News

Anda Susah Bangun Pagi? Simak Tipsnya Berikut Ini

BantulMedia.com – Hal pertama yang benar-benar perlu Anda waspadai adalah bangun pagi. Bangun dengan benar dan sehat di pagi hari  akan membantu Anda mendapatkan energi penuh untuk aktivitas Anda. Sebaliknya, jika Anda bangun  di pagi hari dan melakukan kesalahan, tubuh Anda kehilangan energi dan menyebabkan kantuk di sore dan malam hari. Akibatnya, aktivitas Anda  terganggu saat Anda  mengantuk.

Anda Susah Bangun Pagi? Simak Tipsnya Berikut Ini

Anda Susah Bangun Pagi? Simak Tipsnya Berikut Ini

Sayangnya, banyak orang terbangun karena kesalahan. Akibatnya, mereka sering mengalami mood swing hati saat beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, bangun yang tidak tepat dapat menyebabkan kantuk yang tak tertahankan dan ketidakmampuan untuk mencapai potensi penuh. Untuk menghindari hal ini, ubah cara itu mulai sekarang.

  1. Sinar Matahari Adalah Cara Terbaik Untuk Bangun Pagi

Sebuah studi tahun 2000 di University of Chicago  menemukan bahwa sinar matahari mengurangi kadar melatonin, hormon yang membantu orang tidur.

Melatonin  lebih efektif di ruangan  gelap daripada di ruangan  terang. Selain itu, sebuah studi tahun 2004 oleh University of Lübeck menemukan  bahwa sinar matahari di sebuah ruangan  mengurangi hormon kortisol, yang juga membantu  tidur Anda.

2. Bebas Alarm Sendiri

Jam alarm  adalah metode yang banyak digunakan untuk orang yang mengalami kesulitan bangun di pagi hari atau yang mengalami insomnia akut.

Faktanya, tubuh Anda memiliki panggilan bangun sendiri di otak Anda. Oleh karena itu, dengan jam alarm, jantung dan otak bekerja lebih cepat daripada yang normal, yang dapat menyebabkan penurunan fungsi jantung dan otak.

3. Tidak Terbiasa Snoozing Saat Pagi Hari

Banyak orang  bangun di pagi hari dengan jam alarm, tetapi ketika alarm berbunyi, mereka hanya menekan tombol snooze untuk kembali tidur. Padahal, kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang sehat.

Natalie Dautovic, seorang peneliti di National Sleep Foundation, menyatakan bahwa tubuh memiliki siklus tidurnya sendiri, yang tidak boleh diganggu. Menekan tombol snooze untuk kembali tidur tidak membuat Anda lebih energik, justru membuat Anda semakin lelah. Ini memiliki efek yang sama bahkan jika Anda hanya tidur 2-3 jam sehari.

4. Buka Mata Anda Dan Segera Cari Air Untuk Memulihkan Cairan Anda

 Tubuh kehilangan air saat tidur serta saat berolahraga dan beraktivitas. Setelah tidur di malam hari, orang kehilangan air dengan bernapas dan menguap dari kulit.

Baca juga:

Cara Efektif Untuk Bisa Tidur Nyenyak

Oleh karena itu, Anda menjadi sering merasa haus setelah tidur di malam hari. Karena itu, ketika bangun tidur, carilah minuman lain seperti air putih atau  teh atau kopi untuk membantu Anda bangun, atau minum banyak air setelah bangun tidur.

5. Rapikan Tempat Tidur Saat Bangun

Merapikan tempat tidur itu baik dan sehat. Ini membantu saraf otak dan jantung bekerja secara bertahap untuk menjaga kesehatan mental, otak, dan jantung. Selain itu, merapikan tempat tidur membebaskan Anda dari berbagai debu dan kutu yang dapat masuk ke paru-paru dan  menyebabkan penyakit.

Manfaat Bangun Pagi

Makan makanan yang sehat

Orang yang bangun pagi menyempatkan diri untuk memasak sarapannya sendiri, sedangkan mereka yang bangun terlambat cenderung makan  cepat  dan tidak sehat serta sering melewatkan sarapan.

Jika Anda melewatkan sarapan, Anda mungkin merasa lapar di penghujung hari dan merasa  makan di luar kendali.

Meremajakan Kulit

Sama halnya dengan sarapan, mereka yang bangun di siang hari cenderung kurang fokus pada kebiasaan pagi yang sehat seperti olahraga.

Olahraga dapat meningkatkan kadar oksigen  darah dan merangsang produksi kolagen. Orang yang bangun pagi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk merawat kulitnya.

Memperkuat Kekebalan

Tidak ada yang lebih menggembirakan dari menghirup segarnya udara pagi dan merasakan hangatnya mentari pagi. Setelah Philis C. Dr Gee, MD, Ph.D di Neurology, Northwestern University  School of Medicine, memberikan tubuh kemampuan untuk bangun pagi dari paparan sinar matahari terbit, yang mengandung vitamin D, yang meningkatkan kekebalan. Jika metabolisme tubuh berfungsi normal, tubuh dapat  melakukan berbagai fungsi tanpa masalah.

Meningkatkan produktivitas

Kebanyakan orang sukses mengaku bangun pada atau lebih awal dari jam 5 pagi rata-rata. Alasannya adalah mereka kurang terganggu dan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas penting. Kondisi otak dikatakan paling kuat di pagi hari.

Anda cenderung membuat keputusan yang lebih baik dan berpikir lebih jernih di pagi hari daripada di sore atau malam hari.

Meningkatkan kualitas tidur

Tubuh utama memiliki jam internal sendiri. Tentu saja, jika Anda pergi tidur lebih awal dan bangun pada waktu yang sama setiap hari,  Anda secara alami akan bangun pada waktu yang sama setiap pagi, bahkan di akhir pekan. Jika Anda tidur larut malam dan  bangun dari waktu ke waktu, akan sulit bagi Anda untuk membiasakan diri.

Kesimpulan

Bangun pagi merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Jika Anda masih kesulitan untuk bangun pagi, cobalah perlahan-lahan agar organ tubuh dan kekebalan tubuh Anda bisa meningkat.