News

TAMASYA DI TAMAN SARI – Jam Buka, Tiket Masuk, Dan Foto 360°

Taman Sari: Permata Tersembunyi di Balik Tembok Kraton Yogyakarta

Di balik tembok tinggi Kraton Yogyakarta, tersembunyi sebuah taman yang menyimpan pesona sejarah dan keindahan alam. Taman Sari, begitulah namanya, merupakan kompleks taman air yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I pada abad ke-18. Taman ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi bagi keluarga kerajaan dan para tamu penting.

Sejarah Taman Sari

Taman Sari dibangun pada tahun 1758 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Pembangunan taman ini memakan waktu sekitar 10 tahun dan melibatkan ribuan pekerja. Taman Sari dirancang oleh arsitek Portugis bernama Fransisco Garcia de Matos.

Taman Sari dibangun di atas lahan seluas sekitar 10 hektar. Taman ini terdiri dari beberapa bagian, di antaranya adalah:

  • Pemandian Umbul Binangun: Pemandian ini merupakan kolam renang utama di Taman Sari. Kolam renang ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 30 x 18 meter. Di tengah kolam renang terdapat sebuah pulau kecil yang ditanami pohon-pohon rindang.
  • Gedung Kenongo: Gedung ini merupakan tempat peristirahatan Sultan Hamengkubuwono I. Gedung Kenongo terletak di sebelah barat Pemandian Umbul Binangun.
  • Masjid Taman Sari: Masjid ini merupakan tempat ibadah umat Islam di Taman Sari. Masjid Taman Sari terletak di sebelah timur Pemandian Umbul Binangun.
  • Gapura Panggung: Gapura ini merupakan pintu masuk utama ke Taman Sari. Gapura Panggung terletak di sebelah selatan Pemandian Umbul Binangun.

Keindahan Taman Sari

Taman Sari merupakan salah satu taman terindah di Indonesia. Taman ini memiliki suasana yang tenang dan damai. Pepohonan rindang, bunga-bunga berwarna-warni, dan kolam-kolam air yang jernih menghiasi setiap sudut taman.

Taman Sari juga memiliki beberapa bangunan yang unik dan menarik. Gedung Kenongo, misalnya, merupakan bangunan bergaya Jawa-Eropa. Masjid Taman Sari merupakan bangunan bergaya Jawa-Islam. Gapura Panggung merupakan bangunan bergaya Jawa-Hindu.

Jam Buka dan Tiket Masuk Taman Sari

Taman Sari buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuk Taman Sari adalah Rp5.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp10.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Foto 360° Taman Sari

Untuk melihat keindahan Taman Sari secara lebih detail, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Taman Sari. Di situs web tersebut, Anda dapat melihat foto-foto 360° Taman Sari. Foto-foto tersebut akan memberikan Anda gambaran yang lebih jelas tentang keindahan taman ini.

Cara Menuju Taman Sari

Taman Sari terletak di sebelah barat Kraton Yogyakarta. Anda dapat mencapai Taman Sari dengan berjalan kaki, naik becak, atau naik andong. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat parkir di sekitar Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta.

Tips Berkunjung ke Taman Sari

  • Gunakan pakaian yang sopan dan nyaman.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Taman Sari.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jangan merusak tanaman dan bangunan di Taman Sari.
  • Ikuti petunjuk dari petugas keamanan Taman Sari.

Taman Sari merupakan salah satu objek wisata sejarah dan budaya yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Taman ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dan suasana yang tenang dan damai. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Sari saat Anda berada di Yogyakarta.