News

Penjelasan Detail Mengenai Malnutrisi dan Pencegahannya Pada Anak

BantulMedia.com – Pernahkah Anda mendengar kasus gizi buruk di berbagai daerah? Hal ini seharusnya menyadarkan banyak orang akan pentingnya makanan bergizi dan gizi untuk pertumbuhan tubuh. Kesalahan dalam penanganan makanan atau asal mula pola makan dapat menyebabkan malnutrisi atau kekurangan gizi pada Anda atau bayi Anda.

Penjelasan Detail Mengenai Malnutrisi dan Pencegahannya Pada Anak

Penjelasan Detail Mengenai Malnutrisi dan Pencegahannya Pada Anak

Pertama, kita perlu memahami apa sebenarnya malnutrisi itu. Gizi buruk adalah suatu keadaan yang terjadi pada tubuh seseorang akibat kekurangan zat gizi pada makanan yang dimakannya atau pada makanan yang dikonsumsinya.

Kekurangan ini mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan, suasana hati, dan fungsi organ seseorang. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kekurangan gizi dapat terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Malnutrisi tersebar luas di negara-negara berkembang dan miskin, tetapi juga tidak mengecualikan negara-negara industri. WHO (World Health Organization) mendeklarasikan malnutrisi sebagai ancaman kesehatan global. Sekitar 45% kematian pada anak di bawah 5 tahun disebabkan oleh kekurangan gizi.

Pada tahun 2009, sekitar 2 juta orang mengalami malnutrisi dan 3 juta orang berisiko mengalami nutrisi tak seimbang ini. Oleh karena itu, masyarakat perlu memahami bahwa gizi buruk merupakan suatu sindrom yang dapat menyerang siapa saja.

Meski begitu, kekurangan gizi bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu sindrom (kelainan) dalam tubuh yang dapat kita cegah. Mencegah malnutrisi dapat mengurangi jumlah orang yang menderita malnutrisi di seluruh dunia. Yuk baca artikel ini untuk mengetahui cara mencegah malnutrisi untuk Anda dan buah hati Anda!

Cara Pencegahan Malnutrisi

“Mencegah lebih baik daripada mengobati” Mungkin inilah istilah yang tepat untuk memerangi gizi buruk. Pencegahan harus menjadi prioritas utama Anda agar tidak ada anggota keluarga yang menderita gizi buruk di kemudian hari. Untuk melakukannya, pahami metode pencegahan berikut:

Memahami Penyebab Malnutrisi

Malnutrisi terjadi akibat kurangnya zat gizi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Kekurangan ini meliputi kekurangan karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Kekurangan gizi ini dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang, makanan yang terlalu sedikit, dan penyerapan zat gizi dari makanan yang tidak adekuat oleh organ tubuh.

Pelajari Tentang Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kekurangan Gizi

Faktor pertama adalah usia. Orang dewasa seperti remaja, orang tua atau ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi dari makanan daripada anak-anak. Karena itu, orang-orang ini lebih rentan terhadap kekurangan gizi. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan termasuk pembedahan, trauma, dan penyakit kronis, yang juga dapat menyebabkan malnutrisi. Orang yang minum obat juga berisiko tinggi kekurangan gizi.

Baca juga:

Inilah Nutrisi Super Yang Sering Disebut Superfood

Identifikasi Adanya Gejala (Symptoms) Malnutrisi

Memahami gejala malnutrisi dapat sangat membantu dalam mencegah malnutrisi. Beberapa gejala kurang gizi yang bisa Anda temukan antara lain kelelahan ringan, kehilangan nafsu makan, sulit berkonsentrasi, penurunan berat badan drastis, depresi, tubuh lebih kurus, dan mudah muntah.

Nutrisi Yang Cukup Dalam Setiap Makan

Makanan yang Anda makan harus penuh dengan nutrisi yang dapat membantu membentuk dan memaksimalkan kerja organ tubuh. Nutrisi ini akan membuat Anda bersemangat dalam beraktivitas serta meningkatkan kesehatan dan stamina Anda.

Pengobatan Malnutrisi

Selain melakukan tindakan pencegahan, Anda perlu mengetahui cara penanganan dan tindakan jika terjadi malnutrisi untuk meminimalkan risiko kematian akibat malnutrisi.

Beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Ganti Diet Dengan Makanan Yang Tepat

Jika Anda atau anak Anda mengalami malnutrisi, pahami bahwa asupan makanan yang tepat dapat memperbaiki malnutrisi. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, buah dan sayur, serta lemak dapat menjadi makanan yang cocok untuk penderita gizi buruk. Perlu diperhatikan bahwa semua makanan ini harus dimasak dengan benar agar nutrisinya tidak terbuang percuma.

  • Pelajari Kebiasaan Makan Yang Baik dan Nutrisi Yang Tubuh Perlukan

Seperti ulasan sebelumnya, mempelajari kebiasaan makan yang baik dan nutrisi yang tepat dapat mempercepat penyembuhan dari kekurangan gizi. Usahakan juga untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar gizi buruk tidak terulang di kemudian hari. Anda juga perlu memperhatikan waktu makan agar penyerapan nutrisi bisa maksimal.

  • Temui Dokter atau Ahli Gizi

Jika malnutrisi berlangsung lama, segera hubungi dokter atau ahli gizi untuk memastikan asupan makanan yang tepat untuk Anda dan bayi. Jika ditangani dengan baik, risiko nutrisi tkjuga dapat dikurangi dengan cara yang tepat.

Kesimpulan

Malnutrisi merupakan masalah utama di beberapa negara di dunia. Padahal, menurut WHO, malnutrisi merupakan salah satu ancaman kematian laten bagi anak di bawah usia 5 tahun. Maka di Hari Pangan Nasional ini, mari lebih berhati-hati dengan apa yang kita makan dan apa yang sebaiknya keluarga kita konsumsi agar tidak ada lagi kasus gizi buruk di seluruh dunia. Perhatian Anda penting bagi semua orang.