News

Tips Masakan Sehat Dengan Menggunakan Bumbu Rendang

BantulMedia.com – Siapa yang tidak kenal Rendang? Rendang umumnya terbuat dari daging sapi atau hati sapi yang telah melalui proses masak lama dengan berbagai bumbu. Karena dengan proses memasak yang lama, bumbu bisa meresap sempurna dan tekstur daging menjadi empuk.

Tips Makanan Sehat Dengan Menggunakan Bumbu Rendang

Tips Masakan Sehat Dengan Menggunakan Bumbu Rendang

Bumbu utama rendang adalah aneka bumbu dan santan. Seiring dengan semakin populernya Rendang, lahirlah berbagai inovasi makanan bercita rasa Rendang dengan bahan utama selain daging sapi. Karena rasa rendang yang lezat dan kaya akan bumbu, Anda bahkan bisa menikmatinya dengan nasi panas. Rendang sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Makanan ini menyebar ke seluruh dunia dan bahkan tercatat sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh media Internasional.

Rendang adalah menu tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Minang. Bagi masyarakat Minang, rendang merupakan bagian dari tradisi kuliner yang penyajiannya bisa untuk berbagai upacara, acara, dan kegiatan sehari-hari. Masakan Rendang sendiri bercampur dengan beberapa negara dan budaya, misalnya kekayaan rempah-rempah dari rempah-rempah adalah pengaruh budaya India yang diterima dari pedagang Gujarat.

Di Indonesia, Rendang mudah kita dapatkan di semua rumah makan Padang yang menjamur hampir di setiap daerah. Kini Anda bisa menikmati berbagai macam bahan makanan bumbu rendang yang terjual bebas dan dalam kemasan frozen. Namun, rendang yang banyak orang gunakan di luar ruangan biasanya mengandung kolesterol tinggi karena proses masaknya dengan menggunakan santan. Apakah ada cara untuk mengolah bumbu rendang dengan cara yang lebih sehat?

Bumbu Masak Rendang

Secara umum, rendang merupakan bumbu masakan yang populer di Indonesia. Bumbu rendang merupakan bumbu masakan yang memiliki rasa yang tajam. Proses pembuatannya juga memakan waktu lama, bisa sampai beberapa hari di suhu ruangan. Bumbu rendang adalah bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Selain bahan daging dalam resep, bumbu utama rendang terdiri dari santan dan kombinasi bumbu halus yang terdiri dari cabai, lengkuas, kunyit, jahe, serai, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, pala, jinten dan asam jawa.

Memasak bumbu rendang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Bumbu rendang dimasak bersama dengan bahan daging yang digunakan. Bumbu dan daging dimasak dengan api yang pas agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Meski sudah mendidih, bumbu rendang harus terus diaduk agar santan mengental dan mengering.

Selama produksi, tentunya daging yang akan digunakan harus diolah terlebih dahulu. Kemudian rebus santan di dalam panci dengan api yang tepat bersama bumbu halus yang terdiri dari cabai, bawang putih dan bawang merah, lengkuas, daun jeruk, kunyit, pala, jinten, asam jawa dan jahe hingga bumbu meresap. Setelah itu, Anda perlu mengaduknya terus menerus hingga mengental agar santan tidak pecah. Jika bumbu sudah berminyak, masukkan daging yang sudah digunakan dan aduk kembali hingga santan mengering dan mengental dan bumbu meresap sempurna pada daging.

Aneka Makanan Sehat dengan Bumbu Rendang

Tahukah Anda bahwa bumbu rendang bisa Anda olah menjadi makanan sehat? Kuncinya adalah memilih bahan dan bumbu yang rendah lemak dan kolesterol. Kunci terpenting adalah mengganti santan dengan susu.

Jika Anda ingin kalori rendang Anda lebih terkontrol, gunakan susu rendah lemak. Saat membuat rendang, ganti daging sapi berlemak tinggi dengan daging sapi tanpa lemak. Anda juga bisa mengganti daging sapi dengan ikan, ayam kampung, telur, bahkan tahu.

Baca juga:

Mengenal Bumbu Dasar Masakan Khas Indonesia

Bedanya, jika bahan utama dalam memasak rendang bukan daging sapi, proses memasaknya tidak akan memakan waktu lama karena bahannya sudah sangat empuk. Namun jika bahan utamanya dimasak dengan bumbu rendang berupa ayam kampung, proses memasaknya harus memakan waktu lama agar empuk dan enak disantap.

Ingat, memasak daging ayam tidak membuthkan waktu lama daripada memasak daging sapi. Bahkan, proses presto kini bisa mempercepat pengempukan dengan pressure cooker atau panci bertekanan tinggi,. Sehingga memasak berbagai makanan dengan bumbu rendang tidak lagi membutuhkan waktu lama. Saat ini bumbu rendang instan banyak dijual di pasaran, mulai dari bumbu rendang tanpa merek yang dijual di pasar tradisional hingga bumbu rendang bermerek yang dikemas secara menarik dan dijual di supermarket.

Namun, Anda perlu lebih berhati-hati saat membeli bumbu rendang di pasaran, karena bumbu rendang bisa saja sudah dalam pengemasan dan dengan bahan pengawet, penyedap rasa dalam jumlah besar, bahkan pewarna makanan, sehingga sangat tidak sehat untuk Anda dan keluarga.