News

Perbedaan antara Rapid Test Antibodi ini dengan Antigen Swab | Berikut Penjelasannya

BantulMedia.com – Pada Masa Pandemi kali ini, banyak sekali anjuran untuk Tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR), dua jenis tes lain yang dapat dilakukan, yaitu tes antibodi cepat dan tes Swab antigen. Untuk Banyak kepentingan seperti Syarat Perjalanan atau Berkunjung ke tempat keramaiian.

Perbedaan antara Rapid Test Antibodi ini dengan Antigen Swab

Berikut Penjelasan Perbedaan antara Rapid Test Antibodi ini dengan Antigen Swab :

Di tengah situasi seperti itu, tes deteksi Covid semakin dibutuhkan. Selain tes PCR, ada dua jenis tes lain yang dapat dilakukan, yaitu tes Rapid Test Antibodi dan tes Swab antigen. Apa artinya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini!

Apa Itu Rapid Test Antibodi?

Berikut Penjelasan tentang Rapid Test Antibodi, perlu dipahami bahwa tRapid Test Antibodi adalah tes yang menggunakan sampel darah dari ujung jari. Tes antibodi cepat ini dapat digunakan untuk mendeteksi antibodi dalam tubuh saat terinfeksi Covid. Namun, pemindaian ini tidak dapat menentukan apakah orang tersebut terinfeksi Covid pada saat pemindaian. Metode ini dapat digunakan untuk melacak penyebaran Covid COVID pada suatu populasi.

Mengapa demikian? Ini karena tubuh manusia memproduksi antibodi sebagai respons terhadap agen infeksi seperti Covid. Antibodi ini biasanya hanya muncul dalam 4-7 hari setelah terinfeksi Covid, sehingga tidak dapat digunakan untuk mendiagnosis infeksi saat ini.

Apa itu swab antigen?

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tes swab antigen dapat dilakukan untuk mendeteksi antigen Covid tertentu, yang jika diperiksa dapat menunjukkan apakah seseorang terkena infeksi Covid. Teknik pengambilan sampelnya juga mirip dengan tes swab PCR, yaitu dengan mengambil sampel dari hidung atau tenggorokan yang merupakan sampel antigen. Apa itu antigen? Antigen adalah protein yang dikeluarkan oleh Covid seperti COVID. Sampel antigen ini dapat dideteksi dalam tubuh seseorang jika infeksi berlanjut. Oleh karena itu, menurut CDC, tes swab antigen ini sangat efektif dan dapat bekerja dengan cepat saat memeriksa orang yang berada pada tahap awal infeksi COVID.

Lalu apa perbedaan antara tes antibodi cepat dan apusan antigen? Apa yang lebih akurat untuk mendeteksi keberadaan COVID dalam tubuh seseorang?

Perbedaan antara tes antibodi cepat dan antigen swab

Ada beberapa perbedaan antibodi rapid test, antara lain:

Durasi ujian

Hasil rapid test antibodi hanya memakan waktu sekitar 5 sampai 10 menit, sedangkan lama apusan antigen 30-60 menit.

Tingkat akurasi

Perlu dicatat bahwa tes swab PCR adalah tes yang paling akurat hingga saat ini untuk mendeteksi Covid corona. Sedangkan tes antibodi cepat memiliki tingkat akurasi 18% dan usap telinga 80-90%.

Contoh yang digunakan

Untuk tes antibodi cepat, hanya sampel darah yang diambil dari ujung jari, sedangkan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan digunakan untuk apusan antigen.

Biaya inspeksi

Tentu saja, untuk biaya ujian, keduanya berbeda. Rapid antibody test dibanderol dengan harga Rp 100.000, sedangkan antigen swab bervariasi dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000.

Itulah pengertian dan perbedaan rapid antibody test dan antigen Swab yang perlu anda ketahui. Disarankan agar Anda segera mendeteksi Covid COVID dan sejak dini jika pernah melakukan kontak dengan seseorang yang positif terinfeksi Covid COVID atau jika mengalami gejala pertama. Pasalnya, penanganan Covid COVID yang benar dan akurat melalui deteksi dini dapat menyelamatkan hidup Anda dan menjaga kesehatan orang-orang di sekitar Anda.

Baca Juga :

12 Pemandangan Gunung Tempat Pendakian Cocok Untuk Para Pemula Dan Yang Wajib Kalian Coba

Kesimpulan

Itulah Perbedaan antara Rapid Test dengan Swap Antigen agar anda dapat memilih test sesuai kebutuhan. Dan anda akan nyaman dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ketempat tertentu yang membutuhkan syarat untuk pengetesan kondisi tubuh anda.