedang magang di luar pelatihan vokasi, Anda tetap dapat mengikuti seleksi kursus KIP jika persyaratannya terpenuhi.
  3. Perkuliahan KIP dirancang untuk menjadi kampus yang mandiri dan belajar mandiri. 4. Dana terdiri dari biaya kuliah, biaya kuliah, dan biaya hidup.
  4. Kuliah KIP dapat dibagi menjadi dua kelompok besar: KIP kuliah dan KIP afirmasi. Kuliah Afirmasi KIP meliputi bantuan dana Program Afirmasi Perguruan Tinggi (Adik) untuk Pembantu Pap, Pembantu West Pap, dan Suster 3T.

Ini Menentukan Berhasil dan Tidaknya

Karena tidak ada bagian khusus untuk penghapusan akun, Saya tidak dapat menjamin bahwa akun Anda akan dihapus setelah Anda mengirim email  untuk menghubungi administrator. Anda juga dapat mengirim pertanyaan melalui email jika akun Anda belum dihapus.

Sehingga fitur menghapus akun ini tidak terlalu mendesak dan tidak dapat digunakan. Apalagi jika semua mahasiswa ingin mengikuti Program Perkuliahan KIP dan belajar secara gratis. Jika Anda tidak dapat menghapusnya dan tidak mendapatkan balasan ke email Anda, sebaiknya tinggalkan akun Anda. Itu karena sistem Kemendikbud memang seperti itu. Oleh karena itu, tidak dapat dioperasikan secara bebas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang Cara Mudah Menghapus Akun KIP Perguruan Tinggi – Saya berharap informasi di atas tentang cara menghapus akun KIP universitas Anda akan membantu Anda. Saya ingin menegaskan kembali bahwa metode ini tidak dijamin akan berhasil. Faktanya, administrator pusat tidak memberikan mekanisme yang jelas untuk menghapus akun.