News

Fakta Tentang Kanker Paru-Paru: Paling Banyak Menyebabkan Kematian

BantulMedia.com – Dikenal sebagai salah satu pembunuh nomor satu dunia, kanker tidak bisa diremehkan. Penyebaran sel kanker di tubuh Anda dapat menyebabkan kerusakan organ dan kematian. Hal ini menjadi masalah bagi dunia termasuk Indonesia dalam upaya menurunkan jumlah penderita kanker di dunia. Terlebih pada penderita kanker paru-paru.

Fakta Tentang Kanker Paru-Paru: Paling Banyak Menyebabkan Kematian

Fakta Tentang Kanker Paru-Paru: Paling Banyak Menyebabkan Kematian

Untuk meningkatkan kesadaran publik, Union for International Cancer Control (UICC) telah mendeklarasikan 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia.

Indonesia menempati urutan kedua dunia sebagai negara dengan penderita kanker terbanyak. Oleh karenanya Indonesia juga turut berpartisipasi dalam kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang kesehatan dan kanker untuk menekan laju pertumbuhan penderita kanker di Indonesia.

Tapi tahukah Anda bahwa kanker paru-paru adalah jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia? Apa yang dipicu? Ayo baca artikel ini dan bagikan agar lebih banyak orang yang mengetahuinya!

Penyebab Kanker Paru-Paru di Indonesia

Dari sekian banyak penyebab dan faktor tersebut, GlobalPost secara umum menyebutkan bahwa ada dua penyebab utama tingginya angka penderita kanker paru-paru di Indonesia, yaitu rokok dan polusi udara.

Menurut hasil Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), Indonesia merupakan negara dengan perokok terbanyak di dunia. Banyak yang kaget dengan hasil tersebut, namun tak sedikit pula yang tak kaget dengan fakta dan data yang terungkap.

Indonesia merupakan salah satu dari beberapa negara di Asia dan dunia yang masih mengizinkan rokok untuk bebas beredar di Indonesia. Akibatnya, jumlah perokok di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Jumlah ini berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah penderita kanker paru-paru di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang masuk ke paru-paru, memicu pembelahan sel yang tidak normal yang kemudian menjadi akar dari kanker. Selain itu, nikotin dalam rokok mengganggu cara sel membelah di paru-paru, menghasilkan pembelahan sel yang tidak normal, yang mengarah ke kanker paru-paru.

Sama seperti rokok, polusi udara di Indonesia, terutama di kota-kota besar, membuat banyak orang rentan terkena kanker paru-paru. Residu dan radikal bebas yang terhirup melalui sistem pernapasan tidak membuat fungsi paru-paru menjadi normal.

Selain itu, radikal bebas membuat membran sel di paru-paru rentan terhadap pembelahan sel yang tidak normal, yang dapat menyebabkan kanker.

Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Kanker Paru-paru

“Mencegah lebih baik daripada mengobati” – mungkin itu pepatah yang tepat untuk menggambarkan Anda dan kanker. Itu menjadi lebih mahal dan membosankan jika Anda sudah menderita kanker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan skrining kanker sedini mungkin.

Maksimal yang bisa Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan memastikan bahwa setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi kaya akan manfaat dan nutrisi bagi tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengalihkan bahan hewani Anda ke bahan nabati, misalnya beralih dari produk susu sapi ke produk susu almond.

Baca juga:

Berikut Daftar Makanan Pencegah Penyakit Kanker, Ada Minyak Ikan Juga!

Mengapa? Penelitian telah menunjukkan bahwa susu almond yang dibuat secara alami dan higienis, mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh Anda.

Penelitian yang dilakukan pada 2011 di Nutrition and Cancer kemudian menunjukkan bahwa susu almond diketahui mengandung lebih sedikit kalsium dan fosfor dibandingkan susu dan susu kedelai, yang juga bermanfaat untuk memperkuat organ kardiovaskular seperti ginjal, hati, jantung, dan paru-paru.

Karena itu, kini semakin rutin menjadikan susu almond sebagai salah satu menu diet sehat Anda. Namun jika Anda tidak punya waktu untuk melakukannya sendiri, Anda bisa mengandalkan Yourganic.

Youganic merupakan salah satu pengolah almond pertama di Indonesia dari susu almond hingga mentega almond yang pembuatannya secara homemade tanpa bahan pengawet. Dengan cara ini, Anda tidak akan lagi kehabisan nutrisi untuk menghindari bahaya kanker, terutama kanker paru-paru.

Kesimpulan

Setelah mengetahui penyebab dari terjadinya kanker paru-paru, sebaiknya Anda mulailah atur pola makan dan kesehatan Anda. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita dapat menekan sel kanker yang ada dalam tubuh kita untuk berkembang.