News

Periksa Kembali Apakah Anda Sering Sakit Kepala Atau Migrain? Mungkin Ini Penyebabnya

BantulMedia.com – Kesehatan adalah dambaan setiap orang. Tidak jarang banyak yang mengorbankan waktu, uang dan kebiasaan untuk menjaga kesehatan ini. Namun pernahkah Anda mengalami gangguan kesehatan meski sudah setengah mati berusaha untuk hidup sehat? Salah satunya adalah sakit kepala.

Periksa Kembali Apakah Anda Sering Sakit Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Periksa Kembali Apakah Anda Sering Sakit Kepala Atau Migrain? Mungkin Ini Penyebabnya

Tidak banyak orang yang tahu atau mengerti bahwa overdosis sebenarnya dapat menyebabkan sakit kepala untuk beberapa makanan. Benar? Makanan macam apa itu? Baca artikel ini untuk memperluas pengetahuan Anda tentang menjalani hidup yang benar-benar sehat.

1. Daging Olahan

Siapa yang suka sosis, nugget ayam, atau daging kornet? Sekarang, ketahuilah bahwa mulai sekarang, jika Anda masih menyukainya, harap berhati-hati dengan makanan berbagai jenis makanan olahan daging.

Menurut penelitian, daging olahan mengandung nitrat dan nitrit, diketahui menyebabkan sakit kepala mendadak atau persisten.

Selain itu, bahan pengawet yang terdapat pada beberapa produk daging olahan membuat jenis makanan tersebut lebih berbahaya karena dapat menyebabkan kanker dan tumor.

2. Makanan Pedas

Bagi sebagian orang Indonesia, makanan pedas merupakan sajian makanan menarik lainnya, apakah Anda salah satunya? Jika iya, waspadai makanan pedas mulai dari sekarang! Jangan melebih-lebihkan!
Paprika pedas mengandung bahan yang disebut capsaicin.

Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat menyebabkan migrain. Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala atau migrain, jangan makan makanan pedas dulu!

3. Kopi

Hah, Apa benar? Apakah kopi membuat Anda sakit kepala? Bukankah kopi benar-benar meredakan sakit kepala? Mungkin menurut Anda kopi bisa menghilangkan rasa sakit dengan cepat, jadi Anda meminumnya saat sedang kambuh.

Kafein dalam kopi merangsang kerja otak dan meningkatkan kadar oksigen. Sayangnya, minum kopi terlalu banyak dapat memperpanjang sakit kepala Anda.

Kafein dalam kopi membuat otak menjadi kaku, yang menyebabkan sakit kepala dan migrain dan sangat mengganggu aktivitas Anda. Ingatlah bahwa tubuh Anda hanya dapat menyerap 200mg per hari!

4. Keju Tua

Keju juga merupakan salah satu bahan yang paling populer tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Salah satu dari kalian pasti suka keju.

Dengan rasa yang sedikit asin dan manis serta tekstur yang creamy, sulit bagi siapa pun untuk menolaknya. Keju
juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

Baca juga:

Jangan Buang Ampas Kopi! Banyak Manfaat dari Ampas Kopi Anda

Hal ini karena keju sudah berumur cukup tua untuk menaikkan kadar tiramin dengan sendirinya. Tyramine adalah penyebab sakit kepala yang Anda alami.

Semakin tua keju, semakin tinggi kandungan tiraminnya.

5. MSG

Nah, inilah salah satu penyebab utama sakit kepala berkepanjangan bagi banyak orang. Monosodium glutamat (MSG) pada dasarnya adalah bumbu yang menambahkan rasa yang sangat lezat untuk makanan apa pun.

Sayangnya, kandungan garam MSG yang tinggi membuat zat ini banyak menyerap air dalam tubuh. Akibatnya, risiko dehidrasi bisa memengaruhi Anda.

Dehidrasi menghalangi aliran udara ke otak. Otak kemudian merespons dengan sakit kepala yang memperingatkan risiko dehidrasi akibat terlalu banyak MSG dalam tubuh.

Nah, jika Anda sering mengalami sakit kepala dalam waktu yang lama, sebaiknya hentikan atau kurangi konsumsi makanan tersebut. Keakuratan dan ketelitian Anda untuk hidup sehat akan membantu Anda mendapatkan hasil terbaik.

Kesimpulan

Kunci untuk pencegahan sakit kepala adalah mencari tahu apa penyebabnya. Penyebab ini sangat mungkin berbeda dari orang ke orang. Setelah Anda mengidentifikasi penyebabnya, Anda dapat menghindari atau meminimalkannya.

Hal ini karena Anda layak untuk hidup sehat. Kenali pola tubuh Anda dan pastikan untuk selalu makan makanan yang bergizi seimbang.