News

Persiapkan Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

BantulMedia.comPersiapkan Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua – Investasi jangka panjang sangat penting agar rencana hidup Anda lancar dan sukses di hari tua. Lihat contoh kendaraan investasi! Alasan banyak orang tidak tertarik berinvestasi di usia muda biasanya adalah pensiun jangka panjang.

Faktanya, semakin cepat Anda melakukan investasi jangka panjang, semakin tinggi pengembalian Anda. Sebagai investor, Anda juga harus mewaspadai keputusan investasi jangka panjang Anda.

Risiko umumnya lebih rendah daripada investasi jangka pendek, namun Anda tetap perlu mencari tahu instrumen investasi jangka panjang mana yang sesuai dengan profil dan tujuan risiko Anda. Nah berikut ini adalah rangkuman singkat jenis-jenis investasi jangka panjang!

Persiapkan Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

Persiapkan Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua :

1. Emas

Emas seringkali menjadi pilihan pertama sebagai sarana investasi jangka panjang. Pasalnya, saat mengalami resesi, harga dan nilai emas cenderung naik setiap tahunnya. Emas juga lebih disukai karena sudah tersedia. Anda dapat membeli dan menyimpannya di toko emas favorit Anda.

Ini memiliki banyak keuntungan, sehingga bahkan emas (terutama dalam jumlah besar) harus diperlakukan dengan sangat hati-hati agar tidak dicuri. Untuk mengurangi risiko ini, Anda dapat menyewa layanan yang aman dari bank Anda.

2. Tanah dan bangunan

Tanah dan bangunan merupakan alat investasi jangka panjang yang dapat memberikan imbal hasil yang tinggi. Misalnya, harga tanah bisa naik dan Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 1520% jika Anda menjualnya nanti. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Yang jelas, bagaimanapun, adalah Anda harus lebih berhati-hati saat mencari tanah dan memiliki ide kapan harus mengembalikannya.

3. Kepercayaan investasi

Kepercayaan investasi adalah cara untuk melakukan investasi jangka panjang yang menggabungkan berbagai jenis produk. Manajer investasi mengumpulkan uang dari klien potensial. Pemangku kepentingan kemudian menyetujui manajer investasi untuk mengelola dana dalam berbagai kegiatan investasi seperti pasar modal, pasar uang, saham dan obligasi.

Kendaraan investasi ini memiliki keuntungan karena mudah terdiversifikasi. Diversifikasi adalah metode berinvestasi dalam berbagai produk untuk mengurangi risiko kerugian. Namun, keunggulan utamanya adalah prosesnya dijalankan oleh manajer investasi, sehingga klien dapat berinvestasi dengan cara yang lebih praktis dan bebas repot.

4. Asuransi

Kebanyakan orang mengandalkan produk asuransi untuk meminimalkan risiko jiwa dan kesehatan. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa beberapa produk ini juga terkait dengan perwalian investasi. Artinya, premi bulanan dikelola untuk dua manfaat: perlindungan dan investasi jangka panjang. Ini melindungi Anda dari berbagai risiko kesehatan dan psikologis dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari dana investasi ini.

Baca Juga :

5 Tips Asuransi untuk Investasi Pemula | Ini Penjelasannya

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa contoh investasi jangka panjang yang bisa membantu Anda memilih. Manfaat dan risiko harus dipertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan sarana investasi. Selanjutnya, pastikan kedua faktor tersebut sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Setelah Anda menemukan yang tepat, jangan ragu untuk memulai lebih awal. Dengan begitu, Anda bisa bersiap untuk hari tua yang tenang.