News

PRAMBANAN TEMPLE – Kisah Cinta Abadi Di Balik Kemegahan Candi

Candi Prambanan: Kisah Cinta Abadi di Balik Kemegahan Candi

Candi Prambanan, mahakarya agung dari abad ke-9, berdiri megah di wilayah Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini menyimpan kisah cinta abadi antara Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang melegenda.

Kisah Cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

Pada zaman dahulu, ada seorang raja bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Namun, Roro Jonggrang menolak cinta Bandung Bondowoso karena ia sudah berjanji untuk menikah dengan seorang pria lain.

Bandung Bondowoso yang patah hati kemudian menantang Roro Jonggrang untuk membuat seribu candi dalam waktu semalam. Jika Roro Jonggrang berhasil, maka Bandung Bondowoso akan menikahinya. Namun, jika Roro Jonggrang gagal, maka ia harus menjadi istri Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang menyanggupi tantangan Bandung Bondowoso. Ia dibantu oleh para jin untuk membuat candi-candi tersebut. Ketika hari hampir pagi, Roro Jonggrang telah berhasil membuat 999 candi.

Bandung Bondowoso yang mengetahui hal itu kemudian membangun satu candi lagi, sehingga jumlah candi menjadi 1000. Roro Jonggrang yang kalah dalam tantangan kemudian dikutuk oleh Bandung Bondowoso menjadi batu.

Kemegahan Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Candi Prambanan dipersembahkan untuk Trimurti, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama, yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu, dan Candi Brahma. Candi Siwa merupakan candi terbesar dan tertinggi di antara ketiga candi tersebut. Candi Siwa memiliki tinggi sekitar 47 meter dan di dalamnya terdapat arca Siwa Mahadewa.

Candi Wisnu terletak di sebelah utara Candi Siwa. Candi Wisnu memiliki tinggi sekitar 33 meter dan di dalamnya terdapat arca Wisnu. Candi Brahma terletak di sebelah selatan Candi Siwa. Candi Brahma memiliki tinggi sekitar 33 meter dan di dalamnya terdapat arca Brahma.

Selain tiga candi utama tersebut, Candi Prambanan juga dikelilingi oleh candi-candi perwara. Candi-candi perwara tersebut berjumlah sekitar 224 buah. Candi-candi perwara tersebut berfungsi sebagai tempat pemujaan para dewa-dewi Hindu.

Candi Prambanan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Candi Prambanan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terindah di dunia. Candi Prambanan juga merupakan salah satu objek wisata paling populer di Indonesia.

Akses Menuju Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer timur laut dari Kota Yogyakarta. Candi Prambanan dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute Jalan Raya Yogyakarta-Solo. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus atau kereta api dari Kota Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga tiket masuk Candi Prambanan untuk wisatawan domestik adalah Rp50.000,00. Sedangkan harga tiket masuk Candi Prambanan untuk wisatawan mancanegara adalah US$25,00.

Jam Buka Candi Prambanan

Candi Prambanan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tips Mengunjungi Candi Prambanan

  • Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa air minum yang cukup.
  • Gunakan topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Jangan merusak candi.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.