News

Panduan Dalam Memilih Snack Sehat Untuk Bayi

BantulMedia.com – Selain cukup tidur, asupan makanan sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, pemilihan makanan bayi harus orang tua lakukan dengan benar untuk memenuhi asupan makanannya. Tidak seperti orang dewasa, bayi memiliki perut yang kecil, yang membuatnya sulit untuk memberi mereka makanan bayi yang berbeda dalam satu kali makan.

Panduan Dalam Memilih Snack Sehat Untuk Bayi

Panduan Dalam Memilih Snack Sehat Untuk Bayi

Snack sehat di antara waktu makan utama bayi merupakan solusi untuk memastikan asupan makanan yang sehat bagi bayi. Namun, perlu Anda perhatikan secara khusus pemilihan jajanan sehat sebagai snack makanan bayi agar tidak berdampak buruk bagi tubuh bayi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan bayi antara lain nilai gizinya, waktu pemberiannya, dan faktor pendukung seperti tekstur atau rasa makanan bayi.

Kandungan Gizi yang Bayi butuhkan Dalam Makanan Bayi

Saat bayi tumbuh, mereka membutuhkan berbagai nutrisi sehat yang bisa mereka dapatkan dari makanan bayi yang mereka makan. Beberapa nutrisi penting yang bayi butuhkan saat tumbuh kembangnya adalah karbohidrat, protein, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral.

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi bayi dan balita yang pasti beraktivitas. Protein sangat penting untuk bayi dalam pertumbuhan otot. Kalsium penting untuk bayi sebagai nutrisi untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral yang terdapat dalam makanan bayi membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bayi dan mendukung pertumbuhannya.

Beberapa contoh sumber karbohidrat dalam makanan bayi yang dapat Anda jadikan snack adalah roti, sereal, pasta, jagung, oat, dan umbi-umbian. Bayi bisa mendapatkan daging sapi, ayam, ikan, telur, tahu, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein. Ketika bayi mengambil kalsium, mereka biasanya mendapatkannya melalui susu mereka. Selain untuk bayi, yogurt atau keju juga bisa diberikan sebagai snack sehat. Selain itu, mineral dan berbagai zat gizi mikro lainnya dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran sebagai sumber vitamin.

Kapan Harus Memberikan Snack Sehat Sebagai Makanan Bayi?

Bayi masuk dalam fase makan sejak usia enam bulan. Memberi makan bayi sebelum usia enam bulan dapat mempengaruhi pencernaan bayi karena ususnya masih sangat kecil.

Baca juga:

Inilah Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Ibu Hamil dan Anak

Pada usia dini pemberian susu formula bayi (MPASI), tekstur makanan mulai paling lembut. Seiring bertambahnya usia bayi dan pertumbuhan gigi, tekstur susu formula bayi bisa menjadi lebih kasar untuk melatih daya kunyahnya.

Biasanya makanan utama bayi akan orang tua berikan tiga kali sehari. Makanan ringan yang sehat sangat baik untuk bayi pada saat sarapan dan makan siang dan antara sarapan dan makan malam.

Hindari menyajikan makanan ringan di dekat makanan utama karena akan mengurangi nafsu makan bayi. Porsinya sebagai snack sehat juga harus diperhatikan. Berikan snack dalam porsi kecil agar bayi tidak kehilangan nafsu makan saat makan utama.

Pilihan Snack Sehat Yang Tepat Untuk Bayi

Snack sehat yang baik untuk bayi adalah yang tinggi nutrisi dan rendah lemak, gula, dan garam. Buah-buahan yang direkomendasikan sebagai snack sehat untuk bayi antara lain buah-buahan dengan tekstur lembut seperti pisang, alpukat, pepaya, dan mangga.

Memilih jajanan sehat untuk bayi yang terbuat dari bahan-bahan segar harus menjadi prioritas. Namun, jika untuk kenyamanan Anda perlu menawarkan makanan ringan dalam kemasan, pilihlah makanan ringan dengan bahan berkualitas tinggi. Perhatikan juga tekstur makanan bayi dalam kemasannya. Untuk bayi usia enam bulan, pilihlah makanan bayi yang mudah larut oleh air liur agar bayi tidak tersedak