News

Efek Samping Dari Kopi dan Teh Yang Harus Anda Tahu

BantulMedia.com – Anda pecinta kopi dan teh? Kedua jenis minuman tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Tanah Air. Anda dapat menikmati kopi dan teh di pagi, siang atau sore hari, tergantung selera Anda.

Efek Samping Dari Kopi dan Teh Yang Harus Anda Tahu

Efek Samping Dari Kopi dan Teh Yang Harus Anda Tahu

Kopi dan teh tidak hanya enak dan cocok untuk aktivitas Anda, tetapi juga memiliki kelebihan dan kekurangan untuk kesehatan tubuh. Jangan hanya menjadi penikmat dua minuman ini. Anda juga perlu lebih teliti untuk mengetahui kandungan dan kelebihan serta kekurangan dari kopi dan teh favorit Anda.

Senyawa Berbeda Dalam Kopi dan Teh

Setiap cangkir kopi tanpa tambahan gula atau bahan lainnya mengandung 8 kalori. Sedangkan kandungan kafeinnya berkisar antara 80 hingga 135 mg. Kopi juga mengandung fitokimia, sejenis antioksidan yang berguna untuk mencegah peradangan dan mempercepat regenerasi sel baru.
Selain kopi, teh juga memiliki nilai gizi yang tidak kalah bergizi. Saat ini ada banyak jenis teh yang populer seperti teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh rosella. Semua teh mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jumlah dan jenis kandungan antioksidannya tentunya akan berbeda-beda. Misalnya, teh rosella mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin. Antioksidan ini sama dengan yang ada dalam buah beri.

Manfaat Kopi Untuk Tubuh

Kafein dan fitokimia dalam kopi dapat membuat otak lebih aktif, berkonsentrasi lebih baik dan meminimalkan risiko berbagai penyakit. Sejumlah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa jika Anda mengonsumsi kopi dalam dosis seimbang, penyakit jantung, stroke, diabetes, alzheimer, dan penyakit hati dapat diminimalisir.

Baca juga:

Macam-Macam Teh Yang Menyehatkan Tubuh, Ada Teh Hijau Juga

Manfaat ini semakin maksimal ketika Anda mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula, susu, krim, atau perasa lainnya. Karena menambahkan bahan lain ke dalam kopi hanya meningkatkan jumlah kalori secara berlebihan.

Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Jika Anda tidak menyukai kopi karena rasanya yang kuat, Anda bisa memilih teh. Dijamin tidak membosankan, karena setiap jenis teh memiliki cita rasa yang khas. Konsumsi teh secara teratur dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Tak heran jika mereka yang rajin minum teh menjadi lebih awet muda dengan kulit yang sehat.

Konsumsi teh sangat efektif dalam menangkal stres, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology. Anda dapat berkonsentrasi lebih mudah, yang meningkatkan produktivitas Anda. Sementara itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of The American Medical Association menemukan bahwa konsumsi teh berperan penting dalam menurunkan angka kematian akibat serangan jantung.

Efek Buruk Kopi dan Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Karena sama-sama mengandung kafein, konsumsi kopi dan teh secara berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh. Mayo Clinic menyatakan bahwa mengonsumsi kafein hingga 500 hingga 600 mg per hari dapat menyebabkan insomnia, detak jantung yang cepat, dan tremor pada tangan. Namun, setiap orang akan mengalami efek negatif kafein secara berbeda. Itu tergantung pada metabolisme dan daya tahan tubuh setiap orang.

Teh rosella – Teh Rasa Asam Yang Menyehatkan Tubuh

Kini Anda bisa menikmati teh rosella yang tidak mengandung kafein. Jenis teh yang terbuat dari tanaman kembang sepatu ini dapat meminimalkan risiko tekanan darah tinggi dan kanker. Tentu saja, jika Anda mengonsumsi teh rosella dalam dosis seimbang secara teratur, Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Anda tidak akan bosan dengan rasa asam dan segar dari teh Rosella dalam waktu dekat. Teh rosella dapat disajikan panas atau dingin, tergantung selera Anda.

Beragam produk teh dan kopi tentunya bisa Anda dapatkan dari berbagai tempat yang menjualnya. Pastikan Anda mengkonsumsinya tanpa gula atau krim lainnya agar kesehatan Anda tetap terjaga.